Cara yang Benar Membersihkan Wajah dari Minyak

By  |  0 Comments

Minyak pada wajah memang sangat menjengkelkan. Selain menjadi penyebab utama kulit yang berjerawat, minyak pada wajah juga dapat membuat penampilanmu berantakan. Kulit terlihat lebih kusam, juga make up cenderung tidak tahan lama. Itu sebabnya, kulit yang berminyak harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar selain hilangnya rasa percaya diri, yaitu munculnya Jerawat Batu di mana-mana karena kotoran, debu, dan polusi akan lebih mudah hinggap dan menempel pada kulit yang berminyak. Untuk itulah, banyak orang mencari informasi seputar cara mengatasi wajah berminyak, baik secara alami yang lebih aman maupun dengan cara cepat yang cenderung kurang aman.

Kebanyakan orang cenderung akan mencuci wajahnya dengan sabun muka, cleanser, atau facial foam[1] ketika mereka mendapati wajah mereka telah dipenuhi dengan minyak (meskipun terlalu banyak mencuci wajah dengan sabun atau produk lainnya justru akan membuat kulit kering dan memproduksi minyak lebih banyak lagi). Jika mempunyai banyak waktu luang, mereka mungkin juga akan menggunakan toner untuk menjaga permukaan wajah yang kering lebih lama dari biasanya. Namun kondisi hanya terjadi pada pria atau wanita yang tidak menggunakan make up. Lalu bagaimana dengan kita sedang menghadiri acara penting dan tidak memiliki cukup waktu untuk ba-bi-bu-be-bo? Bagaimana cara ampuh untuk menghilangkan minyak di wajah tanpa harus merusak tata rias dari wajah kita? Simak tips berikut!:

Cara Cepat Menghilangkan Minyak di Wajah


Cara paling mudah untuk menghilangkan minyak pada wajah ialah dengan menyerap minyak pada wajah menggunakan kertas minyak. Saat ini sudah umum ditemui kertas pembersih minyak wajah yang akan menyerap minyak wajah di toko-toko ataupun minimarket. Cara ini akan lebih efektif untuk membersihkan Wajah Berminyak secara menyeluruh meskipun banyak pro dan kontra tentang penggunaan pembersih, kertas minyak, dan scrub yang dapat menghilangkan pelindung asam alami yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat[2]. Namun, bagi JerawatHaters dengan jenis kulit wajah *sangat-berminyak sepertinya membutuhkan lebih dari tiga lembar kertas pembersih minyak untuk bisa memastikan tidak ada lagi minyak di wajah untuk beberapa jam ke depan. Akibatnya, banyak orang dengan jenis kulit *sangat-berminyak mengalami penyakit kanker di awal bulan (kantong kering).

Oleh karena itu, berikut Tips Sederhana untuk Membersihkan Minyak pada Wajah secara instan tanpa merusak make-up dan tata riasmu, cara ini khusus untuk kamu remaja dan JerawatHaters dengan kantong tipis atau mahasiswa yang sedang berhemat.

Cara Membersihkan Minyak Tanpa Merusak Make-Up


Bagaimana cara membersihkan minyak tanpa merusak make up? Tidak seperti cara sebelumnya yang menggunaan kertas pembersih khusus untuk menghilangkan minyak pada wajah, cara ini menggunakan kertas tissue biasa (kering) untuk menggantikan kertas pembersih minyak.

Pastikan kamu sedang menghadap kaca/cermin supaya bisa melihat bagian wajah yang penuh dengan minyak dengan pencahayaan yang cukup.

  1. Siapkan sebuah tissue kering bersih, lipat tissue tiga kali hingga menjadi persegi panjang.
  2. Pastikan kamu tidak menyentuh bagian tengah tissue dengan tangganmu, karena tanganmu merupakan sarang bakteri dan kuman yang berasal dari berbagai tempat yang tak terduga.
  3. Pegang masing-masing ujung persegi panjang tissue, dan lipat sekali lagi. Berikan sedikit ruang pada lipatan tissue hingga kamu memegang tissue menyerupai tutup panci super mini.
  4. Setelah itu, tempelkan tissue pada wajah berminyak, tekan-tekan secara halus dan lembut hingga minya di wajah kamu terserap oleh permukaan tissue.
  5. Buang tissue pada tempat sampah. Jika ingin hemat dan menggunakannya lagi, simpan di tempat yang bersih dan balik permukaan dasar kertas tissue (namun hal ini mungkin agak sedikit berlebihan jika kamu ingin berhemat).
  6. Pastikan kamu tidak pernah membersihkan minyak wajah dengan cara mengusapnya. Baik ketika menggunakan kertas pembersih mnyak, maupun kertas tissue. Membersihkan minyak wajah dengan cara mengusap hanya akan meratakan minyak di wajah dan itu berarti kototan, debu, dan polusi juga akan merata dan lebih mudah masuk ke dalam pori-pori wajah yang pada akhirnya akan membuat wajah kamu jerawatan, apalagi Jerawat Batu. Selain itu, tekstur dari tissue cukup kasar untuk kulit indahmu.

Meskipun Membersihkan Wajah dari minyak dengan tissue tidak seefektif menggunakan kertas pembersih minyak, namun penggunaan tissue tidak akan mengakibatkan minyak hilang sepenuhnya. Sehingga, kulit kamu akan tetap lembab dan itulah alasannya mengapa minyak cenderung lebih cepat kembali ketika kamu membersihkan minyak wajah dengan kertas pembersih minyak daripada hanya dengan menggunakan tissue kering biasa.

Mengapa tidak menggunakan kapas kecantikan?

Mungkin pertayaan tersebut sempat terbesit di benak JerawatHaters. Memang benar, kapas kecantikan lebih mudah menyerap minyak. Namun, make-up pun kadang juga ikut terbawa dan kamu harus mengaplikasikan ulang make up pada wajah. Selain itu, tissue lebih murah untuk digunakan dengan cara seperti ini.

Perhatikan, untuk perawatan kulit wajah berminyak sehari-hari setelah maupun sebelum beraktifitas, pastikan menggunakan pembersih wajah yang dikhususkan untuk wajah kusam dan berminyak. Pilih produk pembersih wajah yang mengandung Salicylic Acid atau Purifying Clay[3], namun sebelmunya pastikan apakah produk tersebut cocok untuk kulitmu jika kamu mempunyai jenis wajah yang sensitif.

Jangan lupa mengaplikasikan sunblock. Penggunaan sunblock akan sedikit mengurangi produksi minyak pada wajah kamu. Jika menggunaan pelembab atau moisturizer, pastikan produk tersebut dirancang khusus untuk kulit berminyak. Penggunaan, moisturizer yang tidak tepat justru akan merangsang kulitmu untuk memproduksi minyak lebih banyak sehingga akan sangat merusak penampilanmu.

Itu dia Cara dan Tips Sederhana Membersihkan Wajah dari Minyak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

External Refference   [ + ]

1. Cara memilih pembersih wajah yang tepat (untuk wajah berminyak)
2. Pembersih wajah dan scrub dapat menghilangkan sifat asam alami wajah
3. Kandungan yang baik untuk mengatasi minyak dan jerawat pada wajah
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *