Mitos atau Fakta: Onani/Masturbasi Penyebab Jerawat

By  |  0 Comments

Selama ini berkembang beberapa teori yang mengungkapkan keterkaitan erat antara aktivitas seksual yang kerap diidentikkan dengan aktivitas seksual pria dengan masalah jerawat pada wajah. Well, ada juga teori yang mengungkapkan sebaliknya, Onani/Masturbasi sama sekali tidak ada kaitannya dengan keberadaan jerawat membandel pada wajah kita.

Terlepas dari berbagai teori pro-kontra teori seperti yang akan dijabarkan di bawah ini, onani/masturbasi merupakan sebuah aktivitas atau tindakan yang kurang bisa dibenarkan dengan alasan apapun.

Teori yang Mendukung Onani/Masturbasi sebagai Penyebab Jerawat


Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat seorang pria berejakulasi ditemukan bahwa banyak gizi yang hilang beserta keluarnya sperma dari dalam tubuh. Kandungan kaya gizi yang dibawa oleh jutaan sperma sebagai bekal perjalanannya untuk mencapai ‘sarangnya’ antara lain vitamin B6, B12, E, Kalsium, Magnesium, Selenium, dan Zinc[1]

Berbagai nutrisi penting, vitamin E dan Zinc khususnya merupakan kandungan dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan defisiensi yang memiliki jaringan terkuat terhadap jerawat. Oleh karena itu, semakin sering seorang pria berejakulasi maka berbagai nutrisi baik akan dialokasikan untuk memenuhi produksi sperma pada pria. Dan oleh karena itu, kulit wajah menjadi rentan terhadap jerawat terutama bakteri jahat Penyebab Jerawat.

Tak hanya akan kehilangan banyak nutrisi, sering melakukan onani/masturbasi juga dapat membuat kamu kehilangan banyak tenaga dan membuat kulit wajah terutama lingkar mata terlihat lebih kusam dan hitam (kelelahan). Oleh karena itu, tanda-tanda penuaan akan lebih cepat terlihat (penuaan dini).

Teori yang Menolak Onani/Masturbasi sebagai Penyebab Jerawat


Meskipun hormon seks testosterone merupakan hormon yang bertanggung jawab terhadap reaksi akhir pembentukan jerawat, namun beberapa ahli menyebutkan aktivitas seksual tidak memberikan kontribusi apapun terhadap jerawat membandel pada wajah[2].

Seperti dilansir about.com, mitos tentang masturbasi penyebab jerawat muncul pertama kali ketika masyarakat berasumsi bahwa jerawat mulai tumbuh di saat-saat pubertas yang dialami oleh remaja, pada saat itu pula kehidupan seksual dan emosi pada remaja mulai muncul.

Selain itu, kegiatan onani atau masturbasi yang kurang higienis dapat menyebabkan bintil-bintil kecil seperti jerawat, khususnya di sekitar batas antara kepala dan batang Mr. P. Bintil atau jerawat yang sifatnya hanya sementara ini merupakan lymphocele yang membengkak karena terjadi penyumbatan kanal limfatik[3].

Namun, meskipun keduanya muncul secara bersamaan, penyebab jerawat dalam kasus ini adalah sepenuhnya karena Hormon dan kehidupan seks dengan jerawat tidak saling berpengaruh. Jerawat berkembang karena adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh selama masa pubertas. Sebagian besar remaja mengalami jerawat bahkan beberapa orang dewasa juga masih berjerawat.

Bagaimanapun juga, onani/masturbasi Penyebab Jerawat bisa menjadi fakta dalam konteks hubungan yang tidak langsung. Ketika aktivitas masturbasi dilakukan secara berlebihan tanpa diimbangu dengan asupan zinc dan nutrisi penting lainnya, maka onani/masturbasi dapat menyebabkan jerawat pada pria. Sebaliknya, hal ini bisa menjadi mitos ketika aktivitas onani/masturbasi dilakukan secara sewajarnya, juga hubungan yang ada antara keduanya didefinisikan dalam konteks keterkaitan yang terbatas[4].

Terlepas dari berbagai teori pro-kontra terhadap hubungan antara aktivitas seksual dengan jerawat membandel pada wajah, onani/masturbasi merupakan sebuah aktivitas atau tindakan yang kurang bisa dibenarkan dengan alasan apapun. Sebaiknya, alihkan aktivitas tersebut dengan berbagai kegiatan positif terutama terkait dengan berbagai usaha untuk menghilangkan jerawat pada wajah kamu. Selamat mencoba untuk kulit sehat bebas jerawat!

External Refference   [ + ]

1. Kekuaranga Zinc pada tubuh dapat sebabkan jerawat
2. Apakah masturbasi dapat sebabkan jerawat pada pria?
3. Artikel kesehatan tentang jerawat di kemaluan pria
4. Penelitian: hubungan antara masturbasi dengan jerawat pada pria dan wanita
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: