Mengatasi Jerawat Berdasarkan Letaknya pada Wajah

By  |  4 Comments

Apakah JerawatHaters pernah mengalami jerawat membandel pada bagian wajah tertentu secara berkepanjangan? Tak mudah hilang meskipun diobati dengan obat jerawat dan selalu muncul lagi dan lagi? Jerawat membandel yang terus muncul meskipun telah ditangani dengan obat jerawat bukanlah suatu persoalan yang sepele. Kadang, kamu tidak harus memberikan perhatianmu pada jerawat di wajah, namun lebih pada penyebab jerawat itu sendiri.

Tubuh manusia merupakan sebuah organisme yang tiap-tiap organnya saling bergantung, berinteraksi, dan mempengaruhi, termasuk kehadiran jerawat itu sendiri. Seperti dilansir laman kecantikan[1], jerawat yang muncul pada beberapa titik di wajah kita menjadi sebuah pertanda adanya anomali atau masalah pada organ-organ lainnya. Untuk itulah berikut titik-titik jerawat, penyebab dan cara mengatasi jerawat membandel berdasarkan letaknya pada wajah.

Cara Mengetahui Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya

Mengatasi Jerawat di Dahi


Merujuk pada gambar diatas, bagian dahi terdiri dari 3 tempat yaitu yang ditunjuk oleh nomor 1, 2, dan 3. Untuk nomor 1 dan 2, bila jerawat muncul pada lokasi ini, berarti sistem pencernaanmu sedang bemasalah. Oleh karena itu cara mengatasi jerawat di dahi ialah dengan mengurangi konsumsi makanan olahan atau junk food yang mengandung banyak lemak. Selain itu, imbangi dengan konsumsi air mineral dan makanan sehat. Untuk pertimbangan, luangkan waktumu untuk mengatasi Jerawat di Dahi dengan banyak mengkonsumsi gandum, pisang, jahe, yoghurt, dan asparagus. Kelima makanan tersebut sangat baik untuk pencernaah sehingga sangat efektif untuk mengatasi jerawat pada dahi. Sebaliknya hindari makanan pedas, kafein, soda, alkohol, dan susu.

Jerawat pada dahi lainnya bisa ditunjukkan pada nomor 3 jika kamu mengalami masalah jerawat membandel di dahi seperti yang ditunjuk pada gambar nomor 3, maka kondisi hati/liver kamu saat ini sedang bermasalah[2]. Oleh karena itu cara lain untuk mengatasi jerawat di dahi adalah dengan menjauhi makanan yang mengandung alkohol, lemak dan susu. Kadang kala faktor alergi juga menyebabkan jerawat di dahi ini muncul. Cara mengatasi jerawat pada dahi ialah dengan rajin berolahraga, tidur yang cukup dan tidak terlalu malam sehingga hati dapat beristirahat dan melakukan pekerjaannya di malam hari dengan performa maksimal. Selain itu untuk mengatasi jerawat di dahi atau antara kedua alis ini rajinlah mengkonsumsi sayuran hijau, tomat, kenari, asparagus, apel, minyak zaitu, biji-bijian, lemon, jeruk nipis, dan kunyit. Berbagai jenis buah dan sayuran tersebut bermanfaat untuk mendetoksifikasi hati/liver sehingga dapat mengatasi jerawat membandel di dahi.

Mengatasi Jerawat di Pelipis & Sekitar Telinga


Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, jerawat di pelipis ditunjukkan oleh nomo 4 dan 5. Jika JerawatHaters mengalami masalah jerawat membandel di pelipis khususnya pada nomor 4 dan 5, itu berarti kondisi ginjal kamu sedang tidak sehat[3]. Begitu pula jika jerawat muncul di daerah sekitar telinga. Apapun masalah yang muncul di sekitar mata, termasuk lingkaran hitam pada mata menunjukkan adanya dehidrasi dan masalah pada ginjal. Oleh karena itu untuk mengatasi ligkar hitam pada mata dan Jerawat di Pelipis, perbanyak minum air putih. Air putih atau air mineral dapat menetralisir tubuh dan membuang racun melalui keringat/air seni sehingga masalah jerawat membandel di pelipis dapat teratasi. Selain itu, untuk memulihkan kesehatan ginjal kamu rajinlah mengkonsumsi bawang putih, beri, paprika merah, kecambah, kubis, apel, minyak zaitun, bawang merah, ceri dan ikan yang kaya akan omega-3. Kesepuluh makanan tersebut baik untuk ginjal sehingga jerawat membandel di pelipis tidak akan muncul lagi. Simak juga resep obat jerawat tradisional disini)

Mengatasi Jerawat di Hidung


Jerawat membandel di hidung menunjukkan adanya masalah pada jantung kamu. Ini merupakan masalah yang serius, oleh karena itu kamu bisa mencoba untuk memeriksa tekanan darahmu. Untuk mengatasi jerawat di hidung yang disebabkan oleh karena kondisi jantung yang kurang baik, tingkatkan konsumsi vitamin B setiap hari. Jauhi makanan pedas, daging, dan cobalah untuk mendapatkan udara yang lebih segar dengan melakukan jogging di pagi hari setiap harinya, ini akan mengatasi Jerawat di Hidung. Selain itu, kamu juga perlu menurunkan kadar lemak jahat yang ada pada tubuh kamu dengan cara memperbanyak konsumsi lemak baik seperti omega-3 dan omega-6 yang ada pada alpukat, biji-bijian, dan ikan. Beberapa usaha diatas merupakan salah satu cara untuk mengatasi jerawat di hidung.

Mengatasi Jerawat di Pipi


Jika melihat gambar diatas, jerawat di pipi ditunjukkan oleh nomor 9 dan 10. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah kamu merokok? Atau memiliki alergi? Jerawat pada pipi menunjukkan bahwa sistem pernapasanmu sedang dalam kondisi yang tidak baik. Oleh karena itucara mengatasi jerawat di pipi adalah dengan menjaga kesegaran udara yang kita hirup. Selain itu, tidak membiarkan tubuh terlalu panas dengan memakan makanan yang bersifat dingin seperti melon, mentimun, dan semangka juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi Jerawat di Pipi. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang dapat membuat tubuh menjadi asam seperti daging, susu, alkohol, kafein, dan gula. Sebaliknya mulailah mengkonsumsi kedelai, sushi ikan, apel, tomat, dan buah/sayur yang kaya akan vitamin A, C, E. Makanan tersebut dapat menjaga sistem pernapasan agar tetap kuat sehingga sangat ampuh untuk mengatasi jerawat pada pipi kita.

Mengatasi Jerawat di Dagu


Masalah jerawat membandel di dagu pada gambar diatas ditunjukkan oleh nomor 11, 12, dan 13. Untuk nomor 12 dan 13, ini adalah zona untuk jerawat membandel yang disebabkan oleh stress dan perubahan hormonal. Termasuk juga wanita yang sedang mengalami menstruasi, kehamilan, dan remaja yang sedang puber. Oleh karena itu cara mengatasi jerawat di dagu yang disebabkan oleh stress dan perubahan hormonal ini adalah dengan manajemen stress yang baik. Tidur yang cukup, banyak minum air mineral, dan mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau dapat menjaga kebersihan kulit dan mencegah Jerawat di Dagu. Selain itu, kamu bisa mencoba untuk menyeimbangkan hormone kamu dengan banyak mengkonsumsi minyak kelapa, kacang-kacangan, sayuran, alpukat, dan ikan yang mengandung omega-6 sebagai salah satu cara mengatasi jerawat di dagu.

Jerawat di dagu yang ditunjukkan oleh nomor 13 tidak jauh berbeda pada jerawat di dahi yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 2. Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat di dagu bagian bawah ini kamu bisa memperbanyak asupan serat dan mulai mengkonsumsi teh herbal untuk mengurangi kelebihan toksin dan memperlancar sistem pencernaan.

Mengatasi Jerawat di Leher


Jerawat di leher seperti yang ditunjukkan oleh nomor 14 pada gambar diatas menandakan bahwa tubuh kamu sedang melawan bakteri jahat untuk menghindari penyakit. Oleh karena itu, cara mengatasi Jerawat di Leher adalah dengan mendapatkan istirahat yang cukup, tidur siang, latihan pernapasan, minum banyak air, dan sesekali tak ada salahnya untuk bermeditasi. Beberapa hal tersebut dapat membantu tubuh untuk mencapai kondisi yang stabil sehingga dapat melawan bakteri jahat dan mengatasi jerawat pada leher.

Itu tadi beberapa cara mengatasi jerawat berdasarkan letaknya pada wajah. Perlu diketahui, penyebab jerawat sangatlah kompleks dan oleh karena itu artikel ini hanya berusaha untuk membantu mengatasi masalah jerawat yang memang dikarenakan atau disebabkan oleh adanya gangguan pada organ lain pada tubuh kamu.

Oleh sebab itu, apabila kamu merasa tidak ada yang salah pada bagian tubuh atau organ kamu, silahkan lihat kembali artikel tentang penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini membantu dan tetap semangat untuk wajah berseri dan bebas jerawat!

Selamat mencoba dan semoga sukses!

External Refference   [ + ]

1. thebeautygypsy.com
2. Fungsi hati sebagai filter yang buruk dapat memicu jerawat pada wajah
3. Kulit adalah manifestasi dari kondisi ginjal
DMCA.com Protection Status

4 Comments

  1. yoanna

    14 Oktober 2015 at 20.14

    Terima kasih. Sangat baik untuk referensi saya.

  2. caramenghilangkanbekasjerawat.id

    14 Desember 2015 at 17.19

    Wah artikel yang bagus nih, jadi tau kalau ada jerawat yang muncul di bagian bagian tubuh tertentu untuk mengatasinya 🙂

  3. Mulyana

    13 Juni 2017 at 10.44

    wahh,,ini artikel bagus nih buat menambah pengetahuan saya.

  4. Clara

    28 Juli 2017 at 18.53

    Artikel ini sangat bagus dan membantu saya untuk mengetahui penyebab dan cara mengobatinya.

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *