Penyebab Komedo dan Cara Mengatasinya

By  |  0 Comments

Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan jerawat pada wajah, komedo pada wajah merupakan salah satu masalah kulit yang kerap dialami dan dieluhkan oleh remaja. Terutama kamu JerawatHaters yang selalu dituntut untuk menampilkan performa yang maksimal dalam setiap kesempatan. (Baca: agar jerawat tidak bertambah parah)

Namun, yang membedakan komedo dengan Jerawat adalah komedo hadir pada wajah dengan level gangguan yang lebih rendah. Artinya, komedo suatu saat dapat menjadi penyebab utama jerawat jika masalah komedo pada wajah tidak segera diatasi.

Gejala komedo sangat mudah terlihat, yaitu kemunculan benjolan yang sangat kecil,terutama pada kulit wajah. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk[1].

Kebanyakan orang mengira bahwa titik-titik hitam yang ada pada kulit wajah adalah kotoran yang hinggap di pori-pori wajah dan menyumbat aliran keringat. Namun sebenarnya itu adalah penyumbat pori yang berasal dari keringat dan sel kulit mati yang berubah warnanya menjadi kehitam-hitaman di bagian luar karena teroksidasi dan masih berwarna putih kekuning-kuningan di bagian dalam (seperti kacang). Itulah sebabnya warna hitam hanya ada pada bagian luar dan bagian dalam dari komedo tetap berwarna kuning pucat mentega. Lalu apa penyebabnya?

Penyebab Komedo dan Cara Mengatasinya

Secara sederhana, komedo merupakan bentuk pemadatan dan pengelumpukan sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak berlebihan pada kulit. Komedo tidak hanya terjadi dan muncul di permukaan kulit wajah saja, namun juga komedo di punggung, di pantat, bahkan di ketiak. Berikut penyebab komedo dan cara mengatasinya dengan tips sederhana:

1. Faktor Kebersihan


Kebersihan wajah menjadi faktor utama pembentukan komedo pada wajah. Kondisi wajah yang kurang bersih dapat menjadi sarang yang baik untuk kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, wajah yang jarang dibersihkan dapat membuat sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan penyumbatan pada pori wajah. Untuk mengatasi hal tersebut, bersihkan wajahmu minimal 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari dengan menggunakan pembersih pH Balance. Membersihkan wajah secara rutin dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati secara bertahap. Selain itu, lakukan eksfoliasi secara rutin agar sel kulit mati dan sisa kotoran yang tidak bisa hilang dengan pembersih wajah biasa dapat terlepas dari wajah. Gunakan scub alami penghilang bekas jerawat yang satu ini.

2. Perubahan Hormon


Perubahan hormon pada tubuh juga dapat memicu produksi minyak berlebih. Hal ini terjadi terutama pada saat remaja, menstruasi, dan hamil. Oleh karena itu, tidak heran remaja, wanita yang sedang menstruasi dan ibu hamil kadang memiliki masalah jerawat dan komedo yang datang dengan tiba-tiba. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat dan vitamin yang mampu membantu gejolak hormon pada tubuhmu.

3. Faktor Makanan dan Minuman


Terkadang wajahmu mencerminkan apa yang telah kamu makan. Memakan makanan yang salah dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Oleh karena itu kurangi makan dan minuman yang mengandung banyak kalori, karbohidrat, lemak, dan makanan pedas[2]. Sebaliknya, beralihlah pada kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi, jangan lupa juga konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan antioksidan[3]. Untuk membersihkan racun dan kotoran dalam darah kita, cukupilah kebutuhan air mineral pada tubu sebanyak 8 gelas per hari.

4. Bedak dan Kosmetik Sejenis


Bedak maupun jenis kosmetik sejenis sepert foundation, BBCram, concealer, dan produk kecantikan untuk wajah yang kamu pakai juga dapat menyebabkan pembentukan komedo pada wajahmu. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, hindari penggunaan bedak atau foundation dengan tekstur padat, jika tidak memungkinkan sebisa mungkin gunakan produk kosmetik dengan label oil free dan noncomedogenic. Hal ini penting untuk menghindari penyumbatan pori-pori oleh kosmetik yang tertinggal pada wajah. Selain itu, selalu pastikan kamu tidak menggunakan kosmetik yang telah kadaluarsa dan jangan pernah tidur dengan kosmetik atau sisa kosmetik pada wajah.

5. Konsumsi Obat-obatan


Konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan komedo, sepertihalnya steroid, lithium, atau pil KB[4].

Mengatasi komedo pada wajah bisa menjadi hal yang sangat mudah ketika kita benar-benar memahami dari mana komedo tersebut berasal. Oleh karena itu, identifikasi penyebab komedo menjadi proses yang sangat penting untuk menghilangkan komedo pada wajah. Bagaiana? apakah kamu sudah mengetahui penyebab komedo pada wajahmu? atasi komedomu sekarang juga dengan berbagai rangkaian tips menghilangkan komedo di atas!

Selamat mencoba dan semoga berhasil! pastikan tidak ada tempat untuk komedo untuk hari ini, nanti, dan di masa mendatang.

External Refference   [ + ]

1, 4. Serba-serbi tentang komedo pada wajah
2. 7 makanan yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat pada wajah
3. Vitamin dan antioksidan bantu atasi komedo dari dalam maupun dari luar
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: