5 Mineral Terbaik untuk Atasi Masalah Jerawat

By  |  0 Comments

Selain vitamin, kandungan penting yang terdapat dalam obat jerawat baik topikal maupun oral yang berperan penting untuk melawan pembentukan jerawat dan meredakan inflamasi baik dari luar maupun dari dalam adalah mineral.

Setelah sebelumnya membahas 5 vitamin terbaik untuk melawan masalah jerawat, kali ini kita akan membahas beberapa mineral penting untuk mendapatkan kulit yang sempurna.

Pembahasan terkait 5 mineral terbaik untuk mengatasi masalah jerawat sangatlah penting. Dengan mengetahui jenis mineral apa saja yang bermanfaat untuk kulit dan masalah jerawatmu, kamu bisa memilah, memasukkan, atau bahkan membuang beberapa jenis makanan dan minuman dari daftar diet ataupun perawatan wajah harianmu.

1. Selenium

Selenium, bersama dengan vitamin E berfungsi untuk mendukung fungsi tiroid untuk meningkatkan sistem imun, mencegah dan mengurangi gejala inflamasi pada tubuh.[1] Ketika seseorang kekurangan selenium, maka imun tubuh dan ketahanan terhadap inflamasi akan menurun, membuat jerawat yang ada pada wajah tak kunjung sembuh, bahkan dapat bertambah banyak lantaran sistem pertahanan tubuh yang tak lagi cukup mumpuni untuk melawan pembengkan yang disebabkan oleh serangan bakteri penyebab jerawat.

Secara umum selenium dapat tercukupi ketika kita mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang kompleks. Namun beberapa kebiasaan dan kondisi khusus sepertihalnya kebiasaan merokok serta ketika mengonsumsi beberapa obat-obatan seperti kontrasepsi oral dapat memicu kekurangan selenium pada tubuh.

2. Sulfur

Tidak banyak diketahui, sulfur sebenarnya merupakan mineral terbanyak ketiga pada tubuh manusia. Hadir di setiap sel, dengan komposisi terbesar pada rambut, kulit dan kuku. Namun sepertihalnya zinc, banyak orang cenderung menyepelekan mineral ini dan mengonsumsi makanan dengan kandungan sulfur yang rendah, menjadi awal dari kemunculan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Normalnya, sulfur direkomendasikan untuk mengatasi masalah jerawat beserta gejala kulit lainnya dengan metode topikal. Penggunaan sulfur secara topikal dari oleh masyarakat Romawi digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, bintik kemerahan, mengurangi inflamasi, hingga mencegah penuaan. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa pemanfaatan sulfur dengan metode oral juga memberikan dampak yang tak kalah ajaib. Bukan berarti kamu bisa memakan sulfur secara langsung, kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari sulfur yang terkandung dalam sayur dan makanan seperti bawang putih, bawang merah, asparagus, kale, serta fermentasi dari sayur silangan.[2]

3. Zinc

Mineral dalam bentuk zinc dapat mengoptimalkan penyerapan vitamin A yang kurang maksimal, yang dalam hal ini masuk ke dalam kategori vitamin penting untuk mengobati jerawat dari dalam.[3] Beberapa temuan hasil studi menemukan hubungan antara kadar zinc dalam tubuh terhadap kondisi jerawat pada kulit.[4] Meskipun kamu bisa memenuhi asupan zinc melalui berbagai macam suplemen yang berada di pasaran, ada baiknya kamu mendapatkan asupan zinc dari bahan-bahan makanan segar yang bisa kamu peroleh di sekitarmu. Makanan yang dikenal dengan kandungan Zinc yang tinggi adalah tiram.

4. Omega-3

Omega-3 dan omega-6 adalah asam lemak yang mengatur tingkat peradangan pada tingkat sel. Omega-3 mengirimkan sinyal pada tubuh untuk menekan peradangan, sedangkan omega-6 menciptakan peradangan.[5] Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan omega-6 akan membuat kondisi jerawat pada wajahmu tak kunjung membaik. Peradangan kronis mengganggu jalur detoksifikasi, keseimbangan hormon, dan regenerasi sel kulit yang merupakan proses kunci untuk mendapatkan kulit bersih bebas jerawat dan bekas jerawat. Oleh karenanya, kamu membutuhkan asupan makanan yang mengandung omega-3 seperti salmon, sarden, mackerel, biji rami dan kenari.

5. Magnesium

Selain dapat mengurangi gejala inflamasi pada jerawat, magnesium dapat membantu mengurangi masalah jerawat secara signifikan dengan menstabilkan kondisi hormonal, yang merupakan penyebab utama jerawat menahun pada remaja, serta ibu hamil dan menyusui. Magnesium diserap dengan sangat baik ketika dikonsumsi bersamaan dengan vitamin C, sebaliknya magnesium akan sangat sulit diserap ketika dikonsumsi bersamaan dengan zinc. Kamu dapat memenuhi asupan magnesium dengan mengonsumsi sayuran hijau, brokoli, biji labu dan ikan.[6]

 

External Refference   [ + ]

1. Zinc dan Selenium: Suplemen terbaik untuk mengobati jerawat dari dalam
2. Ini mineral penting untukmu jika kulitmu bermasalah
3. Makanan yang bermanfaat untuk melawan jerawat dari dalam.
4. Hubungan ini ditemukan pada pria yang kerap melakukan onani/masturbasi tanpa memberikan asupan zinc tambahan, membuatnya mengalami kekurangan zinc dan lebih beresiko terserang masalah jerawat dan gejala peradangan lainnya.
5. Cara merawat jerawat dari dalam.
6. Vitamin dan mineral terbaik untuk mengatasi masalah jerawat.
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *