Perbedaan Bisul dan Jerawat

By  |  1 Comment

Baik bisul ataupun jerawat keduanya merupakan salah satu penyakit kulit yang tidak hanya sangat menyakitkan, tapi munculnya jerawat dan bisul pada tempat-tempat yang mudah terlihat secara drastis juga dapat menurunkan rasa percaya diri kita. Meskipun memiliki gejala yang hampir serupa, ternyata jerawat dan bisul merupakan dua hal yang berbeda.

Sangat penting untuk membedakan apakah peradangan yang ada pada kulitmu merupakan jerawat atau bisul. Faktanya, penyebab dari dua penyakit kulit ini bisa saja berbeda, dan oleh karena itu tindakan pencegahan dan penanganan yang diterapkan untuk mengatasi jerawat ataupun bisul pada kulit kita juga tentu akan berbeda.

Penyebab Bisul dan Jerawat

Bisul adalah peradangan yang diakibatkan oleh sekumpulan nanah yang berkumpul, terakumulasi, dan terinfeksi oleh bakteri, parasit, ataupun benda asing lainnya pada jaringan atau lapiisan kulit. Sedangkan jerawat merupakan sumbatan pada pori-pori kulit yang mengakibatkan kelenjar sebasea (kelenjar minyak) membengkak dan mengalami peradangan. Peradangan pada jerawat bisa diakibatkan karena pecahnya kantung sebasea ataupun karena campur tangan bakteri.

Bisul sebenarnya merupakan salah satu reaksi perlindungan tubuh kita terhadap masuknya benda-benda asing untuk mencegahnya menyebar dan masuk lebih jauh ke dalam tubuh kita dengan cara mengeluarkan sejenis toksin untuk membunuh sel-sel di sekitar dan mengakibatkan pemblokiran/pengurungan/sumbatan. Sedangkan jerawat merupakan dampak dari tersumbatnya pori kulit baik oleh benda asing (polusi, kotoran, dll) maupun timbunan sel kulit mati ataupun aktivitas hormonal.

Kesimpulannya bisul terjadi karena infeksi, sedangkan beberapa jerawat terjadi tanpa adanya infeksi.[1] Pada pengertian ini, antara bisul ataupun jerawat memiliki kesamaan ketika terjadi infeksi dan peradangan yang terjadi pada lapisan kulit baik yang diakibatkan oleh sumbatan serta penumpukan nanah, darah, kuman, bakteri, ataupun materi asing lainnya.

Perbedaan Jerawat dan Bisul

Bisul dapat dibedakan dengan jerawat secara jelas apabila jerawat yang muncul bukan merupakan jerawat yang meradang, bernanah, ataupun jerawat batu yang cenderung parah. Namun apabila jerawat telah tumbuh menjadi jerawat yang parah, nemimbulkan peradangan dan kemerahan, keduanya sangat sulit untuk bisa dibedakan.

Bisul selalu memiliki inti/mata yang disinyalir sebagai benda asing dan harus dikeluarkan. Sedangkan jerawat tidak selalu memiliki inti/mata karena isinya biasanya hanya berupa akumulasi minyak dengan tekstur yang lembut ataupun nanah dan darah jika jerawat tersebut merupakan jerawat yang telah meradang.[2]

Untuk itu, bisul dapat menyebar dan membesar karena aliran darah menuju area pembengkakan akan terus meningkat[3] selama benda yang disinyalir sebagai benda asing masih berada pada tempatnya dan belum dikeluarkan dari tubuh. Sedangkan jerawat akan cenderung mengempes dan mengering dengan sendirinya ketika dibiarkan.

Cara Mencegah dan Mengobati Bisul

Bisul terjadi karena masuknya benda asing ke dalam lapisan permukaan kulit, baik itu virus, bakteri, ataupun parasit. Untuk itu selalu jaga kebersihan tubuhmu, pastikan melakukan scrubbing dengan teratur agar benda-benda asing, kotoran dan bakteri yang menempel tidak mengendap dan menyebabkan infeksi sehingga mengakibatkan bisul pada kulitmu.[4]

Salah satu cara tercepat untuk menghilangkan bisul adalah dengan mengeluarkan inti atau mata bisul dari kulitmu. Namun, biasanya letaknya berada di pusat peradangan dan membutuhkan usaha yang ekstra untuk mengeluarkannya. Memecah bisul adalah hal yang biasanya dilakukan untuk mengeluarkan mata/inti bisul. Namun, usaha untuk mengurangi pembengkakan adalah wajib kamu lakukan terlebih dahulu agar bisul tidak terus membesar dan bertambah parah.

Pastikan bahwa jarum atau benda tajam yang akan kamu gunakan untuk memecah bisul adalah benda yang cukup steril untuk mencegah adanya infeksi virus/bakteri lain yang lebih berbahaya. Selanjutnya, pencet dengan perlahan dan biarkan inti/mata bisul keluar bersamaan degan nanah dan darah.

Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Untuk mencegah jerawat ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu melawan jerawat dari dalam dan dari luar. Diet seimbang, memperbanyak serat dan mengurangi asupan makanan yang mengandung minyak serta kolesterol adalah salah satu upaya untuk menyeimbangkan aktivitas hormonal yang dalam hal ini menjadi penyebab meningkatnya produktivitas kelenjar sebasea pada kulitmu (Selengkapnya baca: Penyebab Jerawat)

Selain itu, kamu bisa melawan ataupun mencegah jerawat dari luar dengan senantiasa menjaga kesehatan kulit dan memastikan kulitmu selalu dalam keadaan terhidasi, tidak terlalu lembap ataupun kering. Untuk mengobati jerawat, kamu bisa mengoleskan obat jerawat yang tersedia dan di jual di apotek terdekat ataupun membuat obat jerawatmu sendiri dengan bahan-bahan alami seperti pepaya, lidah buaya, putih telur, kunyit, kentang, dan tomat. Selain itu, kamu juga bisa mengguakan obat oral di apotek untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi pada jerawat yang meradang.

External Refference   [ + ]

1. Kupas tuntas mengenai bisul dan jerawat
2. Kenali perbedaan jerawat dan bisul sekarang juga!
3. Perbedaan antara bisul dan jerawat
4. Catat ini perbedaan jerawat dan bisul
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. ayhu wardani

    26 Maret 2017 at 16.27

    Saya mau nanya gimna caranya menyembuhkan jerawat yg besar terus meradang, dan rasanya sakit, timbulnya di sekitar hidung . jerawat saya sering muncul ditempat itu2 aja.

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *