Tips Agar Jerawat Tidak Berbekas (Bopeng)

By  |  0 Comments

JerawatHaters, pasti kamu akan merasa jengkel bila jerawat yang sudah dinanti-nanti kesembuhannya meninggalkan bekas pada wajah. Bukan hanya berupa flek hitam dan noda kusam, hal yang paling ditakutkan saat jerawat menghilang adalah Bekas Jerawat bolong-bolong atau bopeng pada wajah yang membuat rasa percaya diri kita turun secara dramatis.

Bekas jerawat dan bopeng pada wajah karena jerawat sangat sulit dihilangkan. Bahkan, pada tingkat keparahan atau kedalaman tertentu usaha-usaha dengan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng pada wajah karena jerawat tidak mungkin dilakukan lagi[1]. Solusinya, tentu kamu membutuhkan teknologi laser dan terapi yang tentunya tidak murah dan dapat menguras uang sakumu. Apalagi, jika JerawatHaters merupakan remaja yang masih menggantungkan diri pada sokongan orang tua.

Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Meninggalkan Bekas

Untuk itulah, berikut ini beberapa tindakan yang tepat sebagai pertolongan pertama pada jerawat untuk mencegah agar jerawat tidak berbekas atau meninggalkan bopeng yang merusak penampilan kulit wajahmu. Beberapa tindakan berikut dapat menjadi solusi cerdas, namun untuk melakukannya membutuhka sedikit kesabaran dan ketelatenan.

1. Gunakan Obat Jerawat!


Pertolongan pertama pada jerawat ialah dengan sesegera mungkin mengaplikasikan obat jerawat. Ketika JerawatHaters melihat tanda-tanda jerawat yang mulai muncul di permukaan kulit wajah, misalnya wajah terasa sakit jika dipegang, ada benjolan kecil mungil biang jerawat, komedo di bawah permukaan kulit wajah yang sulit untuk di keluarkan, maka jangan tunda untuk mengaplikasikan obat jerawat pada kulit wajah JerawatHaters. (Belum punya obat jerawat? Baca: tips memilih obat jerawat) Faktanya, penanganan secepat mungkin terhadap jerawat yang baru muncul lebih efektif dibandingkan jika jerawat telah meradang dan bernanah[2]. Hal ini disebabkan karena potensi untuk wajah berlubang karena jerawat juga akan semakin besar. Selain dengan menggunakan obat jerawat yang di jual di apotek atau klinik kecantikan, kamu juga bisa menggunakan obat jerawat alami dan masker alami penghilang jerawat untuk merawat jerawatmu.

2. Stop Sentuh Jerawat Kamu!


Melihat seberapa besar pertumbuhan jerawat yang ada pada wajah memang sangat penting guna menentukan tidakan selanjutnya yang harus kamu lakukan pada jerawat agar tidak bertambah parah. Namun, jangan sekali-kali melakukannya dengan menyentuh jerawat kamu. Kecenderungan untuk memegang jerawat adalah suatu hal yang wajar karena ketika kamu menyadari jerawat baru muncul, perasaan khawatir akan mendorongmu untuk terus memegang dan memeriksa jerawat kamu. Namun, sebaiknya JerawatHaters menahan keinginan itu, karena memencet jerawat secara terus-menerus hanya akan membuat jerawat semakin bengkak, bahkan meradang karena jari-jemari merupakan sarang bakteri (Tips: gunakan toner alami dengan pH rendah ini untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat membandel).

3. Sentuh Aja Nggak Boleh, Apalagi Dipencet!


Banyak orang mengira bahwa memencet jerawat adalah solusi terbaik untuk menghilangkan jerawat secara cepat. Namun kulit cantik tanpa bekas jerawat dan lubang karena jerawat, biarkanlah jerawat kempes dan mengering dengan sendirinya atau gunakanlah Obat Jerawat rekomendasi para dokter yang dijual di apotek, bukan di toko abal-abal atau online shop yang belum jelas kandungannya. Memencet jerawat hanya akan memperparah kondisi jerawat dan mengakibatkan bakteri masuk ke dalam lapisan dermis kulit, sehingga jerawat justru akan sangat betah hinggap pada wajah kamu. Pada prosesnya, hal ini tentu meningkatkan potensi jerawat untuk meninggalkan bekas luka berupa lubang pada wajah atau bopeng yang sangat mengganggu.

4. No Sentuh, No Pencet, No Facial!


Jika jerawat masih nongol di kulit wajah JerawatHaters, sementara waktu tahan sebentar untuk tidak melakukan facial. Salah satu terapi dalam facial ialah dengan memencet-mencet jerawat yang ada pada kulit wajah JerawatHaters. Padahal, facial dan 3 Cara Lain yang Sering Digunakan Orang Untuk Menghilangkan Jerawat akan memperparah kondisi jerawat dan menghilangkan bekas pada wajah baik berupa noda-noda hitam sampai dengan bopeng dan lubang pada wajah karena jerawat.

lalu bagaimana dengan ekstraktor komedo?

Komedo eksraktor hanya untuk komedo, jangan pernah sekalipun menggunakan ekstraktor komedo untuk mencongkel jerawat yang meradang. Bakteri justru akan masuk ke dermis dan meningkatkan resiko bopeng-bopeng bekas jerawat[3]. Selain itu, penggunaan komedo ekstraktor juga harus dilakukan dengan cara yang benar agar pori justru tidak membesar dan menyebabkan lebih banyak komedo.

5. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari


Sinar matahari memiliki peranan penting terhadap bekas jerawat. Dampak buruk sinar matahari dapat menyebabkan jerawat bertambah parah, meninggalkan bekas[4], dan mempercepat proses penuaan pada wajah kita. Oleh karena itu tidak heran jika nantinya bekas jerawat berubah menjadi flek hitam akibat hyperpigmentasi dan sangat sulit untuk dihilangkan. Kurangnya pengetahuan akan hal ini dapat membuat flek hitam bekas jerawat semakin banyak bermunculan pada wajahmu. Oleh karena itu, selalu gunakan topi atau payung setiap kali pergi beraktivitas ke luar ruangan. Aplikasikan juga lotion yang mengandung SPF, sunblock, atau suncreen untuk perlindungan maksimal.

Cara di atas sebenarnya merupakan cara yang sederhada, namun sangat sulit untuk di lakukan. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian dan pembiasaan. Menahan untuk tidak memencet jerawat bukanlah persoalan yang mudah, untuk itu selalu ingat bahwa hal tersebut adalah demi kebaikanmu di masa mendatang, mengingat bopeng bekas jerawat tidak bisa dihilangkan dengan cara-cara konvensional seperti menggunakan krim atau masker.

Jjika kamu ingin wajah yang tetap mulus tanpa ada lubang dan bopeng karena jerawat, pastikan kamu mengerti apa yang harus dilakukan ketika tanda-tanda jerwat mulai muncul di permukaan kulit wajahmu. Menawan adalah ketika kita tahu apa yang harus kita lakukan~

External Refference   [ + ]

1. Tanya jawab: menghilangkan bekas jerawat part I
2. Tips mencegah bekas jerawat pada wajah
3. Apa yang harus kamu ketahui sebelum memencet jerawat
4. Agar jerawat tidak berbekas begini cara merawatnya
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *