5 Vitamin Terbaik Untuk Atasi Masalah Jerawat

By  |  0 Comments

Jika kamu telah lelah mencoba berbagai produk kecantikan ataupun obat jerawat yang tersedia dan di jual di pasaran, maka cara menghilangkan jerawat secara alami patut kamu coba dan pertimbangkan. Biasanya, Cara Alami ini dipilih karena cenderung memiliki dampak ataupun efek samping yang minimal atau bahkan tidak sama sekali dibandingkan dengan penggunaan obat  jerawat yang berasal dari percampuran senyawa kimia. Selain itu, cara ini dinilai memiliki nilai positif lain, karena tidak hanya mampu mengobati jerawat secara perlahan, cara ini diyakini mampu meningkatkan membawa manfaat lain melalui cara yang kompleks.

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, biasanya buah-buahan, sayuran, rempah, ataupun campuran dari ketiganya digunakan untuk menghasilkan sebuah ramuan yang kemudian dikonsumsi atau hanya sekedar untuk dioleskan pada daerah yang bererawat. Salah satu alasan mengapa cara ini selalu ampuh dan menjadi buah bibir adalah karena campuran buah, sayur, dan rempah tertentu memiliki senyawa atau kandungan vitamin yang merupakan musuh alami jerawat. Oleh karena itu berikut daftar vitamin yang baik dan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat membandel dan bagaimana/dari mana kamu bisa mendapatkannya.

Kendati banyak terdapat pada buah, sayur, dan makanan sehat, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen jika tak memiliki cukup waktu untuk mendapatkan bahan makanan yang dimaksud. Tentunya, vitamin dari sumber yang segar masih lebih baik.

Vitamin E atasi Masalah Jerawat

Juga dikenal dengan istilah tocopherol atau alpha-tocopherol, vitamin E benar-benar menjadi yang utama jika dikaitkan dengan perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat. Mengonsumsinya secara rutin perhari dapat mengendalikan pertumbuhan jerawat pada wajahmu secara signifikan.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Clinical and Experimental Dermatology[1] mengungkapkan bahwa subjek dengan masalah jerawat yang parah ditemukan memiliki kadar vitamin E dalam darah lebih rendah dibandingkan dengan subjek yang memiliki kondisi kulit sehat bebas jerawat. Sumber dari penelitian lain[2] juga menunjukkan hasil yang serupa. Artinya lebih sedikit vitamin E yang kamu konsumsi, lebih besar pula resiko jerawat pada wajahmu akan tumbuh secara tak terkendali.

Sumber vitamin E paling baik bisa kamu temukan pada bayam, kacang almon, biji bunga matahari, alpukat, udang, ikan forel, minyak zaitun, brokoli, labu, dan buah kiwi.[3]

Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Jawabannya adalah karena produksi minyak berlebih sebenarnya bukanlah menjadi satu-satunya dan alasan paling utama yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori wajahmu. Sebum biasanya teroksidasi dan menjadi tingkat yang lebih tinggi ketika terpapar oleh radikal bebas. Dengan begitu, pembentukan jerawat pun terjadi. Vitamin E yang merupakan antioksidan dapat secara efektif menangkal radikal bebas dan menurunkan tingkat sebum sehingga secara dramatis mampu mencegah pembentukan jerawat meskipun sebum terus memproduksi minyak secara berlebih.

Vitamin A dan Turunannya

Vitamin ini dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat, namun kamu harus memastikan bahwasanya kamu telah menggunakannya dengan cara yang benar. Suplemen vitamin A yang dikonsumsi memiliki fungsi yang berbeda dengan vitamin A yang digunakan secara topikal khususnya untuk menghilangkan jerawat dan menyamarkan kerutan.

Konsumsi vitamin A tidak akan memberikan perbedaan yang berarti pada jerawat yang sedang kamu derita. Bahkan konsumsi vitamin A pada kadar tertentu dapat menjadi racun yang membahayakan nyawa dan kandungan bagi wanita yang sedang hamil. Sedangkan, untuk merawat jerawat pada wajah dengan vitamin A, kamu bisa menggunakannya secara topikal atau dengan mengoleskannya pada daerah yang berjerawat ataupun bermasalah.

Turunan dari vitamin A yang lebih dikenal dengan istilah retinoid banyak ditemukan pada obat jerawat yang beredar di pasaran. Menurut beberapa studi,[4] retinoid merupakan kandungan yang paling efektif untuk merawat jerawat karena tak hanya berfungsi sebagai anti inflamasi, retinoid juga mengoptimalkan fungsi regenerasi kulit wajah kita.

Kandungan vitamin A terbaik dapat kamu temukan pada ubi mains/jalar, wortel, daun kale, labu, selada, aprikot kering, melon, paprika merah, ikan tuna, dan mangga.[5].

Vitamin B dan Rumpunnya

Ada banyak jenis vitamin B yang dikenal. Kesemuanya sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kita dan memiliki peranan yang berbeda. Sepertihalnya vitamin B1, antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi dan membantu proses pencernaan dan mengatasi jerawat pada dahi dan dagu. Namun dari semua rumpunnya, vitamin B5 adalah salah satu vitamin yang memiliki peranan besar untuk melawan jerawat pada wajah.

Vitamin ini bekerja untuk melawan jerawat dengan dua cara. Pertama, vitamin B5 dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah, mencegahnya terbuka lebar merupakan salah satu usaha untuk menghindari terjadinya sumbatan-sumbatan khususnya yang berasal dari luar sepertihalnya sel kulit mati, minyak berlebih, bateri, kotoran, debu, ataupun jenis polutan lainnya tanpa membuat kulit wajah kita kehilangan kelembapannya.

Kedua, vitamin B5 juga dapat mengurangi gejala pembentukan jerawat dengan melibatkan asam Koenzim A. Pantotenat meningkatkan produksi Koenzim A yang kemudian mempercepat metabolisme lemak. Dengan begitu, jauh lebih sedikit minyak yang akan terdorong keluar melalui kelenjar sebasius sehingga dapat dikatakan vitamin B5 secara praktis mampu mengurangi produksi minyak berlebih.

Karena pada dasarnya kondisi wajah yang berminyak merupakan kondisi terbaik bagi bakteri untuk berkembang dengan cepat, dengan begitu vitamin B5 dapat dikatakan sebagai musuh alami jerawat karena mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan meminimalisir pembentukan jerawat pada wajah. Vitamin lain dari rumpun yang sama adala vitamin B1, B2, B3, B6, B7, B9, dan B12.[6]

Vitamin C untuk Bekas Jerawat

Sebagai antioksidan, vitamin C juga dapat melindungi kulitmu dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang juga memicu pembentukan jerawat pada wajahmu. Fungsi perlindungan lain yang ditawarkan oleh vitamin ini adalah dengan cara menjaga stabilitas produksi kolagen. Dengan begitu, vitamin C mencegah kerapuhan perlindungan alami kulit ketika racun dan kotoran dikeluarkan melalui pori wajah melalui kelenjar sebasea bersamaan dengan keringat, minyak, dan sel kulit mati.

Tidak hanya membantu mencegah serta melawan jerawat pada wajah, Vitamin C juga secara aktif melakukan pencegahan terhadap pigmentasi kulit yang berlebihan, yang membuat bekas jerawat menjadi hitam dan sulit dihilangkan. Dengan menggunakan vitamin C untuk perawatan wajahmu, kamu tidak hanya merawat jerawat pada wajahmu, namun juga membersihkan bekas jerawat dan bintik hitam yang membandel.

Vitamin C bekerja lebih baik jika antibiotik oral juga digunakan. Sementara antibiotik oral berfungsi membersihkan jerawat dari dalam, vitamin C mengatasi masalah yang tibul pada permukaan wajah, melindungi wajah dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal dan mencegah jerawat untuk meninggalkan bekas dan bintik hitam yang membandel.[7] Namun sebelumnya pastikan kamu telah memahami penggunaan antibiotik oral seperti apa yang diberikan oleh dokter.

Sumber vitamin C paling baik bisa kamu temukan pada paprika kuning, jambu biji, daun kale, buah kiwi, brokoli, stroberi, jeruk, tomat, kacang polong, dan pepaya.[8]

Vitamin D Sembuhkan Jerawat

Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu terlalu lama mungkin kurang baik. Jika kamu sedang berjerawat, hal tersebut bisa memperparah kondisi jerawatmu. Bahkan, dapat menyebabkan munculnya jerawat baru karena sinar matahari merangsang produksi minyak berlebih pada kelenjar sebasea.

Kendati demikian, bukan berarti kamu harus terus berdiam diri di ruangan. Faktanya, kamu juga memerlukan sinar matahari, khususnya sinar matahari pagi. Jika masalah jerawat pada wajahmu tidak lagi bisa diatasi dengan cara apapun, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kamu mengalami gejala kekurangan vitamin D.

Vitamin D sebenarnya merupakan hormon yang diproduksi ketika tubuhmu terpapar oleh sinar matahari pagi. Vitamin D sangat penting karena memiliki beragam fungsi yang berbeda. Dalam konteks untuk melawan masalah jerawat, vitamin D berfungsi untuk memerangi resistensi insulin, meredakan peradangan pada jerawat, mempercepat penyerapan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk melawan jerawat, dan lain-lain.[9]

External Refference   [ + ]

1. Beberapa vitamin untuk terbebas dari jerawat
2. Apakah tingkat plasma dari vitamin A dan E berpengaruh pada kondisi jerawat
3. Sumber vitamin E terbaik
4. Studi efektivitas vitamin A (retinol) pada berbagai masalah kesehatan
5. Sumber vitamin A terbaik
6. 5 suplemen yang mampu sembuhkan jerawat
7. Vitamin untuk jerawat membandel
8. Sumber vitamin C terbaik
9. 6 nutrisi terbaik untuk merawat jerawat
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

!

Ops!

Please, adblock close and refresh page!
error: