Tips Mencegah Jerawat dengan Cara Praktis

By  |  0 Comments

Masalah pada wajah terutama kulit berjerawat adalah masalah pelik untuk remaja. Wajah berjerawat dan meemiliki banyak bekas jerawat berpotensi mengurangi kepercayaan diri remaja pada usianya. Oleh karena itu, banyak usaha dan produk kecantikan telah dicoba, namun belum bisa mengatasi kulit berjerawat. Bahkan, berbagai produk berbahaya pun tak luput dari perilaku tidak sehat reamaja untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Pada dasarnya, tidak ada cara menghindari jerawat, karena jerawat adalah sebuah gejala yang pasti akan datang dan hadir dalam kehidupan setiap remaja. Namun, ada cara untuk Mencegah Jerawat dan cara mengurangi jerawat pada wajah.

Jika kamu bisa memahami apa itu jerawat serta penyebab jerawat dengan baik, maka seharusnya kamu tak perlu takut, karena cara terbiak untuk mengatasi jerawat ialah dengan mencegah jerawat itu sendiri. Nah, untuk itulah berikut ini adalah beberapa cara mencegah jerawat dengan praktis.

1. Minum Mineral/Air Putih


Memperbanyak asupan mineral atau air putih adalah salah satu cara praktis Mencegah Jerawat. Bagaimana tidak, kita bisa menemukan air mineral ataupun air putih dimanapun dengan harga yang terjangkau, selain itu banyak khasiat dan manfaat air putih yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi air putih mengingat air putih menetralisir racun dalam tubuh[1]. Pada dasarnya, tubuh manusia memerlukan asupan cairan untuk membantu sistem metabolisme dalam regenerasi sel[2]dan tubuh secara umum. Oleh karena itu minum air putih berfungsi untuk mencegah dehidrasi[3]. Selain itu, asupan air putih juga menjaga elastisitas sel sel kulit dan membuat kulit bercahaya dan sehat.

Penuhi asupan Air Putih paling tidak 8 gelas sehari untuk mencegah jerawat muncul dan datang kembali. Asupan air putih yang cukup, akan mencegah jerawat pada wajah swecara praktis karena sel sel kulit pada wajah juga segar, sehat dan elastis. Keadaan sel sel kulit wajah yang sehat ini akan membuat wajah kamu bersinar dan segar.

2. Mencuci dan Menjaga Kebersihan Wajah


Mencegah jerawat dengan cara praktis ialah dengan cara mencuci wajah paling tidka dua kali sehari. Mencuci wajah juga bisa mengurangi timbunan minyak pada permukaan wajah yang berlebihan. Bakteri, kuman dan kotoran yang menempel pada wajah juga akan hilang, sehingga saluran kelenjar minyak tidak akan tersumbat oleh bakteri atau kotoran penyebab jerawat. Gunakan sabun wajah yang mengandung Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid untuk mengatasi wajah yang berjerawat[4]. Kebersihan wajah berjerawat dari kuman, bakteri dan kotoran yang menutup pori pori adalah kunci mencegah jerawat dengan cara praktis.

Cuci muka menggunakan sabun yang ada dipasaran atau dari dokter[5] yang sesuai dengan jenis kulit berjerawat atau sensitif. Pijat lembut dan usahakan untuk tetap lembab namun tidak berlebihan. Sebaiknya gunakan sabun dengan PH seimbang sehingga wajah tidak terlalu kering. Mengurangi kandungan minyak pada wajah adalah cara mencegah jerawat secara alami.

Jangan terlalu sering mencuci wajahmu dengan sabun wajah atau facial foam. Menurut american academy of dermatology, Mencuci Wajah terlalu sering dapat dapat membuat jerawat bertambah dan membuat kondisi kulit semakin parah. Sebaiknya cuci wajah kamu dua kali sehari d sebelum berangkat beraktifitas dan setelah pulang dari aktifitas dan memakai toner setelahnya. Ikuti tips berikut bila jenis wajahmu adalah wajah berminyak.

3. Hindari Makanan Berminyak, Berlemak dan Junkfood


Cara mencegah jerawat dengan cara praktis lainnya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Junk food juga harus dihindari karena makanan seperti ini menyumbang banyak minyak dna lemak. Minyak dan lemak yang terkandung dalam makanan juga bisa memicu timbulnya jerawat. Karena tidak sehat, kulit juga tidak sehat dan sel sel kulit mengelurarkan zat zat yang tdaik dibutuhkan tersebut melalui pori pori. Termasuk pori pori wajah.

Perbanyak makan makanan yang menggndung banyak serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, seperti makan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C dan E yang sangat berguna untuk kesehatan dan keremajaan kulit.

Selain itu, mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi juga menjadi cara mencegah jerawat dengan praktis. Gula berlebih terbukti tidak baik untuk sel sel tubuh. Terlebih lagi, kelebihan gula akan disimpan dalam bentuk lemak dalam sel sel tubuh.

Hindari beberapa jenis makanan berikut untuk mencegah munculnya jerawat baru dan membuat jerawat yang telah ada tidak bertambah parah.

External Refference   [ + ]

1. Air putih netralisir racun dalam tubuh
2. Konsumsi air mineral dapat bantu regenerasi sel pada malam hari
3. Dehidrasi dapat sebabkan jerawat dan masalah kulit
4. Benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk mengatasi jerawat pada wajah
5. Sabun wajah yang aman untuk wajah berjerawat
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: