Menghilangkan Komedo dengan Komedo Ekstraktor

By  |  0 Comments

Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo pada wajah, salah satunya ialah dengan menggunakan komedo ekstraktor atau ekstraktor komedo. Namun, dalam beberapa sudut pandang cara ini harusnya hanya boleh digunakan dalam kondisi yang mendesak karena kesalahan yang terjadi pada proses ekstraksi komedo dapat memberikan dampak infeksi atau peradangan pada wajah dan berpotensi untuk meninggalkan bekas luka berupa bopeng permanen pada wajah.

Selain itu, penggunaan Komedo Ekstraktor dapat menyebabkan trauma pada kulit yang akan memicu pembesaran dan pelebaran pori-pori pada wajah[1]. Pada akhirnya, produksi minyak pada wajah justru akan semakin masif dan komedo pun justru akan bertambah banyak.

Oleh karena itu mengetahui cara menggunakan komedo ekstraktor yang benar adalah salah satu langkah yang harus kamu lakukan agar komedo dan jerawat pada kulit tidak bertambah parah dan kamu pun akhirnya bisa terbebas dari komedo[2] dengan cara yang praktis.

Persiapan Untuk Membersihkan Komedo pada Wajah


Untuk membuang komedo atau membersihkan komedo pada wajah, lakukan persiapan dengan melakukan Steam pada wajah atau pada daerah dengan komedo untuk menghangatkan kulit, membuka pori-pori, dan memperancar sirkulasi darah pada wajah. Gunakan face sauna jika kamu memilikinya, jika tidak cukup gunakan panci yang berisi air mendidih, posisikan wajah kamu tepat di atas uap air dari panci. Untuk mempertahankan uap air pada daerah sekitar wajah, letakkan handuk tepat di atas kepala kamu (yang tengah menghadap kebawah berpapasan dengan uap air dari panci yag mendidih). Diamkan sekitar 8-10 menit.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan terlalu dekat dengan uap. Sesuaikan jarak air mendidih dengan wajah kamu agar uap air tidak malah membakar kulit kamu dan memperparah kondisi jerawat dan komedo pada wajah.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Komedo Ekstraktor


Sebenarnya tahap persiapan yang telah dilakukan sebelumnya juga mempunyai fungsi untuk menghaluskan kulit dan melunakkan komedo pada wajah. Jika komedo pada wajah kamu tidak terlalu parah, gunakan handuk bersih yang berbahan katun untuk menggosok wajah kamu dengan lembut. Komedo pun akan terangkat dengan sendirinya karena mereka telah memiliki jalan untuk keluar melalui proses steam yang telah kita lakukan pada tahap persiapan pembersihan komedo.

Namun, ada kalanya komedo yang membandel tidak mau keluar dengan sendirinya. Untuk itu lakukan pijatan ekstra atau dengan menggunakan komedo ekstraktor. Caranya, pastikan terlebih dahulu komedo ekstraktor atau ekstraktor komedo dalam kondisi yang steril dengan cara mencelupkannya pada alkohol.

Selanjutnya, untuk menghilangkan komedo hitam atau Blackhead komedo, lakukan tekanan vertikal secara lembut di sekeliling komedo dengan komedo ekstraktor. Pastikan komedo ekstraktor tidak malah menutup pori-pori wajah yang terdapat komedo di dalamnya. Jika isinya tidak keluar, gunakan jari-jemari yang bersih untuk membantu menambahkan tekanan pada kulit di sekitar komedo dengan prosedur yang sama seperti sebelumnya. Pastikan semua isi komedo dapat dikeluarkan dari kulit wajah, hal ini penting agar komedo tidak muncul kembali dan bertambah parah di lain hari.

Sedangkan untuk cara menghilangkan komedo putih atau Whitehead komedo, kamu bisa melakukan prosedur yang sama seperti proses menghilangkan jerawat hitam blackhead yang telah dijelaskan di atas. Namun, terlebih dahulu kamu harus membuka pori-pori wajah agar komedo bisa keluar ketika ekstraktor komedo diaplikasikan. Oleh karena itu, tusuklah dengan lembut bagiant tengah komedo putih dengan jarum kecil yang telah disterilkan (dibersihkan menggunakan cairan alkohol).

Langkah Akhir Membersihkan Komedo Pada Wajah


Setelah komedo berhasil dikeluarkan seluruhnya—baik dalam kasus komedo hitam ataupun komedo putih—daerah pada wajah yang berhasil diekstrak harus dibersihkan dengan alkohol maupun cairan antiseptik lainnya. Hal ini sangat penting untuk membunuh kuman dan bakteri jahat penyebab jerawat agar di lain hari komedo tidak bertambah parah dan datang lagi di lain hari. Gunakan kapas, kain, atau handuk yang telah diolesi dengan alkohol, antiseptik, atau cairan pembersih untuk membersihkan daerah pada wajah yang telah berhasil di ekstrak.

Jika komedo telah berhasil dibersihkan dari wajah kamu, mungkin akan meninggalkan bekas seperti bolong-bolong pada wajah. Jangan khawatir karena Pori-pori yang membesar dapat dikecilkan kembali. Bilas wajah kamu dengan air dingin, atau kamu juga bisa mengkompres wajah kamu dengan air es sehingga pori-pori wajah bisa mengecil dengan sempurna[3].

Itu dia Ulasan mengenai cara menghilangkan komedo dengan Ekstraktor Komedo. Pastikan kamu melakukannya dengan benar, sehingga masalah komedo pada wajah dapat diatasi dengan solusi yang praktis. Selamat mencoba dan semoga berhasil…

External Refference   [ + ]

1. Dampak tekanan ekstrasi komedo pada wajah
2. Pengertian hingga cara mengatasi komedo di WikiPedia
3. Cara menggunakan ekstraktor komedo yang benar disertai dengan gambar
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: