Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Lidah Buaya

By  |  0 Comments

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Baik secara instan dengan menggunakan produk kecantikan dan obat jerawat di pasaran, maupun secara alami dengan kombinasi bahan-bahan kaya serat, gizi, dan vitamin seperti sayur dan buah-buahan.

Menghilangkan jerawat secara alami memang membutuhkan kesabaran lebih dibanding menggunakan obat jerawat modern, namun itu terbayarkan mengingat penggunaan kosmetik penghilang jerawat modern mengandung berbagai resiko dan efek samping karena terbuat dari bahan-bahan kimiawi.

Akan tetapi, kali ini kita tidak akan mencoba buah maupun sayuran untuk menghilangkan jerawat. Ternyata, tumbuhan yang kerap digunakan sebagai tanaman hias ini pun dapat digunakan sebagai Obat Jerawat Alami. Meskipun lebih terkenal sebagai bahan perawatan kecantikan rambut, namun bahan yang satu ini ternyata juga baik untuk digunakan sebagai pemeran utama dalam berbagai ritual perawatan kecantikan wajah kamu, terutama untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami. Sebut saja, Lidah Buaya.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Dari zaman dahulu[1], Lidah Buaya sudah terkenal sebagai salah satu tanaman yang berfungsi sebagai obat alami untuk perawatan luka bakar beserta bekasnya[2]. Seiring dengan perkembangan zaman, manfaat dari tanaman hias yang juga dikenal dengan nama lain Aloe Vera ini pun mulai terekspose.

Daging Lidah Buaya mengandung lignin yang dapat memberikan kelembapan alami pada kulit dan mencegah resiko terjadinya alergi kulit sehingga dapat mengurangi rangsangan produksi minyak berlebih pada wajah. Tidak hanya itu, senyawa lignin yang terdapat pada lidah buaya ini akan menjaga elastisitas kulit kamu sehingga lidah buaya sangat cocok sebagai bahan untuk berbagai rangkaian perawatan anti-aging.

Getah Lidah Buaya yang mengandung saponin bermanfaat sebagai antibakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat[3]. Selain itu, getah ataupun lendir lidah buaya ini juga berfungsi sebagai astringen yang dapat menyerap timbunan lemak pada wajah sehingga dapat mencegah dan mengurangi pembentukan komedo.

Selain kandungan diatas, antioksidan, vitamin E, vitamn A, dan asam amino yang juga banyak terdapat pada lidah buaya. Sehingga, tak hanya dapat membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit pada wajah, lidah buaya juga dapat berperan aktif untuk melindungi wajah dari dampak buruk radikal bebas, polusi, dan sengatan matahari. Menutrisi kulit, menghilangkan jerawat, komedo, dan bekas jerawat[4].

Cara Membuat Masker Anti Jerawat dengan Lidah Buaya

Salah satu cara untuk mendapatkan semua manfaat lidah buaya adalah dengan menggunakan lidah buaya sebagai makanan untuk kulitmu. Dengan kata lain, kita akan mencoba membuat masker untuk menutrisi kulit dengan lidah buaya yang terbuti ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Ikuti langkah-langakah berikut ini untuk membuat Masker Lidah Buaya[5]:

  1. Ambil selembar daun lidah buaya dan cuci bersih,
  2. Kupas dan sisihkan kulit lidah buaya tanpa membuang getah atau lendirnya,
  3. Potong kecil-kecil lidah buaya dan haluskan dengan menggunakan blender ata alat lainnya tanpa membuang getah atau lendirnya,
  4. Kamu bisa mencampurkan perasan jeruk nipis untuk jenis kulit normal, madu untuk jenis kulit berminyak, mentimun untuk jenis kulit sensitif, dan shea butter atau minyak zaitun untuk jenis kulit kering,
  5. Belnder hingga halus dan berbentuk seperti pasta, selanjutnya masker wajah dari lidah buaya siap untuk digunakan.

Bahan tambahan pada Masker Lidah Buaya ini berfungsi untuk menstabilkan kondisi kulit kamu sehingga kulit tidak akan menjadi terlalu berminyak ataupun terlalu kering. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang sensitif, rebuslah terlebih dahulu lidah buaya dengan air hingga mendidih. Belum tahu jenis kulitmu?

Menghilangkan Jerawat Membandel dengan Lidah Buaya

Setelah kamu memiliki masker lidah buaya, kini saatnya mempersiapkan dirimu untuk melakukan perawatan penghilang jerawat dan bekas jerawat secara alami dengan lidah buaya. Ikuti langkah-langkah berikut agar kulitmu terbebas dari jerawat:

  1. Bersihkan wajahmu dengan air hangat. Ingat, jangan terlalu panas karena justru akan melukai kulitmu. Proses ini diperlukan untuk membukan pori-pori wajahmu sehingga kotoran akan mudah terangkat. Sesuaikan dengan kulitmu karena sensitifitas tiap orang berbeda-beda.
  2. Keringkan wajahmu menggunakan handuk yang halus dan bersih. Tepuk-tepuk wajahmu dengan handuk dan lakukan gerakan memijat halus pada wajahmu. Gerakan memijat halus pada wajah berfungsi untuk merontokkan kotoran dan komedo yang tidak bisa terangkat oleh air yang mengalir.
  3. Aplikasikan masker lidah buaya yang telah kamu buat sebelumnya dari ujung dahi hinga leher. Bubuhkan hingga merata dan tunggu 15-20 menit atau sampai masker menjadi kering. Ingat, bukan kering karena kipas atau air conditioner tapi kering karena berbagai nutrisi pada masker lidah buaya telah terserap oleh wajah.
  4. Lanjutkan dengan membersihkan wajah kamu dengan air dingin. Pastikan tidak ada sisa-sisa masker lidah buaya Penghilang Jerawat dan bekas jerawat yang tertnggal pada wajah. Penggunaan air dingin berfungsi untuk mengunci kelembapan alami yang telah diberikan lidah buaya pada wajahmu.

Setelah menggunakan masker lidah buaya, wajahmu akan menjadi bersih, kencang, lembab, dan bersinar. Masker lidah buaya akan membersihkan jerawat yang tertanam jauh di bawah permukaan kulit. Tidak heran, jerawat mungkin akan bermunculan setelah pemakaian awal masker lidah buaya ini. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut hanya akan muncul pada 3 minggu pertama setelah pemakaian. Selanjutnya, kulitmu akan menjadi halus tanpa jerawat dan bekas jerawat yang membandel. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

External Refference   [ + ]

1. Telah digunakan sebagai tanaman herbal lebih dari 200 tahun yang lalu
2. Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit
3. Kandungan dalam lidah budaya yang dapat mengatasi jerawat
4. Penelitian tentang pengaruh lidah buaya terhadap kolagen dalam proses penyembuhan tanpa meninggalkan bekas luka pada wajah
5. Masker lidah buaya untuk kulit bebas jerawat
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: