Perawatan Wajah untuk Kulit Berminyak

By  |  0 Comments

Secara sederhana, masalah utama yang dihadapi oleh pemilik kulit berminyak adalah pada produksi kelenjar minyak yang terlalu aktif atau berlebih pada permukaan kulit wajah. Biasanya pemilik kulit berminyak ini wajahnya terlihat mengkilap oleh minyak dan agak sulit dihilangkan meskipun beberapa kosmetik dan sabun pembersih wajah dapat membantu untuk mengurangi kelebihan minyak tersebut meskipun hal tersebut tidak akan permanen karena kulit akan mengalami kondisi berminyak lagi dalam hitungan jam.

Memiliki jenis wajah berminyak sangatlah merepotkan karena jenis kulit ini sangat berpotensi menimbulkan jerawat karena polusi akan mudah menempel pada wajah sehingga menyumbat pori-pori dan pada akhirnya akan menyebabkan munculnya Jerawat pada wajah. Selain itu, wajah harus sering dibersihkan dengan cara yang tepat agar penampilan tetap kamu oke[1]. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang beberapa tips mengatasi Wajah Berminyak dengan solusi jitu. Namun, ada fakta menari seputar kulit berminyak. Simak disini!

Sebenarnya, minyak pada wajah sangatlah bermanfaat apabila jumlahnya stabil seperti yang dimiliki oleh kulit normal. Namun jika minyak yang dikeluarkan oleh pori-pori kulit wajah berlebihan maka akan sangat merugikan, wajah akan terlihat menghilap, mengganggu penampilan, dan menyebabkan jerawat. Satu-satunya solusi untuk mengatasi kulit berminyak ialah dengan cara melakukan perawatan dengan benar terhadap kulit itu sendiri baik dari luar maupun dari dalam. Simak perawatan untuk kulit berminyak berikut ini:

Mengatasi Wajah Berminyak dari Luar


Berikut tips merawat kulit wajah berminyak yang bisa kamu praktikkan di rumah:

  • Bersihkan wajah minimal dua (2) kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah yang dikhususkan untuk kulit wajah berminyak. Biasanya tertera pada label kemasan produk pembersih wajah.
  • Namun jangan terlalu sering mencuci muka kamu, mencuci muka justru akan menghilangkan kelembaban alami wajah dan oleh karenanya membuat kelenar minyak pada wajah memproduksi minyak lebih banyak lagi untuk tetap melembabkan wajah kamu. Baca: tips membersihkan minyak pada wajah!
  • Sebaiknya dalam menggunakan pembersih, penyegar, ataupun pelembab juga harus disesuaikan dengan produk yang dikhususkan untuk Mengatasi Minyak berlebih pada wajah. Sebisa mungkin hindari susu pembersih karena justru akan membuat kulit makin berminyak.
  • Untuk kosmetik dalam bentuk cair, pilihlah produk kosmetik misalnya foundation atau BB Cream yang tertera slogan oil free, noncomedogenic, atau berbahan dasar air. Hal ini sangat membantu dalam menekan jumlah atau kadar minyak pada wajah kamu.
  • Sediakan selalu kertas minyak di tas kecil yang selalu kamu bawa untuk menghilangkan kilap pada wajah. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menjaga penampilanmu agar tetap maksimal, selain itu bila kamu menggunakan riasan wajah, kertas minyak berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada wajah sehingga kosmetik dan riasan pada wajah tidak mudah luntur.
  • Lakukanlah scrubbing maksimal tiga (3) kali dalam seminggu agar kadar minyak kamu stabil. Namun, hal ini hanya dilakukan jika kondisi wajah kamu tidak sedang berjerawat. Melakukan scrubbing dengan wajah berjerawat berpotensi membuat iritasi dan memperparah jerawat pada wajah kamu. Bila scrubbing sangat diperlukan, hindari daerah-daerah berjerawat. Gunakan scrub alami penghilang bekas jerawat disini!
  • Gunakan masker wajah alami yang terbuat dari kombinasi buah dan sayuran seperti pisang, lemon, stoberi, mentimun, alpukat, bawang, kunyit, dan madu untuk mengatasi produksi minyak berlebih dan mencegah pembentukan jerawat dan komedo[2].

Mengatasi Wajah Berminyak dari Dalam


Selain merawat wajah dari luar, cara mengatasi wajah berminyak lainnya ialah dengan menjaga kesehatan tubuh melalui olahraga, manajemen stress, dan menjaga pola makan. Daftar makanan berikut adalah daftar makanan yang baik untuk kamu para pemilik kulit wajah berminyak, dan dapat mengatasi masalah wajah berminyak[3]:

  • Buah Jeruk: buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C dan memiliki sifat detoksifikasi. Kelebihan tersebut membuat buah jeruk sangat cocok untuk membersihkan kelebihan minyak pada tubuh dan juga racun dalam kulit.
  • Buah Menimun: tahukah kamu, 95% dari mentimun atau ketimun ini adalah air. Konsumsi mentimun dapat membantu menghidrasi kulit secara alami sehingga wajah tidak perlu memproduksi minyak lagi untuk membuat kulit kita senantiasa lembab. Selain itu, kandungan air dalam mentimun juga berfungsi untuk mengeluarkan racun dan juga kelebihan minyak dalam kulit melalui urin.
  • Aneka Buah Segar: buah segar yang kaya akan kandungan air dapat membantu mengeluarkan Minyak Jenuh pada tubuh, sehingga produksi minyak pada wajah pun perlahan-lahan akan berkurang. Selain itu, buah-buahan segar yang kaya akan air dapat membantu proses detoksifikasi. Kamu bisa mengkonsumsi salad dengan berbagai jenis buah-buahan yang ada.
  • Ikan dengan Omega 3: konsumsi ikan yang kaya akan omega 3 asam lemak sangat baik untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang berminyak. Lemak dalam ikan bukanlah lemak jenuh yang akan membantu mengeluarkan racun pada tubuh melalui kulit serta memberikan kelembaban pada kulit agar kulit terlihat senantiasa segar.
  • Sayuran Hijau: merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan baik untuk tubuh. Kandungan serat yang ada pada sayuran hijau dapat menekan produksi minyak pada kulit, sehingga dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau produksi minyak pada wajah dapat diminimalisir.

Selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berbagai makanan untuk kulit berminyak diatas, kamu juga harus menghindari beberapa jenis makanan seperti dibawah ini sebagai solusi untuk merawat wajah berminyak: (Baca juga daftar makann yang harus kamu jauhi karena dapat menyebabkan jerawat)

  • Jajanan yang Digoreng: termasuk kripik, gorengan, dan berbagai jenis jajanan yang mengandung minyak jenuh dapat meningkatkan kadar minyak dalam tubuh dan oleh sebab itu minyak yang ada harus dikeluarkan melalui kulit, hal ini tentu akan membuat kulit semakin berminyak. Selain itu, jajanan gorengan yang dijual di luar tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya.
  • Daging Merah: Sama halnya dengan jajanan atau gorengan, minyak jenuh dalam daging merah dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah. Jika kamu ingin mengkonsumsi daging, sebaiknya pilih bagian yang tidak mengandung banyak lemak, atau dalam kata lain pilihlah daging dengan tekstur yang padat.
  • Susu dan olahannya: olahan dari susu mencakup mentega, keju, krim, dan lain-lain. Jika kamu memiliki jenis kulit wajah berminyak, sebaiknya kurangi konsumsi olahan susu. Jika ingin meminum yoghurt pilihlah yoghurt Rendah Lemak. (Mengkonsumsi susu dapat memperparah jerawat lho, simak tips lain agar jerawat tidak bertambah parah di sini!)
  • Gula dan Cokelat: pada umumnya hampir setiap buah-buahan mengandung gula, namun hanya berupa serat karbohidrat. Gula yang dimaksudkan adalah gula dan cokelat olahan. Mengkonsumsi minuman manis sepertihalnya teh manis yang mengandung banyak gula serta kue/cake dalam jumlah yang banyak akan memicu produksi minyak pada wajah. Apalagi, jika dicampur dengan konsumsi susu.

Nah JerawatHaters, itu tadi beberapa tips dan cara mengatasi wajah berminyak baik dengan melakukan Perawatan Wajah berminyak dari luar maupun perawatan kulit berminyak dari dalam[4]. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu kamu untuk mengatasi kulit berminyakmu. Selamat mencoba, setiap usaha membutuhkan kesabaran. Begitu juga dengan berbagai usaha untuk mengatasi wajah berminyak, butuh ketekunan dan usaha yang keras agar kulit kita terbebas dari minyak yang tak hanya mengganggu penampilan, namun juga kepercayaan diri.

External Refference   [ + ]

1. 9 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah dan tubuh
2. Resep masker alami terbaik untuk melawan jerawat dan wajah berminyak
3. Makanan untuk wajah berminyak: Apa yang harus di makan dan dihindari
4. 11 langkah untuk kulit wajah bebas minyak
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *