Cara Menggunakan Obat Jerawat Oles yang Benar

By  |  2 Comments

Saat ini, ada banyak sekali obat jerawat atau produk kecantikan yang dirancang khusus untuk menangani masalah jerawat dan mengobatinya hingga tuntas. Namun, demi keamanan JerawatHaters, belilah Obat Jerawat paling ampuh hanya yang dijual di apotek atau toko kecantikan yang terpercaya. Dalam tulisan kali ini, kita akan membahas cara menggunakan obat jerawat oles/topikal yang benar. Umumya, obat jerawat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat berbentuk salep seperti vitacid atau gel seperti medi-klin.

Tutorial ini sangatlah cocok untuk mengobati jerawat batu, bahkan jerawt kecil seperti whitehead pada wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, prosedur pengobatan jerawat hendaknya dilakukan dengan metode yang tepat. Tak hanya membutuhkan waktu 1-2 jam, metode pengobatan jerawat yang baik membutuhkan waktu selama kurang lebih 20 jam. Untuk itu, berikut cara mengobati jerawat yang benar dengan metode pengobatan jerawat paling ampuh.

Untuk Mengobati Jerawat Kamu Perlu:


Persiapkan beberapa alat di bawah ini untuk mengobati jerawat membandel, termasuk jerawat batu, jerawat bernanah, hingga jerawat ringan seperti komedo whitehead pada wajah.

  • Obat jerawat yang telah kamu beli di apotek atau klinik kecantikan dan perawatan kulit (Baca: tips memilih obat jerawat yang tepat di sini). Obat jerawat bekerja dengan cara menetralisir bakteri penyebab jerawat, mengendalikan produksi minyak di wajah, dan merangsang kulit untuk beregenerasi lebih cepat.
  • Sunblock, sunscreen, atau pelembap (moisturizer). Digunakan untuk melembapkan wajah dan mencegah iritasi pada kulit, selain juga dapat mencegah jerawat menimbulkan bekas hitam karena terbakar sinar matahari. Lebih baik lagi, jika menggunakan sublock, sunscreen, atau moisturizer yang dirancang khusus untuk perawatan wajah berjerawat di siang hari (day cream), bisa dilihat di keterangan kemasan produk.
  • Pembersih wajah, jangan pernah sesekali menggunakan jenis pembersih atau sabun wajah yang berbentuk scrub dan batangan, scrub akan berpotensi melukai jerawat dan sabun batang dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya, gunakan pembersih wajah dengan bahan-bahan yang ringan, hindari pemakaian pembersih atau sabun wajah yang mengandung seperti salicylic acid, sodium sulfacetamide, herbal clay atau benzoyl peroxide, karena akan berpotensi menimbulkan gejala over peeling dan iritasi.
  • Cotton bud, digunakan sebagai alat bantu dalam mengoleskan krim atau obat jerawat agar nantinya permukaan obat penghilang jerawat tetap terjaga kebersihannya.

Cara Menggunakan Obat Jerawat yang Benar


Untuk mengobati jerawat secara menyeuruh, kamu harus memahami bagian yang berbeda dari pengobatan jerawat itu sendiri. Perawatan untuk mengobati jerawat di siang hari dan malam hari tentulah berbeda.

Perawatan Wajah Berjerawat di Malam Hari

Berikut langkah-langkah menghilangkan jerawat dengan obat jerawat paling ampuh yang bisa kamu lakukan di malam hari:

  1. Pengobatan jerawat dimulai pada sore hari, saat JerawatHaters membersihkan wajah dengan pembersih atau sabun wajah. Gunakan pembersih atau sabun wajah yang telah disiapkan khusus untuk pengobatan jerawat sebelumnya,
  2. Setelah itu, keringkan wajah kamu dengan handuk. Penggunaan handuk yang bersih dan sering di ganti akan sangat baik dan mendukung metode pengobatan ini,
  3. Gunakan toner dengan pH balance yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan make up yang tidak bisa dibersihkan oleh pembersih wajah. Kamu juga bisa menggunakan toner alami ini, diamkan selama 3-5 menit,
  4. Aplikasikan pelembab sesuai jenis kulit untuk mengunci dan mengembalikan kelembapan, karena penggunaan obat jerawat akan membuat kulitmu menjadi sangat kering tak heran kulit akan terlihat kusam sesaat setelah menggunakan obat jerawat[1].
  5. Setelah menunggu kira-kira sekitar sepuluh menit, ambil obat jerawat baik krim maupun salep. Oleskan obat jerawat persis dimana jerawat tinggal, gunakan cotton bud agar proses berlangsung secara bersih dan streril, sehingga kuman tidak ikut terbawa. Perhatian!!, jika kamu memiliki masalah jerawat di seluruh wajah jangan pernah sekali-kali menggunakan obat jerawat sebagai masker (mengoleskannya di seluruh permukaan wajah). Gunakan masker alami untuk merawat wajah berjerawat.
  6. Setelah jerawat di oles pada semua jerawat yang ada, matikan lampu dan bergegaslah tidur di bawah pukul 10 malam. Hal ini penting untuk mengistirahatkan tubuh kamu dan membiarkan energi kamu terpusat pada aktivitas regenerasi sel kulit wajah. Sehingga, jerawat akan lebih mudah sembuh dan tidak berbekas.
  7. Kamu bisa mengaplikasikan ulang obat jerawat jika obat jerawat yang sebelumnya telah hilang dan meresap ke dalam kulit.

TIPS: Latihlah, pada saat kamu tidur tidak bergerak begitu banyak. Sehinga krim atau obat penghilang jerawat tidak berserakan, berceceran, atau menempel di bantal. Jika sebelumnya JerawatHaters menggunakan krim malam atau krim pemutih wajah di malam hari, hentikan pemakaian krim tersebut selama proses pengobatan jerawat yang benar. Jangan pernah sekali-kali mencampur krim kamu dengan obat jerawat karena akan memungkinkan adanya reaksi lain. Bila jenis kulitmu adalah Kulit Kering, gunakan obat penghilang jerawat yang berbentuk krim (krim anti jerawat), sedangkan bila jenis kulitmu adalah kulit yang berminyak, kami rekomendasikan untuk menggunakan obat jerawat yang berbentuk gel.

Perawatan Wajah Berjerawat di Siang Hari

Perawatan wajah berjerawat tidak terbatas pada malam hari saja. Di siang hari, kamu kulitmu bahkan perlu perhatian yang ekstra karena pengaruh obat jerawat dapat membuat kulit semakin sensitif terhadap kontak eksternal. Pengobatan jerawat di siang hari sangat penting agar jerawat yang ada tidak bertambah parah dan bekas jerawat pun lekas hilang. Lakukan hal berikut untuk mengobati jerawat di siang hari setelah kamu menggunakan obat jerawat di malam harinya:

  1. Jangan Kaget! jika tidak melihat keberadaan krim yang JerawatHaters oleskan di malam hari, itu berarti obat jerawat telah meresap ke dalam kulit kamu atau kemungkinan kedua kamu terlalu banyak bergerak sehingga obat jerawat pun menjadi berantakan hingga tak berbekas. Yang manakah kamu? Jangan kaget pula jika jerawat yang tadinya masih kecil tiba-tiba berubah menjadi besar dan telah matang. Kaget dan stress hanya akan memicu jerawat menjadi lebih parah.
  2. Bersihkan wajah kamu dengan pembersih atau sabun wajah yang halus, bebas alkohol, dan tidak memicu minyak berlebih. Lakukan dengan hati-hati, agar jerawat tidak pecah. Jika jerawat tidak sengaja pecah, lakukan tips berikut untuk membersihkan nanah pada jerawat untuk mencegah pembengkakan, inflamasi, dan jerawat menyebar ke seluruh permukaan wajah.
  3. Keringkan wajah kamu dengan handuk yang bersih, lakukan dengan cara menepuk-nepuh handuk dengan halus. Jangan pernah mengusap wajah dengan handuk, selembut apapun bahannya handuk tetap bisa membuat jerawat bernanah pecah dan menjadi lebih parah.
  4. Gunakan toner wajah seperti biasanya untuk menyeimbangkan pH wajah, sehingga wajah kembali terlindungi mantel asam alami yang hilang akibat aktifitas membersihkan wajah dengan pembersih atau cleanser[2].
  5. Aplikasikan pelembap, sunblock, atau sunscreen yang dapat menghalau sinar matahari membakar kulitmu. Hal ini penting dilakukan, agar jerawat yang telah matang tidak bertambah parah. Selain itu, jerawat yang terkena kontak sinar mata hari juga berpotensi meninggalkan bekas jerawat atau bopeng yang cukup sulit untuk dihilangkan. Juga, aktivitas pengobatan jerawat akan membuat kulit lebih sensitife dan kering, sehingga pelembap akan menjaga kelembapan kulit kamu.
  6. Tunggu 10-15 menit hingga partikel SPF dan kandungan sunscreen, sunblock, atau moisturizer meresap pada permukaan kulit dan melindunginya dengan maksimal. Pahami bagaimana SPF bekerja dan aplikasikan kembali sunscreen, sunblock, atau moisturizer jika diperlukan.

Air mineral dapat membantu mengoptimalkan proses penyembuhan jerawat. Oleh karena itu selama proses pengobatan, perbanyaklah minum air mineral (air putih) untuk menghidrasi[3] dan membantu proses penyembuhan pada jerawat melalui akselerasi regenerasi sel-sel kulit pada wajah[ref]. Selain itu, hindari dulu pemakaian Make-up tebal dan berlapis karena akan berpotensi membuat jerawat bertambah parah. Jangan sekali-kali menutupi jerawat dengan riasan rambut. Kurangi konsumsi makan-makanan berlemak (Baca: makanan enyebab jerawat), dan mulailah mengonsumsi buah atau herbal dengan antioksidan tinggi seperti apel dan teh hijau Setelah aktivitas kamu hari ini telah selesai, ulangi lagi metode pengobatan jerawat hingga jerawat benar-benar kering dan mengelupas dengan sendirinya. Meskipun wajah kamu telah bebas dari jerawat, tetap jaga kebersihan dan selalu konsumsi makanan yang baik. Selamat berjuang 🙂

External Refference   [ + ]

1. Terkadang jerawat muncul karena kurangnya kelembapan
2. Membersihkan wajah dapat menghilangkan pelindung asam alami pada wajah
3. Dehidrasi dapat sebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya
DMCA.com Protection Status

2 Comments

  1. hera

    16 Juni 2017 at 10.49

    jerawat bernanah dan batu obatnya apa yang bagus

  2. Nina Diana

    2 Juli 2017 at 10.42

    Selamat siang, saya mau bertanya,ketika saya menggunakan salep jerawat kulit saya mengelupas namun jerawat menjadi kering. Apakah itu tidak masalah? Atau saya tidak cocok dengan menggunakan salep tersebut

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *