Scrub Kopi untuk Kulit Mulus Bebas Bekas Jerawat

By  |  0 Comments

Ngopi menjadi salah satu aktivitas penting dan ikonik bagi sebagian orang. Secangkir kopi dipagi atau sore hari dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih, segar, dan penuh inspirasi. Ketika kamu mengonsumsi kopi untuk mendapatkan sejuta manfaat darinya, mengapa tidak sekalian menambahkannya ke dalam perawatan kecantikan harianmu?

Ada banyak metode yang bisa kamu pilih untuk memanfaatkan atau menambahkan kopi dalam rangkaian perawatan kecantikanmu. Hal yang paling lumrah ialah dengan menggunakannya sebagai scrub wajah/tubuh ataupun sebagai masker wajah/tubuh.[1]

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara memanfaatkan kopi sebagai scrub wajah yang dapat membuat kulitmu menjadi halus dan mulus sekaligus secara perlahan menyamarkan noda dan flek hitam akibat bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

Manfaat Scrub Kopi untuk Kecantikan

Selain baik untuk dikonsumsi, kandungan kompleks yang ada pada kopi juga baik untuk kulit jika diaplikasikan secara topikal.[2] Lalu bagaimana kopi dapat memberikan manfaat bagi kulit? Salah satu metode untuk mendapatkan manfaat dari kopi adalah dengan menggunakannya sebagai scrub, metode lain adalah dengan menjadikan kopi sebagai masker wajah.

Lalu apa manfaat scrub kopi bagi kecantikan kulit?

Pada pembahasan sebelumnya, kami telah secara memberikan penjelasan komplit tentang kandungan kopi dan manfaatnya bagi kecantikan kulit (Baca selengkapnya). Manfaat tersebut antara lain sebagai bahan eksfoliasi alami, menghaluskan kulit, mencegah jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menyegarkan kulit, melindungi kulit, serta menurunkan resiko kanker kulit. Menggunakan scrub kopi pada beberapa bagian tubuh secara efektif dapat mengurangi gumpalan lemak ataupun selulit pada kulit seperti pantat, paha, dan selangkangan.[3] Kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan menggunakan kopi sebagai scrub.

Tiga Komponen Penting dalam Membuat Scrub Kopi

Sebelum berlanjut pada pembahasan tentang cara membuat scrub dari kopi, ada baiknya kamu mengetahui beberapa bagian atau komponen penting yang harus ada pada scrub wajah yang akan kamu buat/gunakan. Masing-masing komponen memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, dan masalah kulit yang kamu alami.

Komponen #1: Kopi

Komponen utama dalam scrub ini adalah kopi, karena kita akan memanfaatkan kandungan penting dari kopi seperti antioksidan, flavonoid, serta polifenol untuk mendapatkan kulit bersih, mulus, bebas bekas jerawat.

Komponen #2: Bahan dengan tekstur kasar

Meskipun sejak awal bubuk kopi memiliki tekstur kasar dan oleh karenanya merupakan eksfoliator alami yang baik, namun kamu membutuhkan tekstur yang lebih kasar jika berniat untuk menggunakan scrub tersebut pada bagian tubuh seperti ketiak, pantat, selangkangan, punggung dan dada. Bahan pendukung tersebut dapat berupa gula, garam, ataupun baking soda.

Komponen #3: Bahan dengan tekstur lembut/cair

Pada dasarnya kamu bisa menggunakan air mineral, namun untuk mendapatkan manfaat yang menyeluruh, penggunaan minyak esensial ataupun bahan dengan bentuk cair lainnya dianjurkan. Madu, minyak zaitun, biji anggur, kelapa, ataupun jenis minyak esensial lainnya dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulit kering. Sedangkan untuk masalah kulit berminyak, kamu bisa menggunakan yogurt. Jika kamu menginginkan hasil yang ekstra, perasan jeruk nipis juga bisa kamu pertimbangkan sebagai bahan untuk scrub penghilang bekas jerawat alamimu.

Sebagai tambahan, tea tree oil juga dapat kamu gunakan sebagai bahan pendukung untuk membuat scrub wajah dari kopi guna mengatasi tungau demodex yang disinyalir menjadi penyebab utama jerawat menahun pada beberapa orang, yang mungkin dalam hal ini juga menjadi penyebab utama jerawat membandel pada wajahmu.

Cara Membuat Scrub Kopi untuk Kulit Mulus

Jika kamu tak sabar untuk mendapatkan kulit mulus, halus, dan berseri, langkah-langkah di bawah ini adalah gambaran tentang bagaimana cara membuat scrub kopi penghilang bekas jerawat:

  1. Siapkan sebuah wadah,
  2. Masukkan satu sendok makan kopi ke dalam wadah tersebut,
  3. Masukkan juga setengah sendok bahan pendukung dalam bentuk padat-kasar,
  4. Aduk kedua bahan tersebut hingga bercampur,
  5. Tambahkan satu sendok makan bahan pendukung dalam bentuk cair,
  6. Campurkan ketiga bahan tersebut, scrub kopi buatan sendiri siap untuk digunakan.

Hal penting yang harus kamu diperhatikan dalam membuat scrub kopi untuk bekas jerawat ini adalah bagaimana kombinasi dari ketiga bahan tersebut menghasilkan tekstur scrub yang sesuai dengan kebutuhanmu. Scrub dengan tekstur yang terlalu kasar mungkin dapat membuat kulitmu iritasi, terlebih jika scrub tersebut nantinya akan digunakan pada kulit wajah yang tipis dan sensitif. Sebaliknya, scrub dengan tekstur yang terlalu halus rasa-rasanya kurang bisa memberikan hasil yang maksimal jika nantinya digunakan pada kulit tubuh atau bagian kulit dengan ketebalan ekstra seperti pantat, siku, ataupun dengkul.

Untuk itu takaran dan komposisi dari ketiga bahan tersebut sebenarnya dapat sangat bervariasi, disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, masalah, serta tujuan dari penggunaan scrub alami dari kopi. Penggunaan untuk kulit wajah ataupun untuk kulit tubuh tentu membutuhkan pembedaan tekstur.

Sedangkan dalam penggunaannya, kamu perlu mengetahui beberapa aturan penting dan cara menggunakan scrub yang benar. Pasalnya, kesalahan dalam penggunaan dan mengabaikan beberapa hal penting dalam penggunaan perawatan riskan yang satu ini dapat beresiko pada munculnya masalah minyak berlebih, over eksfoliasi, kulit sensitif, iritasi, pecahnya jerawat, serta berbagai masalah kulit lainnya.

External Refference   [ + ]

1. 7 manfaat alami dari kopi jika digunakan sebagai perawatan kecantikan, sekaligus berbagai macam kreasi produk kecantikan dari kopi
2. Ini tiga alasan mengapa kamu harus mengikutsertakan kopi ke dalam perawatan kecantikan harianmu
3. Cara membuat scrub kopi penghilang bekas jerawat dan selulit
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: