Menghilangkan Komedo Secara Alami

By  |  0 Comments

Ada banyak metode dan cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo, entah itu komedo blackhead maupun whitehead. Namun, dalam artikel kali ini kita akan lebih berfokus untuk membahas bagaimana cara menghilangkan komedo blackhead dengan bahan-bahan alami yang aman dan juga memiliki khasiat dan manfaat lebih untuk kecantikan wajah kamu.

Sebenarnya, untuk menghilangkan komedo Blackhead pada wajah kamu bisa menggunakan komedo ekstraktor ataupun alat penyedot komedo yang kini telah hadir dalam banyak varian. Namun, hal tersebut tidak kami sarankan karena berbagai usaha tersebut berpotensi untuk melukai wajah dan memberikan trauma pada kulit sehingga pori-pori wajah akan semakin membesar dan komedo pun justru akan tumbuh secara masif pada kulit wajah kamu.

Oleh karena itu, artikel tentang cara menghilangkan komedo secara alami ini hadir sebagai salah satu alternatif terbaik untuk menghilangkan komedo dengan aman pada wajah kamu. Secara ringkas kamu dapat menggunakan scrub alami dari biji pala, madu, tanah liat, telur, lemon dan jojoba oil, serta buah mangga.

Scrub Alami Cegah Pembentukan Komedo

Cara ini sangat ampuh untuk mencegah munculnya komedo pada wajah, juga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kulit berminyak. Aktivitas scrubbing dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah sehingga dapat meminimalisir pembentukan komedo baik whitehead maupun blackhead pada wajah. Selain itu, aktivitas Scrubbing dengan bahan alami dapat menutrisi kulit kamu dan memberikan kesegaran alami pada kulitmu. Gunakan scrub alami yang berasal dari bubuk biji pala dan campurkan dengan yoghurt (bagi kamu yang mempunyai masalah dengan kulit berminyak) atau susu (bagi kamu yang mempunyai masalah dengan kulit kering).

Agar komedo tidak muncul pada wajah, lakukan scrubbing dengan scrub alami ini minimal seminggu sekali karena siklus regenerasi kulit normal biasanya berlangsung selama kurang lebih lima (5) hari. Hindari menggunakan scrub pada wajah yang berjerawat terutama jerawat yang mengalami inflamasi[1]

Gunakan Madu Untuk Mengangkat Komedo

Madu dapat berfungsi sebagai antibakteri yang dapat membunuh kuman yang hidup pada kulit dan berperan penting dalam pembentukan komedo pada wajah. Selain itu, kandungan madu yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan dapat melembabkan kulit dan mengendalikan produksi minyak pada wajah[2]. Untuk menghilangkan komdeo dengan madu, gunakan madu sebagai masker tanpa campuran apapun. Madu yang lebih lengket akan lebih baik untuk menghilangkan komedo pada wajah, terutama komedo blackhead.

Hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker madu pada wajah ialah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori wajah kamu. Selanjutnya, aplikasikan masker madu pada seluruh permukaan wajah, diamkan 15-20 menit atau hingga kering, bilas dengan air hangat, kemudian bilas dengan air dingin atau air segar. Hal ini juga penting dilakukan untuk menutup kembali pori-pori wajah untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan agar kotoran/debu tidak mudah masuk dan menyumbat pori-pori wajah. Keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk halus wajah dengan handuk bersih.

Cara Alami Menghilangkan Komedo dengan Masker Telur

Sepertihalnya menghilangkan komedo dengan madu, kamu bisa mulai dengan membilas terlebih dahulu wajah kamu menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori pada wajah. Selanjutnya, gunakan Masker Putih Telur yang telah dikocok hingga berbusa dan berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah, tunggu sampai masker putih telur mongering dan kamu bisa membilasnya dengan dingin setelah terlebih dahulu membilasnya dengan air hangat. Keringkan wajah kamu menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk wajahmu.

Masker telur dapat mengangkat komedo pada wajah, sekaligus mengencangkan kulit wajah kamu yang mulai terlihat kendur dan keriput[3].

Cara Menghilangkan Komedo dengan Tanah Liat

Tanah liat yang dimaksud bukan tanah liat sembarangan, namun tanah liat khusus untuk kosmetik yang higienis dan tidak mengandung kuman berbahaya[4] yang justru dapat menyebabkan komedo dan jerawat pada wajah.

Untuk membuat Masker Tanah Liat anti komedo, siapkan tanah liat secukupnya dan campurkan dengan 1 sendok makan sari apel dan cuka. Selanjutnya, aduk hingga berbentuk seperti pasta. Tempelkan pada permukaan kulit, ratakan pada seluruh permukaan sambil memijit wajah kamu dengan halus. Selanjutnya diamkan masker tanah liat sampai mengeras, kurang lebih 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, pastikan tidak ada sisa tanah liat yang menempel pada wajah kamu, sekecil apapun. Kemudian lanjutkan kembali dengan membilas wajah kamu dengan menggunakan air dingin. Keringkan dengan handuk kering dengan cara menepuk-nepuknya pada wajah. Menggunakan tanah liat sangat ampuh untuk menghilangkan komedo secara alami.

Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Lemon dan Jojoba Oil

Basuh mukamu dengan menggunakan air hangat, lalu oleskan masker alami penghilang komedo yang terbuat dari campuran lemon (kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai gantinya) dan Jojoba Oil[5]. Usapkan pada permukaan wajah yang kerap ditumbuhi komedo. Jika banyak komedo pada wajah, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang bertekstur halus untuk membantu mengangkat komedo pada wajah. Gosok wajah kamu dengan sangat halus dan lembut menggunakan pasta gigi.

Ingat, kamu hanya boleh menggunakan bantuan pasta gigi jika komedo pada wajah kamu sudah sangat banyak. Hindari penggunaan pasta gigi bila terdapat jerawat yang meradang.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Buah Mangga

Tak banyak yang menyangka kalau buah yang satu ini dapat digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah, buah yang mengandung vitamin A dan C ini juga sangat ampuh untuk menunda penuaan dan pigmentasi karena mengandung banyak antioksidan[6].

Untuk membersihkan wajah dari komedo dengan menggunakan buah manga, siapkan satu sendok teh mangga yang telah dihaluskan. Campurkan dengan satu sendok teh yoghurt (untuk kulit berminyak) atau susu (untuk kulit kering) dan madu. Aduk hingga merata dan berbentuk seperti pasta. Usapkan masker mangga untuk menghilangkan komedo pada wajah dan gosok dengan lembut. Biarkan pada wajah sekitar 30 menit, kemudian bilaslah dengan air hangat, disusul dengan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk yang bersih, menghilangkan komedo secara alami dengan Masker Mangga sangat mudah bukan?

Itu tadi beberapa tips menghilangkan komedo secara alami. Bagaimana JerawatHaters? Apakah komedomu sudah berkurang? Jika belum, mungkin butuh lebih banyak waktu dan usaha untuk membasmi komedo pada wajah. Simak juga cara menghilangkan komedo putih (whitehead) pada postingan yang akan datang.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

External Refference   [ + ]

1. Bahaya scrubbing pada kulit wajah berjerawat yang mengalami inflamasi
2. Manfaat madu untuk menghilangkan jerawat dan komedo pada wajah
3. Berbagai kegunaan dan manfaat putih telur untuk kecantikan
4. Lumpur/tanah liat untuk berbagai perawatan kecantikan di WikiPedia
5. Bisakah Jojoba Oil digunakan untuk menghilangkan jerawat dan komedo?
6. 23 Manfaat buah mangga untuk kecantikan tubuh
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *