Pertolongan Pertama Pada Jerawat yang Terlanjur Pecah

By  |  0 Comments

Seperti yang kita tahu, memencet jerawat bukan merupakan tindakan yang bijak. Namun, apa jadinya jika hal tersebut terjadi secara tidak sengaja? Entah itu karena jari, kacamata, atau alat make up, kamu telah memecah jerawatmu sendiri dan hal tersebut tidak dapat terulang kembali.

Namun jangan panik, ada solusi dan pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat jerawat yang terlanjut pecah atau terpencet secara tidak sengaja. Pertolongan pertama pada jerawat yang terlanjut pecah penting dilakukan untuk mencegah infeksi sehingga jerawat tidak menyebar dan bertambah parah.[1]

1# Cegah Infeksi

Ketika jerawatmu pecah, baik jerawat baru ataupun jerawat yang sudah berumur, hal yang terpenting untuk dilakukan adalah mencegah cairan atau isi jerawat menyebar ke bagian permukaan wajah lainnya dan menyebabkan infeksi pada bagian wajah lainnya.

Untuk itu, gunakan tissue atau kapas untuk menyeka nanah dan darah yang keluar dari jerawat yang pecah. Tekan dengan perlahan daerah di sekitar jerawat untuk memastikan semua isi dari jerawat telah keluar. Seka dengan tissue ataupun kapas untuk memastikan tidak ada nanah atau darah yang terceter/menyebar pada bagian lain.

2# Gunakan Toner

Jika nanah atau isi dari jerawat telah benar-benar keluar secara keseluruhan, lanjutkan dengan membersihkan jerawat yang terlanjur pecah dengan cairan pembersih seperti alkohol ataupun toner wajah untuk mencegah penyebaran bakteri dan menyebabkan jerawat menyebar ke bagian wajah lainnya.

Penting untuk dilakukan, gunakan pembersih atau toner pada bagian atau area yang dialiri oleh nanah ataupun darah yang keluar pada jerawat yang terlanjur pecah. Mengaplikasikan toner atau pembersih melebihi area tersebut justru dimungkinkan menyebarkan sisa-sisa bakteri penyebab jerawat.

3# Dingingkan Jerawat

Untuk meminimalisir inflamasi dan pembengkakan akibat memencet jerawat yang terpaksa harus dilakukan, dinginkan jerawat dengan es batu. Sensasi dingin dari es batu dapat menghambat pendarahan pada jerawat dan mencegah jerawat berubah warna menjadi kemerahan, sehingga nantinya jerawat tidak akan terlalu terlihat.

Mengaplikasikan es batu secara langsung mungkin akan terlalu dingin, untuk itu kamu bisa membalut es batu dengan tissue atau handung sebelum mulai mengaplikasikannya pada wajahmu. Jika sudah bersihkan kembali dengan pembersih atau toner untuk membunuh sisa bakteri yang mungkin keluar saat proses pendinginan.

4# Lawan Bakteri

Untuk mencegah bakteri yang masih tersisa dan bersumber dari jerawat yang telah pecah berkembang biak, menyebabkan infeksi lebih lanjut, dan menyebar ke permukaan kulit lainnya, gunakan obat jerawat yang memiliki sifat antibakteria sepertihalnya benzoyl peroxide atau neosporin.[2]

Obat jerawat lainnya mungkin memiliki sifat yang sama, namun perlu diketahui bahwasanya ada beberapa obat jerawat yang dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Untuk itu, selektiflah dalam menggunakan obat jerawat. Hentikan pemakaian obat jerawat ketika jerawat yang ada sudah menunjukkan tanda-tanda yang baik, kulit wajahmu juga membutuhkan oksigen untuk proses pemulihan.

5# Jauhkan Jari-jemarimu

Beberapa orang memiliki kebiasaan menyentuh wajah atau jerawat tanpa disadarinya. Beberapa diantaranya menunjukkan gejala dan tanda-tanda kecanduan memencet jerawat (lihat tandanya). Hal tersebut, tentu harus dihentikan mulai dari saat ini.

Seperti yang kita ketahui, tangan dan jari jemari menjadi tempat yang sangat baik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak.[3] Apalagi kamu adalah seorang yang memiliki kuku panjang. Menjauhkan jari-jemari dari wajah adalah langkah hal yang penting untuk mencegah penyebaran bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat tidak akan menyebar luas.

6# Hati-hati dengan Makeup

Jangan pernah mengaplikasikan foundation ataupun concealer pada area kulit yang mengalami luka atau memiliki jerawat yang baru saja pecah. Hal ini dikarenakan resiko bakteri masuk, berkembang biak, dan terjebak oleh makeup sehingga menimbulkan sumbatan dan peradangan hebat sangatlah tinggai.

Dalam kasus ini, jerawat yang ada justru bisa menjadi lebih parah dari sebelumnya. Apalagi, foundation dan concealer, ataupun jenis makeup lain yang kamu gunakan adalah oil-based. Jika kamu terpaksa mengaplikasikan makeup, sebaiknya gunakanlah makeup water-based.

External Refference   [ + ]

1. 5 cara untuk merawat kulitmu setelah selesai memenceti jerawat
2. Jadi, jerawatmu sudah pecah? lalu bagaimana sekarang?
3. Apa yang harus dilakukan setelah memencet jerawat
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

!

Ops!

Please, adblock close and refresh page!
error: