Toner Green Tea untuk Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

By  |  1 Comment

Salah satu upaya untuk mencegah jerawat ialah dengan selalu menjaga kebersihan wajahmu. Tidak hanya dari polutan dan debu yang bertebaran di sekitarmu, namun juga dari sisa-sisa make up yang kamu gunakan untuk aktivitas keseharianmu.

Memastikan bahwa tidak ada sisa kotoran dan make up yang menempel pada wajahmu sangat penting. Karena kotoran, sisa make up, dan sel kulit mati yang tertinggal dalam bentuk mikroskopik yang menempel dan terbawa tidur dapat berpotensi menyebabkan sumbatan dan infeksi pada kulit wajahmu. Sehingga saat terbangun, kamu bisa merasakan jerawat baru yang mulai terbentuk.

Membersihkan wajah menggunakan sabun wajah atau facial foam setelah beraktivitas merupakan salah satu langkah yang tepat, namun terkadang hal tersebut belum cukup untuk memastikan bahwa wajahmu benar-benar terbebas dari sisa-sisa kotoran dan make up yang menempel pada wajahmu. Untuk itu, toner baisanya digunakan sebagai sentuhan tambahan untuk memastikan wajahmu benar-benar bersih sebelum beristirahat ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Namun kamu tidak perlu merogoh uang lebih hanya untuk sekedar melengkapi produk kecantikanmu. Ada banyak variasi toner dari bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan sisa kotoran dan make up pada wajahmu, salah satunya adalah teh hijau atau green tea. Selain membersihkan wajahmu secara menyeluruh, melembutkan, dan membuat wajahmu terbebas dari minyak dan jerawat, toner green tea juga memberikan perlindungan dan aroma yang menyegarkan.

Mengapa Harus Green Tea?

Green tea atau teh hijau berasal dari daun teh dengan nama ilmiah camellia sinensis, begitu pula teh hitam ataupun teh putih. Ketiganya berasal dari daun dan tubuhan yang sama, namun berbeda dalam pada oksidasi, fermentasi, ataupun proses lainnya sehingga menyebabkan perbedaan pada cita rasa, kandungan, dan khasianya.[1]

Teh hijau memiliki kandungan katekin yang lebih banyak dari teh hitam (sekitar 25% vs 4%). Meskipun Teh putih memiliki katekin yang hampir sama dengan teh hijau tetapi perbedaan tersebut terletak pada komposisi yang ditemukan pada sejumlah riset. Katekin utama yang terkandung dalam teh hijau adalah gallocatechin (GC), epigallocatechin (EGC), epicatechin (EC), dan epigallocatechin gallate (EGCG), katekin inilah yang nantinya berperan aktif dalam melawan pembentukan komedo, jerawat dan mengobatinya secara perlahan.[2]

Manfaat Toner Green Tea untuk Kecantikan

Untuk wajah yang berjerawat, penggunaan toner green tea atau toner teh hijau dapat membuat kulitmu lebih bersinar melalui fungsinya dalam meremajakan kulit dan merawat luka ataupun inflamasi yang terjadi pada kulit wajahmu sepertihalnya ketika wajahmu ditumbuhi dengan jerawat.[3]

Kandungan katekin pada green tea merupakan senyawa yang berfungsi untuk melawan bakteri bahkan mampu mengendalikan masalah hormonal yang terjadi pada kulit wajahmu. Dengan begitu, penggunaan toner green tea secara rutin dapat secara perlahan dapat membuatmu terbebas dari masalah jerawat membandel.[4]

Selain itu, kandungan tannin dalam green tea dapat berfungsi aktif untuk mengecilkan pori-pori wajah dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit sehingga merangsang kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih sedikit minyak karena kulit telah terhidrasi dengan baik. Dengan berkurangnya produksi minyak berlebih pada wajah, pembentukan jerawat dan komedo pun bisa di cegah melalui cara ini.[5]

Untuk wajah yang letih dengan tanda-tanda penuaan dini, kandungan antioksidan pada green tea dapat memperlambat proses penuaan melalui perlindungan ekstra terhadap sinar matahari[6] yang merusak, memperlambat pembentukan bintik hitam, dan menghaluskan garis-garis kerutan yang mulai terbentuk.

Alat dan Bahan untuk Membuat Toner Green Tea

Untuk membuat toner green tea atau toner teh hijau, berikut beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu.

  • Teh hijau/green tea, bisa dalam bentuk daun ataupun kemasan kantong.
  • Bolol spray, jika tidak ada botol spray gunakan botol yang biasa digunakan untuk keperluan kecantikan.
  • Kapas kecantikan.
  • Air secukupnya.

Selain alat dan bahan di atas, kamu mungkin bisa menambahkan beberapa bahan di bawah ini sesuai dengan kebutuhan dan selera.

  • Minyak esensial, ekstra vitamin E, ataupun tea tree oil
  • Perasan jeruk nipis atau cuka apel

Cara Membuat Toner Green Tea Penghilang Minyak dan Jerawat

Setelah kamu memastikan alat dan bahan untuk membuat toner green tea telah disiapkan, lanjutkan untuk membuat toner green tea di rumahmu dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Seduh teh hijau seperti biasanya. Usahakan menyiapkan air dengan suhu panas di bawah titik didih, kurang lebih 80 derajat celcius. Matikan api, dan masukkan kantong teh ke dalam air tersebut. Diamkan selama 3-5 menit. Jika kamu menggunakan daun teh asli tanpa kantong, kamu mungkin membutuhkan saringan/penyaring.
  2. Angkat daun teh atau kantong teh hijau, lalu diamkan teh hingga benar-benar dingin.
  3. Pindahkan ke dalam wadah spray atau wadah kecantikan lainnya.
  4. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favoritmu untuk memberikan kesegaran ekstra. Kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun yang mengandung banyak vitamin E untuk meremajakan kulitmu. Jika kamu pemilik kulit berminyak dan berjerawat, tea tree oil akan membantu merawat jerawatmu lebih cepat. (Belum tahu jenis kulitmu? cek di sini)
  5. Tambahkan satu sendok teh perasan jeruk nipis atau cuka apel (pilih salah satu) untuk mengecilkan pori wajahmu, dan menambah masa berlaku toner selama satu hari (tidak berlaku untuk kelipatan).
  6. Kocok toner untuk mencampurkan semua bahan.
  7. Toner green tea buatan sendiri untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat siap untuk digunakan.
  8. Simpan dalam kulkas, toner kamu bisa bertahan sampai dengan tiga (3) hari.

Perhatikan, tidak semua orang bisa menerima tambahan asam yang berasal dari perasan jeruk nipis ataupun cuka apel. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk tidak menggunakan perasan jeruk nipis ataupun cuka apel ke dalam toner.

Cara Menggunakan Toner Alami dari Green Tea/Teh Hijau

Untuk menggunakan toner green tea caranya cukup mudah. Ambil toner dari lemari pendingin, kocok terlebih dahulu dan semprotkan pada wajahmu. Usap dengan kapas kecantikan untuk mengangkat beberapa kotoran dan meratakan kandungan, biarkan kering dan tanpa dibilas. Jika kamu tidak menggunakan wadah spray, cukup tuangkan beberapa tetes toner teh hijau pada kapas kecantikan yang biasanya kamu gunakan, usapkan kapas seperti biasanya.

Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba dan ucapkan selamat tinggal pada wajah berminyak dan berjerawat!

External Refference   [ + ]

1. Apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh teh hijau
2. Apakah teh hijau benar-benar mampu menghilangkan jerawat?
3. 10 manfaat green tea untuk kecantikan
4. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh The Journal of the American Medical Association Dermatology menyimpulkan bahwa penggunaan green tea dapat menurunkan resiko anomali pada kulit
5. Sebuah studi menunjukkan penggunaan green tea melalui metode topikal dapat mengeliminasi lebih dari 50% gejala pembentukan jerawat dan komedo. Studi lain menunjukkan bahwa penggunaan lotion green tea mampu mengatasi masalah kulit diderita oleh partisipan (58%) dan sebanyak 39% diantaranya adalah masalah jerawat.
6. Menurut sebuah studi, mengonsumsi green tea atau menggunakannya secara topikal pada wajah dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar matahari
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. Yoonhee Kim

    15 Maret 2017 at 06.20

    waw

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *