Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

By  |  0 Comments

Jerawat merupakan salah satu masalah yang amat sangat menjengkelkan. Apalagi, ketika kita dituntut harus tampil maksimal, jerawat menjadi penghambat dan dapat menurunkan rasa percaya diri kita. Salah satu metode untuk mengatasi jerawat ialah dengan cara mencegah jerawat itu sendiri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui penyebab jerawat secara menyeluruh untuk bisa mengatasi jerawat pada wajah kamu.

Sebenarnya banyak sekali faktor Penyebab Jerawat, namun untuk memudahkan kita dalam mengenali penyebab jerawat dan cara mengatasinya maka kita akan mengelompokkan penyebab jerawat berdasarkan pada sumber dan sifatnya.

Sumber dan Penyebab jerawat

Penyebab Jerawat Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, penyebab jerawat dapat dibagi menjadi faktor eksternal dan internal. Pertama, faktor eksternal penyebab jerawat meliputi berbagai kondisi atau fenomena yang terjadi di luar tubuh yang bersentuhan atau berinteraksi dengan kulit wajah sehingga dapat menyebabkan jerawat. Sepertihalnya polusi, asap rokok, radikal bebas, bakteri yang berasal dari kelalaian untuk menjaga kebersihan dan mengganti sarung bantal secara rutin, reaksi negatif terhadap produk rambut dan kosmetik, penggunaan bahan pakaian yang tidak tepat, dan lain-lain. Untuk itu, berikut tips mengatasi jerawat yang disebabkan oleh faktor eksternal:

  • Rutin membersihkan wajah 2 kali sehari, pada pagi hari sebelum mulai beraktivitas dan pada malam hari setelah beraktivitas. Hal ini sangat penting, pada pagi hari racun dikeluarkan melalui pori-pori kulit, dan pada malam hari berfungsi untuk membersihkan wajah dari minyak, debu, dan kotoran yang disebabkan oleh polusi dan pencemaran udara.
  • Sesekali tak ada salahnya melakukan scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak menutup pori-pori dan kelenjar minyak yang kemudian menyebabkan jerawat. Gunakan scrub alami buatan sendiri!
  • Rutin membersihkan dan mengganti sarung bantal minimal 2 minggu sekali. Sarung merupakan salah satu benda yang mempunyai intensitas yang tinggi dalam hal interaksi dengan kulit wajah, oleh karena itu kebersihannya pun harus tetap dijaga dengan baik.
  • Tidak menyentuh permukaan kulit wajah dengan tangan. Pasalnya, tangan atau jari-jemari adalah bagian tubuh yang paling sering berinteraksi dengan benda-benda bebas di sekitar kita yang kurang higienis. Oleh karena itu bisa dipastikan jari-jemari kita adalah sarang yang sangat baik bagi Bakteri Penyebab Jerawat.
  • Untuk mengatasi jerawat di punggung dan di dada, hindarilah menggunakan pakaian dengan jenis kain seperti lycra dan polyester yang memiliki serat padat yang bisa menjebak sel kulit mati, minyak, dan keringat sehingga dapat memicu jerawat di punggung[1].
  • Selain itu sering memakai pakaian yang terlalu ketat juga bisa membuat Anda lebih mudah berjerawat. Pasalnya tubuh kehilangan jutaan sel kulit setiap 40 menit. Dan pakaian yang terlalu ketat akan membuat sel kulit mati tersebut terperangkap di permukaan kulit.

Penyebab Jerawat Dari dalam TubuhJerawatHaters, penyebab Kedua yaitu bersumber dari faktor internal. Faktor internal penyebab jerawat meliputi berbagai kegiatan dan aktivitas organisme tubuh yang terlepas dari kondisi di luar tubuh manusia. Sepertihalnya kurang tidur, kurangnya asupan zinc pada tubuh, manajemen stress yang buruk, konsumsi nutrisi yang tidak seimbang, serta berbagai masalah yang muncul karena sistem organisme lainnya yang juga bermasalah sepertihalnya pada hati, ginjal, jantung, dan aktivitas hormonal. Oleh karena itu, Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk mengatasi jerawat yang berasal dari faktor internal tubuh JerawatHaters:

  • Manajemen stress yang baik dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah. Usahakan jangan terlalu sering menunda pekerjaan karena umumnya stress ditimbulkan karena pekerjaan yang menumpuk akibat kelalaian kita menunda pekerjaan.
  • Tidur cukup dan berkualitas berperan dalam mencegah stres dan kulit kering[2]. Saat tidur di malam hari adalah waktu ketika kulit beregenerasi secara maksimal. Oleh karena itu, usahakan jangan tidur terlalu malam jika kamu akan menghadapi hari yang berat di esok harinya.
  • Mulailah untuk diet dengan mengurangi konsumsi makanan olahan siap saji atau junk food, selain itu kamu juga perlu mengurangi asupan karbohidrat dan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gula, produk olahan susu, dan daging merah. Sebaliknya perbanyak sayur dan buah-buahan, juga air mineral yang khasiatnya telah terbukti untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.
  • Selalu jaga kesehatan jantung, sistem pencernaan, hati, ginjal, dan sistem pernapasan dengan menjauhi rokok, alkohol, serta rajin berolahraga ringan sepertihalnya jalan kaki minimal 30 menit sehari. Pasalnya, tubuh manusia merupakan sistem organisme yang saling terkait, oleh karena itu keberadaan jerawat juga merupakan sebuah pertanda organisme lainnya mengalami masalah. Ketahui: penyebab jerawat berdasarkan letaknya!.
  • Gunakan Masker Alami dari yoghurt, alpukat, lemon atau jeruk nipis, telur putih, dan kentang. Kreasikan masker dari bahan-bahan tersebut. Sebaliknya hindari menggunakan masker atau pembersih yang berbahan dasar susu untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Penyebab Jerawat Berdasarkan Sifatnya

Setelah mengetahui penyebab jerawat berdasarkan sumbernya, kini saatnya kamu JerawatHaters tahu penyebab jerawat berdasarkan sifatnya yang kemudian dibagi menjadi dua, yaitu Genetik dan non-genetik. Pertama, yaitu penyebab jerawat yang bersifat genetik mencakup berbagai faktor yang terkait dengan gen yang diturunkan[3]. Artinya, penyebab jerawat secara genetik berasal dari keturunan, jika orang tua kamu memiliki kulit berminyak yang cenderung mudah berjerawat, besar kemungkinan JerawatHaters juga akan mengalami masalah yang serupa.

Cara mengatasi jerawat yang disebabkan oleh faktor genetik adalah dengan banyak mengkonsumsi zinc dan minyak ikan yang mengandung omega 3. Selain itu konsumsi buah, sayur, dan diet yang benar akan meminimalisir dampak jerawat pada jenis kulit yang berminyak[4]. Namun tidak berarti minyak pada wajah akan hilang untuk selamanya karena pada dasarnya kulit kita juga membutuhkan minyak untuk melembabkan permukaan kulit wajah. Hanya saja, dengan berbagai usaha diatas kuantitas minyak pada wajah dapat dikontrol sehingga tidak terjadi minyak berlebih dan pada akhirnya menyebabkan jerawat membandel.

Kedua, yaitu penyebab jerawat yang bersifat non-genetik. Artinya, jerawat muncul bukan karena faktor keturunan namun lebih disebabkan pada cara hidup yang salah. Sepertihalnya sikap acuh terhadap kebersihan lingkungan, pola makan dan jenis makanan yang tidak baik dan dapat memicu jerawat, serta berbagai tindakan dan perbuatan yang berpotensi untuk menyebabkan jerawat dan menstruasi. Oleh karena itu cara mengatasi jerawat dengan mengacu pada berbagai tips yang telah disebutkan pada sub-bab penyebab jerawat berdasarkan sumbernya.

Itu dia artikel tentang berbagai penyebab jerawat. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi JerawatHaters agar kesadaran akan kebersihan dan tubuh yang sehat menjadi meningkat. Oleh karena itu, sehat dan cantik tak hanya dilihat dari keberadaan jerawat di wajah, namun juga bagaimana seluruh tubuh menjadi sehat dan terjaga dari berbagai mancam penyakit. Selamat mencoba! Say no to Acne!

External Refference   [ + ]

1. Pakaian terbaik untuk mencegah jerawat pada tubuh
2. 7 kebiasaan dan gaya hidup yang bantu atasi jerawat membandel
3. Pengaruh gen terhadap jerawat pada wajah dan cara mengurangi dampaknya
4. 5 cara menghilangkan jerawat dari dalam dengan makanan sehat
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *