7 Langkah Jitu Agar Jerawat Tidak Bertambah Parah

By  |  6 Comments

Jerawat memang tragedi terbesar bagi seorang remaja yang tengah menginjak usia dimana pertumbuhan hormon tidak terkendali sehingga bisa menyebabkan kelebihan minyak pada wajah dan munculnya jerawat secara berlebih.

Hal yang paling kita takutkan ketika muncuk jerawat di wajah kita ialah ketika di lain hari jerawat yang ada bukannya semakin membaik tapi bertambah buruk, bahkan jerawat bernanah pun bisa saja muncul. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu praktikkan di rumah agar jerawat pada wajah tidak bertambah buruk. Penasaran kan?

Mencegah Jerawat Agar Tidak Bertambah Parah


Langsung saja, agar jerawat yang sudah tumbuh di wajah kita tidak bertambah parah, berikut beberapa tips cara mencegah agar jerawat tidak bertambah parah.

#1 STOP! Memencet Jerawatmu

Sering sekali kita merasa gemas untuk segera terbebas dari jerawat-jerawat yang membuat rasa percaya diri kita berkurang. Salah satunya ialah dengan memencet atau mengeluarkan jerawat secara paksa. Namun, kegemasan kita dalam menghilangkan jerawat secara cepat justru merupakan tindakan yang sangat berbahaya[1].

Mengeluarkan jerawat secara paksa dengan cara Memencetnya merupakan salah satu tindakan yang dapat diketegorikan dalam penganiayaan terhadap kulit wajah. Menyentuh, meremas, memencet, atau memilin noda pada kulit atau jerawat dapat mengekibatkan jaringan parut, bopeng, dan bekas jerawat permanen serta penyebaran bakteri berbahaya secara tidak terkendali.

JerawatHaters, mungkin kamu punya kebiasaan menyentuh pipi ketika bicara, menyentuh hidung saat gelisah, atau kebiasaan-kebiasaan lainnya yang menyebabkan kontak antara telapak tangan yang tidak steril dengan kulit wajah. Hal tersebut juga akan memperparah kondisi jerawat kamu mengingat tangan adalah media paling bagus untuk menghantarkan bakteri propionibacterium acne yang merupakan rajanya bakteri penyebab jerawat.

#2 Selalu Gunakan Tabir Surya

foto bahaya sinar matahai bagi kulit wajah

Memang benar kita tak perlu takut dengan sinar matahari, namun ada baiknya untuk mempertimbangkannya apabila kamu mempunyai masalah jerawat yang cukup parah. Sinar matahari bisa mengeringkan permukaan kulit kamu sehingga kondisi jerawat yang sudah ada akan bertambah parah. Selain itu, berada di bawah sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan Kulit Terbakar[2]yang kemudian akan mendorong produksi sebum berlebih pada wajah.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh dan tidak harus menjadikan sinar matahari sebagai musuh utama kamu. Atur pertemuan kamu dengan sinar matahari pada pagi hari dan sebisa mungkin hindari sinar matahari di siang hari dimana sinar matahari menjadi sangat terik dan menyengat.

Solusi lainnya yang bisa JerawatHaters pakai untuk tetap nyaman berada di bahwa sinar matahari ialah dengan menggunakan krim pelindung radiasi sinar matahari atau sunblock yang digunakan khusus untuk kulit wajah. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas seperti biasa di bawah sinar matahari tanpa harus takut jerawat kamu yang mungkin bertambah parah.

Itu dia beberapa tips yang patut kamu terapkan agar jerawat yang tumbuh di wajah tidak bertambah parah tiap harinya. Selamat mencoba dan bebaskan wajahmu dari jerawat hari ini dan selamanya!.

#3 Perhatikan Handuk dan Sarung Bantal

gunakan handuk baru agar jerawat tidak bertambah parah

Handuk dan sarung bantal yang jarang sekali diganti atau dicuci dapat menjadi tempat favorit bagi kuman dan bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak dan beranak-pinak. Handuk yang kecil atau sarung bantal yang jarang di cuci dapat dengan mudah memerangkap bakteri dan menginfeksi kulit sensitif JerawatHaters, sehingga berpotensi besar untuk menimbulkan jerawat baru sekaligus memperparah kondisi jerawat yang ada[3].

Jika kamu ingin membersihkan atau mengeringkan wajah setelah mencuci muka dengan sabun muka, kami menyarankan kamu menggunakan handuk lembut yang terbuat dari bahan microfiber. Usahakan menggunakan handuk yang berbeda untuk mengeringkan tubuh, karena tingkat sensitifitas kulit wajah dengan kulit tubuh berbeda jauh.

Usahakan untuk sesering mungkin mengganti Handuk dan Sarung Bantal. Meskipun bagi JerawatHaters sarung bantal yang kamu kenakan saat ini cukup bersih, jika itu belum dicuci selama 3 hari itu cukup menjadi sarang bagi para bakteri yang akan dengan mudahnya menginfeksi kulit sensitifmu.

#4 Cuci Wajah 2 Kali Cukup!

foto pencegahan jerawat dengan mencuci wajah

Mencuci wajah dengan sabun wajah atau facial foam dapat memberikan rasa segar dan membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel seharian penuh. Namun, tetap saja sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Mungkin kita berpikir bahwa dengan membersihakan wajah kita sesering mungkin jerawat dan komedo akan jauh dari wajah kita, namun ternyata itu salah JerawatHaters.

Meskipun kesan segar, kulit cerah, dan lebih kering akan kita dapat setelah Mencuci Wajah dengan sabun wajah, namun jika kita terlalu sering melakukannya justru dapat menyebabkan jerawat yang ada pada kulit kita bertambah parah. Sistem kekebalan tubuh mempunyai caranya sendiri untuk melindungi wajah kita dari kekeringan. Mencuci wajah terlalu sering akan membuat wajah menjadi sangat kering, sehingga metabolisme tubuh mencoba mengoreksi kondisi tersebut dengan memproduksi lebih banyak lagi minyak pada wajah. Hal ini, justru dapat memicu lebih banyak jerawat, komedo, dan jerawat batu[4]

Memang benar, mencuci wajah dapat mengurangi komedo dengan cara mengangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Namun jika itu dilakukan secara berlebihan, maka mencuci wajah justru dapat membuat kulit wajah iritasi. Menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah terlalu sering dapat dapat membuat jerawat bertambah dan membuat kondisi kulit semakin parah.

Lalu sebaiknya berapa kali dalam sehari kita mencuci wajah?

Sebaiknya, cuci wajah kamu sekali sehari dengan sabun wajah setelah melakukan aktifitas seharian penuh. Atau jika kamu mempunyai kondisi kulit berminyak, cuci wajah kamu 2 kali sehari sebelum berangkat beraktifitas dan setelah pulang dari aktifitas dan memakai toner setelahnya. Jangan lupa, pakai juga pelembab setelah mencuci wajahmu.

#5 Diet Makanan Biang Jerawat

foto makanan penyebab jerawatMengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah adalah tindakan yang tepat. Bukan berarti kita tidak boleh sama sekali mengkonsumsi makanan-makanan penyebab jerawat tersebut, tapi sebisa mungkin kurangi konsumsi dari makanan penyebab jerawat seperti Ikan dan Kerang yang mengandung Yodium. Selengkapnya, baca: makanan penyebab jerawat.

Mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu munculnya jerawat baru sangat penting. Jika saat ini JerawatHaters sedang melakukan perawatan untuk menghilangkan jerawat, terntu JerawatHaters tak mau kan jerawat-jerawat baru muncul di bagian dan permukaan kulit yang lainnya?. Untuk itulah selamat perawatan dan program berjalan JerawatHaters bisa mencegah agar kondisi kulit wajah tidak bertambah parah dan memunculkan jerawat-jerawat baru dengan mengurangi konsumsi makanan Penyebab Jerawat.

#6 Konsumsi Mineral dan Teh Hijau

teh hijau untuk mencegah jerawat bertambah parah

Jika kamu termasuk orang yang suka menahan haus, mungkin kamu harus merubahnya jika JerawatHaters tidak ingin jerawat yang tumbuh di kulit wajah kamu bertambah parah. Banyak minum air putih atau air mineral terbukti dapat mencegah jerawat menjadi lebih parah. Selain itu, biasakan juga meminum teh hijau dan akan lebih baik lagi kalau dalam kedua minuman tersebut dicampur dengan jeruk lemon didalamnya.

Mengonsumsi air mineral atau air putih yang cukup dapat membantu kamu dalam membuang timbunan Racun dan Lemak[5]yang ada pada tubuh JerawatHaters. Jika pori-pori wajah tersumbat, satu-satunya cara yang tersisa untuk mengeluarkannya ialah dengan melewati urine. Jika JerawatHaters meminum banyak air, secara tidak langsung kamu telah membantu mu untuk menegeluarkan dan mencegah penimbunan minyak di kulit wajah yang dapat memperparah kondisi jerawat kamu sebelumnya. Sebaliknya, Jika pori-pori tetap  tersumbat, entah oleh lemak atau kotoran serta tidak segera dikeluarkan dari tubuh, maka racun akan tertimbun dan jerawat pun muncul.

Selain itu, teh hijau memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat menolak radikal bebas penyebab jerawat.

#7 Tetap Pede Dengan Jerawatmu!

bahaya menyembunyikan jerawat dengan makeup

Jerawat memang bisa membuat setiap orang menjadi tidak pede dan kurang bersemangat apalagi untuk tampil di depan publik. Aktivitas seperti mengabadikan momen-momen dengan jepretan kamera atau video mungkin akan sangat JerawatHaters hindari jika jerawat masih tetap bersarang di wajah kita hingga hari itu tiba.

Kondisi tersebut kemudian memicu sebagian atau banyak orang untuk menutup-nutupi jerawat di wajah dengan cara-cara yang tidak aman seperti menutupnya dengan riasan dan gaya rambut, masker, penjepit rambut atau aksesoris-aksesoris lainnya yang ditujukan untuk menutupi jerawat yang menempel di wajah kita dari sorotan mata dan kamera.

Namun tahukan kamu JerawatHaters, tindakan tersebut sangat tidak kami anjurkan karena dapat memperparah jerawat kamu. Selain itu, penggunaan aksesoris-aksesoris lainnya yang bukan sekali pakai juga berpotensi mengiritasi kulit yang sedang diserang jerawat sehingga jerawat yang ada bukannya membaik tiap harinya justru menjadi Lebih Parah.

Itu dia 7 Tips mencegah jerawat agar tidak bertambah parah. Beberapa dari kamu mungkin merasa tips di atas kurang membantu. Percaya atau tidak, untuk merawat wajah yang berjerawat di butuhkan kesabaran yang ekstra. Dalam hal ini, kontinuitas sangatlah penting, oleh karena itu jangan patah semangat untuk terus mencoba hingga tidak ada satu noda jerawat pun pada wajah kamu. Selamat berjuang!

External Refference   [ + ]

1. Mengapa memencet jerawat merupakan tindakan yang buruk?
2. 5 alasan yang membuatmu harus menggunakan sunscreen setiap saat
3. Percayalah! ada bonus jerawat di setiap sarung bantal yang tidak kamu cuci
4. 13 kebiasaan sehari-hari yang dapat picu jerawat pada wajah
5. Air mineral berfungsi sebagai penawar racun dalam tubuh
DMCA.com Protection Status

6 Comments

  1. Safira

    1 Desember 2016 at 18.13

    Saya berusia 14 th. Seusia saya memang wajar jika berjerawat. Akan tetapi, saya melihat teman teman saya wajah nya mulus dari jerawat, padahal jika saya tanya, mereka juga sering memakan makanan yang bisa menimbulkan jerawat. Bahkan ada yang sangat jarang mengonsumsi mineral. Nah, saya heran, saya sudah berusaha mengomsumsi makanan sehat dan buah serta air mineral, dan juga sudah berusaha melindungi wajah dari ultraviolet dgn tabir surya. Saya juga rutin mencuci muka pagi dan malam ketika akan tidur. Tapi mengapa ya kulit saya tetap saja berjerawat? Bahkan di daerah dagu saya, jerawat batu sering muncul, sekalinya muncul jika sudah hilang akan muncul lagi yang lain.Sampai dagu saya sering menjadi perhatian karena lebih mencolok dari bagian wajah saya yang lainnya. Mungkin bisa bantu memberikan solusi, terimakasih

    • Stefani

      21 Desember 2016 at 17.18

      Kok kita sama ya? Aku juga 14 th, tp yang lebih mencolok sih aku di pipi. Kita gimana ya?? Kok gini capek kan?

  2. Stefani

    21 Desember 2016 at 17.15

    Dokter yang terhormat, tolong obat apa yang murah dijual di apotik untuk mematikan jerawat. Saya sudah bosan sekali bertahun – tahun bersama jerawat ini. Dokter apa yang harus saya lakukan, kata mama saya kalau jerawat nya udah beku pencet aja karna kalau gak di pencet nanti gk keluar _ keluar jadi nya. Semua jenis jerawat ada di muka saya. Dari jerawat biasa, jerawat bernana, jerawat batu, komedo paling banyak dok. Jadi bagaimana dok?

  3. Kenny

    19 Maret 2017 at 20.45

    Dokter bisa bantu saya supaya jerawat yg saya derita sekarang bisa hilang.kemarin saya salah pakai obat jerawat nya semakin banyak…..Umur saya 17th

  4. Nanda

    5 Juli 2017 at 07.32

    Dok saya sudah menikah, dan saya memakai kb suntik 3Bulan, itu saya tidak pernah haid, dan sampai jerawatan parah meradang, apakah itu penyebab hormon atau gimana.. Dan saya sempat untuk berganti kb dengan salah satu pil kecantikan untuk mengharapkan supaya saya haid dan jerawat bisa berkurang, 1Bulan saya menunggu ternyata tidak ada perubahan, dan saya kembali ke suntik lagi, jerawatpun masih ada, masih parah, saya sudah ke aesthethica juga sudah perawatan, sudah pake obat apapun itu tp tidak kunjung sembuh, tolong solusinya dok.. Makasih

  5. Budi riandi

    17 Juli 2017 at 15.06

    Mau tanya dok kulit saya ko tambah bnyak jerawat nya apa solusi terbaik nya buat kulit saya dok
    Sabun yang cocok buat kulit saya apa dok kulit saya berminyak.malah kedokter juga pernah diperiksa klinik jesfer tapi gak ada kasiatnya sama sekali malah jerawatnya padaa tumbuh juga dikepala tlng infonya dok

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: