Mengatasi Jerawat dengan Buah dan Sayuran Segar

By  |  1 Comment

Ternyata tak hanya obat jerawat yang bisa jadi partner kamu untuk bantu usir jerawat pada wajah. Buah dan sayuran segar juga terbukti ampuh untuk atasi jerawat pada wajah lho! Oh ya? Penasaran kan bagaimana buah dan sayuran bisa menghilangkan jerawat membandel?

Untuk menghilangkan jerawat pada wajah, kita tak harus susah-susah mencari produk atau perawatan wajah yang sesuai untuk kita. Ketika biaya, ruang, dan waktu menjadi kendala bagi kita untuk sekedar menyempatkan diri ke klinik kecantikan, maka Buah dan Sayur dapat menjadi alternatif yang cocok untuk kamu.

Buah dan sayuran sebagai penghilang jerawat membandel menawarkan berbagai manfaat dan keunggulan yang jauh melampaui kemampuan obat jerawat modern saat ini. Tidak heran, pasalnya bahan-bahan untuk membuat obat jerawat merupakan kombinasi dari senyawa-senyawa yang kerap ditemukan pada buah dan sayur. Lalu bagaimana buah dan sayur dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat membandel pada pria dan wanita?

Menghilangkan Jerawat dengan Buah dan Sayur dari Dalam


Mengkonsumsi buah dan sayur dapat menghilangkan jerawat dari dalam karena manfaat buah dan sayuran untuk menghilangkan jerawat sangat besar. Kandungan antioksidan yang ada pada buah dan sayur segar dapat menghambat peradangan pada jerawat, menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, dan juga membantu proses regenerasi kulit sehingga bekas jerawat pada wajah kamu lekas hilang[1]. Contoh buah yang mengandung banyak Antioksidan adalah buah berri, anggur merah, apel, pisang, alpukat, ubi jalar, melon, blewah, jeruk bali, dan manga. Sedangkan contoh sayur yang mengandung banyak antioksidan adalah tomat, bawang putih, brokoli, selada romaine, minyak zaitun, terong, seledri, paprika, bayam, dan wortel.

Selain itu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan beta-karoten dapat mengurangi minyak berlebih dan mengatasi peradangan pada jerawat membandel[2]. Beta-karoten sendiri merupakan senyawa pro-vitamin A dengan sifat yang menyerupai senyawa retinol yang banyak ditemukan pada obat jerawat modern. Contoh buah yang mengandung banyak beta-karoten adalah blewah, aprikot, ceri, markisa, jeruk keprok, pisang, mangga, jambu biji, semangka, dan papaya. Sedangkan contoh sayur yang mengandung banyak beta-karoten adalah daun anggur, kale, lobak, wortel, sawi, daun dandelion, bayam, selada, daun sup, dan labu.

Tak hanya buah dan sayur yang mengandung banyak aktioksidan dan beta-karoten yang harus kamu konsumsi untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Buah dan sayur yang mengandung vitamin A dan vitamin C juga tak kalah pentingnya. Kedua vitamin tersebut dapat menjaga kesehatan kulit. Selain dapat mendorong produksi kolagen pada kulit untuk menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat, Vitamin C juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga jerawat kamu tidak bertambah parah. Contoh buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C antara lain jeruk, stroberi, anggur, nanas, alpukat, tomat, pisang, pepaya, aprikot, jeruk bali, semangka, mangga, kiwi, dan lemon. Sedangkan contoh sayuran yang mengandung banyak vitamin C antara lain brokoli, bayam, kubis, wortel, asparagus, lobak, bawang, seledri, cengkeh, buncis, kemangi, dan kacang hijau.

Kesemuanya itu merupakan buah dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat membandel pada wajah.

Menghilangkan Jerawat dengan Budah dan Sayur dari Luar


Tak hanya untuk dikonsumsi, buah dan sayuran juga bisa digunakan untuk pemakaian luar sebagai salah satu cara atau metode pengobatan jerawat paling ampuh. Cara paling umum penggunaan buah dan sayur untuk menghilangkan jerawat dari luar ialah dengan menggunakan masker anti jerawat yang berasal dari buah-buahan. Buah dan sayur yang mengandung senyawa asam, vitamin, dan enzim yang bermanfaat dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Tak hanya menghilangkan jerawat secara alami, penggunaan masker alami dari buah dan sayur untuk atasi jerawat juga dapat membuat kulit tampak halus dan cerah.

Beberapa buah dengan kandungan vitami ini[3] harusnya kamu jadikan pertimbangan untuk membuat masker alami penghilang jerawat dan bekas jerawat dari luar:

  • Vitamin A: dapat membantu memperbaiki sistem lapisan epidermis sampai ke tingkat DNA, sehingga dapat membantu melawan proses penuaan, regenerasi sel-sel kulit dan menghilangkan bekas jerawat secara alami. Vitamin A cocok untuk dipakai di malam hari, oleh karena itu banyak ditemui krim malam yang mengandung vitamin A. Contoh buah yang kaya akan vitamin A adalah papaya, buah naga, apel, dan pisang. Sedangkan contoh sayuran yang kaya akan vitamin A adalah tomat, bayam, dan wortel.
  • Vitamin C: mengandung zat-zat yang berfungsi untuk mengangkan radikal bebas yang dapat mengakibatkan jerawat dan kanker kulit. Tak heran vitamin C sering ditemukan pada produk kecantikan yang dipakai di siang dan sore hari. Contoh buah yang kaya akan vitamin C antara lain jeruk, stroberi, anggur, nanas, alpukat, tomat, pisang, pepaya, aprikot, semangka, mangga, kiwi, dan lemon. Sedangkan contoh sayuran yang kaya akan vitamin C antara lain brokoli, bayam, kubis, wortel, asparagus, lobak, bawang, seledri, cengkeh, kubis, buncis, kemangi, dan kacang hijau.
  • Kaya Asam: buah dan sayuran yang kaya asam dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah[4]. Sel kulit mati dan kotoran yang tertinggal pada kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Buah dan sayur yang kaya asam dapat membersihkan sel kulit mati secara alami dan mendorong regenerasi kulit sehingga masalah jerawat bisa teratasi. Contoh buah-buahan yang kaya akan asam antara laian lemon, jeruk nipis, stroberi, wortel, labu, alpukat, papaya, jeruk, dan raspberi. Sedangkan sayuran yang kaya akan asam antara lain kentang, seledri, blumkol (kol kembang), brokoli, asparagus, dan bayam.

Kesemuanya itu merupakan buah dan sayuran yang baik digunakan sebagai masker alami untuk atasi jerawat membandel pada wajah.

Itu tadi bagaimana cara menghilangkan jerawat dari dalam dan dari luar dengan menggunakan manfaat buah dan sayuran untuk mengatasi jerawat. Selain rutin menggunakan buah dan sayuran untuk menghilangkan jerawat secara alami, rajin berolah raga juga dapat meningkatkan sirkulasi dara dan memperlancar proses pembuangan racun melalui keringat, namun kamu harus mengimbanginya dengan mencukupi kebutuhan air mineral dan jauhi selalu daftar makanan penyebab jerawat. Hal ini sangat penting agar usaha kita untuk mengatasi jerawat memnadel dengan buah dan sayuran secara alami tidak berujung pada kesia-siaan.

Selamat mencoba dan semoga berhasi!

External Refference   [ + ]

1. Antioksidan bantu lawan jerawat dari dalam dan dari luar
2. Beta karoten dalam diet bantu atasi jerawat pada wajah
3. Vitamin terbaik untuk melawan jerawat pada wajah
4. Memahami bagaimana cara merawat wajah berjerawat
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. Obat Jerawatan

    4 Februari 2017 at 21.20

    sayuran selain bermanfaat buat kesehatan dan rasanya yang enak juga bisa buat berbagai macam obat diantaranya obat jerawt, mksh infonya

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: