Mengatasi Jerawat yang Disebabkan Tungau Demodex

By  |  0 Comments

Menggunakan obat jerawat biasa baik secara oral ataupun topikal tidak akan memberikan kemajuan yang berarti pada kondisi wajahmu jika penyebab dari jerawat menahun yang kini bercokol adalah karena serangan tungau demodex. Parahnya lagi, penggunaan obat jerawat sepertihalnya masker dan krim malam justru dapat membuat populasi dari tungau demodex pada wajah semakin tak terkendali karena mereka memakan dan menghisap setiap vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam rangkaian skin care yang kamu miliki.

Untuk itu kamu memerlukan sebuah langkah yang benar-benar tepat dalam menangani tungau demodex. Tak sembarangan obat dan perawatan bisa kamu gunakan untuk membasmi tungau parasit penyebab jerawat yang satu ini. Salah langkah dalam perawatan dapat membuatnya semakin tak terkendali. Namun tidak usah khawatir, beberapa bahan dan resep obat mampu mengatasi jenis tungau demodex sekaligus meredakan iritasi, peradangan serta jerawat yang ditimbulkannya. Apa saja bahan tersebut?

Gejala Tungau Demodex

Sebelum mulai membahas obat jerawat dan bagaimana cara menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh infeksi tungau demodex pada wajah, ada baiknya kamu benar-benar memastikan bahwasanya penyebab dari jerawat menahun pada wajahmu adalah karena serangan tungau ini untuk yang terakhir kalinya.

Jika kamu tak memiliki kesempatan dan waktu luang untuk bertemu dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulitmu, mungkin beberapa gejala infeksi[1] tungau demodex di bawah ini dapat membantumu untuk mengenal dan mengonfirmasi apakah wajahmu kini telah menjadi sarang dari tungau yang begitu gemar tinggal di folikokel rambut dan kelenjar sebasea ini.

1. Gatal di Pagi Hari

Karena tungau demodex memiliki sensitifitas terhadap cahaya, mereka hanya beraktivitas dan berpindah ketika malam hari. Pada pagi hari, tungau demodex akan masuk kembali ke sarangnya, tempat terlindung pada folikokel rambut atau kelenjar sebasea. Perpindahan secara tiba-tiba dalam jumlah yang besar terkadang menimbulkan rasa gatal yang mungkin akan sangat mengganggu.

2. Inflamasi pada Kelopak Mata

Gejala lain yang bisa dikenali dari infeksi tungau demodex ini adalah blepharitis, kemerahan, bengkak, rasa gatal dan terbakar pada kelopak mata. Selain itu, infeksi tungau demodex juga dapat menyebabkan kelopak mata yang menebal secara perlahan-lahan.

3. Infeksi pada Mata

Kotoran dan tungau demodex sendiri menyebabkan infeksi pada mata. Beberapa infeksi yang ada berujung pada kaburnya pengelihatan. Namun kamu tak perlu khawatir, karena kondisi tersebut hanya akan berlangsung sementara. Setelah tungau demodex berhasil dikendalikan, pengelihatanmu akan kembali normal secara bertahap.

4. Rontoknya Bulu/Rambut

Terkadang tungau demodex berkembang biak dengan sangat cepat pada folikokel rambutmu. Memakan dan menggali hampir terlalu dalam, meninggalkan rambut dalam kondisi rapuh dan mudah tercerabut karena akar-akarnya tak lagi terkait pada lapisan kulit.

5. Rosacea/Jerawat

Kotoran dan sisa pembusukan dari tungau demodex dapat membuat kulitmu menjadi sangat rentan, mengalami sumbatan dan inflamasi. Banyak penelitian yang telah membuktikan hubungan kuat antara keberadaan tungau demodex dengan masalah jerawat menahun yang tak kunjung usai.[2]

Adapun jika kamu merasa ragu apakah jerawat pada wajahmu adalah karena serangan tungau demodex atau tidak, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya hampir selalu ditemukan jenis tungau ini pada wajah remaja, khususnya orang dewasa. Hingga saat ini, belum ada manfaat dan kegunaan khusus akan keberadaan tungau ini pada wajah. Sehingga memberantasnya dalam banyak hal menjadi sebuah langkah yang harus kamu lakukan sesegera mungkin.

Cara Menumpas Tungau Demodex pada Kulit

Mengingat tungau demodex ini termasuk dalam jenis hama dan parasit yang menimbulkan banyak gangguan dan masalah kesehatan pada inangnya, membasmi dan membumi hanguskan tungau ini dari wajah kita merupakan sebuah keharusan bahkan sebelum mereka menyebabkan infeksi dan dampak yang tebih serius dan terlihat. Pasalnya, tungau demodex memiliki mobilitas yang sangat tinggi, dapat berpindah dan menular baik dengan kontak fisik ataupun melalui udara.

Untuk membebaskan wajahmu dari keberadaan tungau dan parasit yang dapat menyebabkan jerawat menahun yang tak kunjung hilang ini, perawatan menyeluruh penting untuk dilakukan. Tidak hanya pada bagian wajah atau spot yang berjerawat atau meradang, kamu perlu melakukan perawatan pada seluruh permukaan kulit wajahmu. Pasalnya, tungau demodex mudah sekali menyebar dan hanya soal waktu hingga jerawat muncul secara bertubi-tubi jika kamu mengabaikan bagian lainnya pada wajah dan hanya berfokus pada bagian wajah dengan jerawa.

Metode yang biasa digunakan dan terbukti ampuh untuk mengatasi tungau demodex adalah dengan mengoleskan sejenis minyak esensial ataupun krim tertentu pada wajah. Beberapa bahan yang disinyalir ampuh untuk mengatasi tungau demodex adalah alkohol, tea tree oil, caraway oil, serta dill weed oil.[3] Tabel di bawah ini menunjukkan konsentrasi dan waktu yang dibutuhkan untuk membunuh tungau demodex dalam sebuah percobaan.

Bahan

Komposisi

Kebutuhan Waktu
Alkohol

100%

4

 Menit
Tea Tree Oil

50%

15

 Menit

100%

4

 Menit
Carraway Oil

100%

4

 Menit
Dill Weed Oil

100%

14

 Menit

Meskipun keempat bahan tersebut efektif untuk membunuh tungau demodex pada wajah, namun kesemuanya meninggalkan dampak pada kulit yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis kulit kamu. Alkohol pada kulit kering akan menyebabkan iritasi, tea tree oil dalam konsentrasi yang tinggi akan menyebabkan rasa gatal bahkan reaksi alergi. Sedangkan caraway dan dill weed oil diketahui mengandung senyawa yang berbahaya bagi kesehatan mata kita.[4]

Cara terbijak untuk membunuh tungau demodex ialah dengan menggunakan produk pembersih, toner, salep, ataupun masker wajah yang mengandung salah satu dari ketiga bahan selain alkohol dari merek terkemuka yang telah diuji oleh para dermatolog dan dinyatakan aman untuk digunakan. Namun jika kamu memerlukan efek yang cepat dan praktis, keempat bahan tersebut bisa kamu gunakan sesuai dengan konsentrasi dan waktu yang tertera.

Selain dari keempat bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan lavender oil, camphor oil, oregano oil, ekstrak daun zaitun, clove oil, serta sulfur. Lagi-lagi, cara terbijak adalah dengan menggunakan produk kecantikan atau skin care dengan kandungan beberapa bahan di atas yang telah disesuaikan dan diuji oleh para ahli mengingat konsentrasi dalam jumlah tertentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan serta kecantikan kulit wajah kita.[5]

Jika perawatan dengan beberapa bahan di atas kurang memberikan hasil yang signigikan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Mereka akan melakukan diagnosa dan memutuskan perawatan terbaik untuk masalah jerawat menahun yang tak kunjung usai.

Penggunaan antibiotik, steroid, dan obat antiparasitik dengan spektrum yang luas seperti ivermectin dan permethrin dalam bentuk oles atau krim sangat efektif untuk melumpuhkan tungau demodex pada wajah, bahkan dapat membuat mereka mati lemas secara perlahan-lahan.[6]

Mencegah Tungau Demodex Datang Kembali

1. Bersihkan secara Menyeluruh

Bersihkan wajahmu secara menyeluruh dengan facial foam setidaknya rutin dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Gunakan beberapa produk yang dapat mengendalikan produksi minyak berlebih, menekan persediaan makanan tungau demodex untuk membatasi perkembangbiakannya. Jika memungkinkan, hindari pembersih dengan bahan dasar minyak.

2. Rutin Lakukan Eksfoliasi

Sel kulit mati juga merupakan salah satu makanan favorit dari tungau penyebab jerawat yang satu ini. Untuk itu jangan lewatkan sesi eksfoliasimu minimal sekali dalam dua minggu. Eksfoliasi sangat penting untuk membantu mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan ekstra minyak yang tertanam dan mengendap pada permukaan kulitmu. Menyebabkan ruang sumbatan, dan membuat tungau ini berkembang biak dengan lebih cepat.

3. Periksa Partner dan Keluargamu

Perawatan dan pemberantasan tungau demodex harus dilakukan secara menyeluruh. Untuk itu, lakukan pemeriksaan juga perawatan pada pasangan atau anggota keluarga yang tinggal serumah denganmu mengingat tungau demodex sangat mudah menyebar dan menular bahkan melalui udara sekalipun.

4. Waspada pada Banyak Hal

Tidak hanya udara. Pakaian, sarung bantal, kerudung, berbagai aksesoris termasuk make up dan alat make up, ataupun benda lainnya yang kerap bersentuhan dengan kulit kita berpotensi besar membawa telur ataupun tungau demodex. Siap untuk menyerbu kulitmu dengan jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. Pastikan untuk menjaga kebersihan lingkunganmu dengan rutin mencuci dan membersihkan barang-barang di sekelilingmu.

External Refference   [ + ]

1. Bagaimana cara membunuh tungau demodex
2. 100 orang diuji coba dengan sebuah produk pembunuh tungau demodex. Setelah 6 minggu, jumlah tungau demodex menurun hingga 90%, begitu pula kondisi dan gejala jerawat yang berkurang sebanyak 80%: A meta-analysis of association between acne ulgaris and Demodex infestation
3. Percobaan untuk mengetahui seberapa efektif beberapa bahan dalam membunuh tungau demodex
4. Pendekatan baru dalam melawan serangan tungau demodex
5. Bagaimana cara mendeteksi dan mengatasi tungau demodex pada kulit kita
6. Serangan tungau demodex membutuhkan penanganan dan perawatan agresif oleh dokter dan para ahli
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *