7 Penyebab Pembesaran Pori Wajah

By  |  0 Comments

Memiliki pori-pori wajah yang besar sangatlah merepotkan, tidak hanya dapat merusak penampilan dan kemulusan kulitmu, pori-pori yang lebar kerap memberikan ruang pada debu dan kotoran untuk hinggap dalam rongga-rongganya, bercampur dengan minyak dan menyebabkan sumbatan yang pada akhirnya berujung pada komedo, jerawat, bahkan jerawat batu atau jerawat bernanah.

Masalah pori-pori besar dan lebar tidak hanya dikeluhkan oleh satu-dua orang saja, atau dari satu jenis kulit saja. Umumnya, mereka datang dari kondisi dan keluhan yang berbeda beda. Beberapa dari mereka, telah memiliki pori-pori yang lebar semenjak lahir, beberapa dari mereka baru merasakan pembesaran pori wajah pada waktu-waktu tertentu. Bahkan sangat memungkinkan bagi mereka yang memiliki pori-pori wajah yang kecil tetap melakukan perawatan untuk menjaga agar pori wajah mereka tetap kecil.

Artikel berikut ini membahas secara rinci beberapa alasan mengapa orang-orang di atas memutuskan untuk mengunjungi klinik kecantikan. Dalam beberapa paragraf berikutnya kamu akan disuguhkan dengan berbagai fakta tentang penyebab pembesaran pori-pori wajah. Ini dia 7 penyebab pori wajah yang besar dan lebar.

1. Genetik

Jika salah satu atau kedua orang tuamu memiliki pori wajah yang lebar, kemungkinan besar kamu juga akan memiliki pori wajah yang lebar.[1] Hal ini umum terjadi karena bentuk dan ciri seseorang diturunkan melalui catatan gen, yang akan diturunkan dari generasi ke-generasi. Namun bukan berarti kamu dan anak-anakmu tidak memiliki harapan untuk mendapatkan tampilan yang sempurna. Perawatan harian rutin mungkin dibutuhkan, selain itu cobalah mencari pasangan yang memiliki pori wajah yang kecil. Itu cukup efektif untuk memperbaiki keturunan. 🙂

2. Penuaan

Seiring berjalannya waktu kadar kolagen pada kulit kita akan menurun, bersamaan dengan elastisitas dan fleksibilitas pada kulit wajah yang berkurang secara drastis. Akibatnya, pori wajah akan terlihat lebih besar karena otot-otot super kecil yang mengontrol pembesaran dan pengecilan pori wajah tidak mampu menjaga bentuk pori untuk mengecil seperti sedia kala.[2] Sedangkan, pelebaran pada pori secara rutin terus terjadi seiring berjalannya waktu dan atau oleh dampak buruk lingkungan berbagai faktor lainnya. Lihat cara mencegah penuaan paling ampuh di sini!.

3. Hormon

Pria memiliki aktivitas hormonal yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Itu sebabnya kebanyakan pori pada pria akan lebih besar daripada wanita. Namun dalam beberapa kondisi, wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormonal juga akan mendapati pori-pori wajah mereka membesar secara dramatis. Pori tersebut akan membesar pada waktu-waktu tertentu pada wanita seperti saat sedang dalam siklus menstruasi, kehamilan, dan menyusui. Aktivitas hormonal juga kerap diasosiasikan dengan kondisi mental dan emosi. Jadi, usahakan untuk selalu menghadapi masalah dengan kepala dingin.

4. Produksi Minyak Berlebih

Masing-masing dari organ kita memiliki semacam sinyal yang dapat memberikan instruksi pada organ lainnya. ketika kelenjar sebasea memproduksi minyak secara berlebihan untuk menghidrasi kulitmu, maka secara alamiah pori akan melebar untuk memberikan jalan bagi minyak untuk keluar dan menyebar ke seluruh permukaan kulit. Sayangnya, hal tersebut secara bersamaan memberikan kesempatan bagi debu, kotoran bahkan kuman dan bakteri penyebab jerawat untuk masuk, menempel, bersarang dan menyebabkan sumbatan.[3] Menyulitkan pori untuk kembali ke bentuk asalnya, sehingga pori wajah terlihat lebih besar/lebar.

5. Sumbatan pada Pori

Pori yang tersumbat oleh kotoran, minyak, sel kulit mati, dalam jangka yang lama dapat membuat pori membesar. Sumbatan entah dalam bentuk jerawat ataupun komedo pada pori wajah dalam waktu yang lama dapat membuat pori perlahan-lahan menyesuaikan dan membiasakan bentuknya berdasarkan besaran sumbatan tersebut,  membuat pori wajah kesulitan untuk kembali ke bentuk asalnya saat sumbatan tersebut telah berhasil disingkirkan.[4] Bahkan ketika peradangan terjadi, kebanyakan pori akan enggan kembali ke bentuk asalnya karena dampak trauma atas sobekan pada jaringannya. Hasilnya, pori wajah bekas jerawat akan terlihat lebih besar dan lebih sulit kembali mengecil, memungkinkan untuk terjadi sumbatan yang sama untuk yang kedua kalinya.

6. Produk Kecantikan

Penggunaan produk kecantikan yang salah dapat menyebabkan reaksi penolakan dalam bentuk pelebaran pori wajah hingga reaksi alergi. Kesalahan tersebut dapat terletak pada kandungan dan jenis bahan yang digunakan dalam kosmetik, hingga kondisi kosmetik yang tidak lagi baik atau telah kadaluarsa. Selain itu, menutup kulit dengan kosmetik terlalu lama akan membuatnya kesulitan untuk bernapas, pelebaran pori pun tak bisa dihindarkan. Pastikan kamu telah menggunakan produk kecantikan yang cocok dan sesuai untuk jenis kulitmu. Rutinlah untuk memeiksa tanggal kadaluarsa pada label kosmetik yang ada di meja riasmu secara rutin. Selalu bersihkan wajahmu dari berbagai jenis kosmetik pada malam hari sebelum tidur.

7. Radikal Bebas dan Sinar Matahari

Radikal bebas dan paparan sinar matahari dapat merusak kulitmu. Secara perlahan, organ yang membungkus seluruh tubuhmu ini akan mengalami penurunan fungsi. Baik fungsi elastisitas ataupun regenerasi. Akibatnya, pori tidak akan kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama untuk kembali pada ukurannya yang sebenarnya.[5] Pada kasus yang ekstrim, pori tak akan memiliki kemampuan lagi untuk kembali pada bentuk semulanya. Parahnya, dampak sinar matahari tak hanya sampai di sana. Paparan sinar matahari dapat merangsang produksi minyak berlebih, membuat pori meregangkan diri sebagai jalan keluar bagi minyak, sekaligus memberikan kesempatan yang besar bagi debu, kotoran, bahkan kuman dan bakteri untuk mengadakan sumbatan. Membuat wajahmu menjadi sangat mengerikan dan tak sedap untuk dipandang dengan bintik-bintik hitam, komedo, dan jerawat yang nantinya akan berbondong-bondong datang.

External Refference   [ + ]

1. Apa yang menyebabkan pori-pori wajah besar?
2. Penyebab pori-pori lebar: sebuah fakta untuk mengecilkan pori wajah dalam kumpulan fakta tentang penuaan.
3. Kondisi kulit: masalah pori-pori besar dan lebar
4. Penyebab pelebaran pori wajah, cara untuk mengecilkan pori wajah, dan perawatan yang tepat untuk mengatasi pembesaran pori wajah.
5. Sinar matahari, pori, dan penuaan: satu alasan kenapa kamu harus memakai produk sunscreen/sunblock setiap hari.
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *