Memilih Pembersih Untuk Wajah Berjerawat

By  |  5 Comments

Kondisi yang paling menjengkelkan ialah ketika jerawat tiba-tiba datang namun sukar untuk hilang. Belum lagi, jika bekas jerawat membandel dan tak mau hilang. Untuk itulah, untuk itulah wajah berjerawat membutuhkan penanganan khusus, agar tidak muncul jerawat baru, tidak memperparah jerawat yang sudah ada, serta cepat menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.

Salah satu cara yang bisa digunakan ialah melakukan pencegahan dengan cara cermat dalam memilih pembersih wajah yang kita gunakan sebagai perawatan wajah sehari-hari. Untuk itulah, ohJerawat membagikan sedikit Tips Memilih Pembersih untuk Wajah Berjerawat.

Cara Mudah Memilih Pembersih Wajah

Jika kamu tidak mempunyai banyak waktu untuk memilih pembersih khusus untuk wajah berjerawat di swalayan atau supermarket, maka cara termudah untuk mendapatkan pembersih wajah khusus wajah berjerawat yang efektif baik mencegah jerawat, menyembuhkan jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat serta Flek Hitam akibat bekas jerawat ataupun penuaan, adalah dengan cara berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit.

Konsultasikan masalah kamu, dan dokter akan menunjukkan beberapa atau bahkan memberikan resep produk pembersih wajah yang dikhususkan untuk menangani masalah jerawat yang kamu miliki. Namun, cara ini hanya cocok untuk JerawatHaters yang memiliki kantong tebal.

Tips Memilih Pembersih Wajah yang Tepat

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, bagi kamu yang keberatan untuk pergi ke dokter spesialis dan melakukan konsultasi kecantikan secara berkala untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Berikut beberapa tips untuk memilih pembersih wajah yang tepat terutama bagi mereka yang mempunyai masalah dengan jerawat. Dalam memilih pembersih khusus untuk wajah berjerawat, ada beberapa pon penting yang harus JerawatHaters perhatkan.

  • Sebelumnya, pastikan dulu jenis kulit kamu (Lihat cara cek jenis kulitmu disini). Jika ini adalah untuk kali pertama kamu mencoba produk tersebut, belilah kemasan kecilnya agar kamu bisa segera menggantinya jika tidak cocok dengan kulitmu (khusus bagi kulit yang sensitif)
  • Pilihlah produk pembersih wajah yang dalam kemasannya terdapat embel-embel “anti-acne“, “oil-controll“, “oil-free”‘, atau “non-comedogenic” . Biasanya, produk serupa dirancang khusus dengan bahan-bahan yang telah teruji khasiatnya untuk mencegah jerawat, merawat dan mengobati jerawat, serta menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Oil-controll befungsi untuk mengontrol aktifitas minyak di wajah karena kebanyakan kasus jerawat disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit karena aktivitas minyak yang berlebihan, Anti-acne berarti produk tersebut mempunyai kandungan untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat, Oil-free berarti dalam produk tersebut tidak mengandung minyak yang justru dapat menyumbat pori wajahmu, sedangkan Non-comedogenic berarti pembersih tidak berpotensi untuk menimbulkan komedo.
  • Khusus untuk jenis kulit wajah kering, jika menggunakan produk dengan label “oil-controll“, pengaplikasian pelembab sangat penting agar kulit kamu tidak terlalu kering. Namun sebisa mungkin hindari produk pembersih tersebut karena kamu membutuhkan kelembapan yang ekstra pada wajah.
  • Pilihkan produk pembersih yang mempunyai tekstur halus dan lembut. Jangan pernah menggunakan pembersih berbentuk scrub untuk membersihkan wajah berjerawat. Tekstur yang kasar hanya akan melukai jerawat dan membuatnya bertambah parah. Meskipun pembersih dalam bentuk scrub dapat membuat kulit lebih halus, bersih, dan menawan dengan cepat, scrub juga akan merangsang produksi minyak berlebih sebagai bentuk pertahanan alami wajah karena hilangnya kandungan minyak alami atau asam pelindung alami pada wajah[1]. Ikuti tips berikut agar jerawat di wajah tidak bertambah parah!
  • Pilihlah pembersih yang lembut dan tidak bersifat abrasif[2]. Pastikan dalam ingredients-nya, pembersih tersebut tidak menggunakan alkohol, atau alcohol-free. Penggunaan pembersih dengan kandungan alkohol yang tinggi akan membuat kulit menjadi sangat kering, iritasi, dan lebih sensitif jika terkena sinar matahari maupun kontak dengan faktor eksternal. Sehingga, jerawat malah semakin parah.
  • Jika tidak ada keterangan apapun pada kemasan, dalam Memilih Pembersih pilihlah pembersih yang mengandung bahan tambahan yang dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat, mengurangi warna kemerahan pada jerawat, mengendalikan aktivitas minya berlebih, dan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat seperti salicylic acid, sodium sulfacetamide, herbal clay atau benzoyl peroxide.
  • Aktivitas jerawat pada wajah membuat kulitmu terlihat kusam karena warna kulit yang tidak merata serta penimbunan sel kulit mati pada bekas jerawat yang tak kunjung hilang dan membandel. Pilihlah pembersih khusus jerawat yang mengandung brightening essence untuk mengatasinya serta memberikan efek kulit cerah, bersih, jernih, dan segar (lengkapi juga pembersih wajahmu dengan toner alami ini untuk mendapatkan wajah bersinar bebas bekas jerawat).
  • Selan itu, untuk menjaga kelembapan alami kulit setelah terkena air jika memungkinkan pilihlah juga pembersih yang mengandung petrolatum, lanolin, mineral oil dan ceramides. Jika tidak memungkinkan, cukup gunakan pelembab atau moisturizer setelah membersihkan wajah. Hal ini sangatlah penting, pasalnya produk pembersih wajah untuk jerawat membuat kulit lebih kering untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat pada wajah[3], bahkan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Terkadang, berminyak buka berarti kelembapan wajahmu seimbang setiap saat, oleh karena itu gunakan pelembab yang sekaligus berfungsi sebagai oil-controll.
  • Pastikan tanggal kadaluarsanya. Bukan hanya makanan saja yang mempunyai tanggal kadaluarsa. Shampo, sabun, pembersih, terutama make up mempunyai tanggal kadaluarsa. Memakai produk kecantikan seperti pembersih, toner, pelembab, dan make up yang kadaluarsa justru dapat membuat jerawatmu semakin parah karena produk bersangkutan justru merupakan sarang bakteri dan jamur sehingga tidak hanya jerawat, kamu pun dapat mengalami masalah kulit lainnya.
  • Mintalah rekomendasi![4] kamu bisa bertanya teman atau saudaramu yang mempunyai masalah serupa, mungkin mereka bisa banyak membantumu. Terlebih jika kamu mempunyai kenalan dokter spesialis kulit yang ingin membagikan informasi kepadamu secara gratis. Lakukan banyak riset dan penelusuran mandiri dengan bertanya kepada lingkungan sekitarmu.

PENTING: Jika kamu sedang menjalani perawatan penghilang jerawat dengan menggunakan obat jerawat, hindari penggunaan sabun pembersih seperti ini karena justru akan menimbulkan gejala iritasi atau over-peeling.

Itu dia beberapa cara dan tips singkat untuk memilih pembersih khusus untuk wajah yang sedang jerawatan. Satu hal penting lagi yang harus diperhatikan, cukup bersihkan wajah kamu 2 kali sehari. Terlalu sering akan membuat kulit wajah iritasi dan over-peeling atau over-exfoliation dan kulit akan sangat mudah iritasi dan sensitif jika terkena kontak. Sebaliknya, bagi kamu dengan jenis Kulit Berminyak ikuti tips berikut (Tips Membersihkan Wajah Berminyak) untuk membersihkan wajah tanpa harus mencuci muka atau membersihkannya dengan cleanser.

External Refference   [ + ]

1. Pro dak kontra dalam melakukan scrubbing pada wajah
2. Memilih sabun dan pembersih untuk jerawat
3. Apakah pelembab menjadi kunci untuk masalah jerawatmu?
4. Bagaimana cara membersihkan wajah
DMCA.com Protection Status

5 Comments

  1. lina

    18 Januari 2017 at 17.59

    Permisi, mau nanya
    Jd gini kulit sy udah perawatan, hampir ilang jerawatnya, tapi karena lama2 gak teratur pakenya timbul jerawat lagi kecil2
    Jadi saya mulai merasa ketergantungan pada produk kecantikan tsb
    Nah sya mau berhenti dan mau ganti pmbrsih wjh yg khusus untuk kulit jerawat, itu gimana? Bahaya kah?

    • Irvanuranita

      12 Mei 2017 at 10.38

      Prmisi kulit saya kdang brjawt dan brminnya.pelembab ap yg cocok ya.viva liquid apkh dpt dipkai untk wjh brmnyak dan brjrwt

    • JerawatHaters

      14 Mei 2017 at 10.12

      Jika kulit kamu adalah jenis kulit berminyak, maka gunakan pelembab ataupun kosmetik dengan bahan dasar air untuk mencegah pembentukan sumbatan pada wajahmu. Jika dirasa kurang, kamu juga bisa memilih pelembab yang sekaligus bisa merawat dengan kandungan tambahan seperti salicylic acid ataupun kandungan lainnya.

  2. umee

    17 Juni 2017 at 16.08

    Asslm. Sore dok, sy umee mau konsul. Udh 3 bulan jerawat sy ga habis2, mati 1 tumbuh seribu. Slma ini jerawat cuma muncul klo lg haid, skrg haid sy jg tidak lancar seperti biasanya, biasanya 5 hr itu masih banyak, ini hari ke 2 sudah sdikit sekali. Sy udah coba masker timun, putih telur, tapi ttp wajah sy jerawatny ga hilang2, n nambah dan terus gatal. Sprtiny kulit sy sensitif. Sy mau minta saran, kira2 produk sabun muka yg kandungan apa cocok unt sy dok. Terimakasih.

  3. baybay

    11 Agustus 2017 at 22.33

    Ka saya cowo umur 19 tahun kulit berminyak berjerawat , gimana cara membersihkan muka saya sementara pake produk cleaser apapun malah jadi tambah byk jrwtny

    Tolong diblas

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *