Masker Kopi untuk Atasi Jerawat dan Bekasnya

By  |  0 Comments

Selain dinikmati dengan cara diseduh untuk kemudian dikonsumsi, kopi juga bisa dinikmati dalam bentuk perawatan kecantikan mingguan. Jika kamu menikmati rasa dan aroma kopi dalam setiap sajian di sela istirahat maupun aktivitas padatmu, mengapa tidak sekalian menikmatinya dalam rangkaian perawatan harianmu?

Selain menggunakannya dalam bentuk scrub tubuh ataupun wajah, cara lain untuk memanfaatkan kopi sebagai perawatan mingguanmu adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Entah itu masker wajah, maupun masker yang diperuntukkan pada bagian-bagian kulit dan tubuh lainnya seperti rambut.

Pada pembahasan kali ini, kiga akan berfokus mengenai bagaimana menggunakan kopi sebagai masker wajah, serta bagaimana cara membuat masker wajah alami dari kopi yang secara khusus dapat berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Manfaat Masker Alami dari Kopi untuk Kecantikan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan kopi sebagai masker alami. Salah satunya ialah untuk merawat dan menyembuhkan jerawat pada wajahmu, sekaligus menyamarkan noda dan flek hitam bekas jerawat yang membandel.[1] Jika scrub kopi alami bekerja untuk mencegah pembentukan jerawat, maka masker kopi dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat.

Kandungan antioksidan, flavonoid, serta polifenol yang ada pada kopi dapat secara aktif merangsang dan mengoptimalkan fungsi regenerasi kulit.[2] Sehingga selain mendapatkan manfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, penggunaan masker kopi dapat membuat kulitmu terlindung dari dampak buruk sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu, penggunaan masker kopi juga secara dramatis menurunkan resiko kanker kulit.

Aroma kopi yang khas dapat memberikan rasa nyaman ketika kamu mulai mengaplikasikannya pada daerah sekitar wajahmu, khususnya ketika kamu telah memutuskan untuk menggunakannya sebagai masker wajah. Pikiran yang tenang dan rileks akan membuatmu memancarkan rona wajah yang berbeda, menjadikanmu lebih siap untuk memulai dan menghandapi tantangan dalam beberapa jam kedepan dengan wajah yang segar, berseri, bebas jerawat dan bekas jerawat.

Aneka Kreasi Masker Kopi untuk Atasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Dengan mencampurkan kopi dan air mineral, kamu bisa mendapatkan masker kopi penghilang jerawat dan bekas jerawat. Namun rasa-rasanya sayang jika membuat masker kopi buatan sendiri dengan bahan-bahan yang begitu sederhana ketika kamu telah memutuskan untuk repot-repot membuat masker wajahmu sendiri.

Oleh karena itu, berikut beberapa aneka kreasi masker kopi yang mungkin bisa kamu coba di rumah. Selain berfungsi untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan bekas jerawat, campuran bahan-bahan alami yang terkandung didalamnya sekaligus dapat menutrisi kulitmu.[3]

1. Kopi, Kokoa, dan Yogurt

Kombinasi ketiga bahan dengan antioksidan tinggi dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulitmu terhadap dampak buruk lingkungan dan kerusakan yang dalam prosesnya meningkatkan resiko munculnya jerawat sekaligus secara perlahan menyamarkan noda dan flek hitam bekas jerawat.[4]

Resep: 2 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan bubuk kokoa, 2 sendok makan yogurt.

2. Kopi, Oatmeal, dan Madu

Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, komposisi masker yang satu ini sangat cocok untukmu. Madu dapat mengurangi iritasi dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, kombinasi dari ketiga bahan ini mampu mengoptimalkan proses regenerasi kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

Resep: 2 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan oatmeal, 2 sendok makan madu

3. Kopi dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulitmu, mengatasi masalah kekeringan yang dalam hal ini merupakan penyebab utama dari jerawat pada pemilik jenis kulit kering. Tak hanya sampai disitu, kedua bahan ini secara aktif dapat mempercepat penyembuhan luka dan jerawat, mencegah jerawat untuk meninggalkan bekas membandel pada kulit.

Resep: 3 sendok makan bubuk kopi, 2 sendok makan minyak zaitun

4. Kopi dan Lemon/Jeruk Nipis

Perasan lemon atau jeruk nipis telah terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan noda serta flek hitam bekas jerawat. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang ekstra pada bekas jerawat yang memenuhi wajahmu, kreasi masker kopi yang satu ini cocok untukmu. Hindari penggunaan masker ini jika ada iritasi ataupun luka terbuka pada kulit karena akan sangat menyakitkan.

Resep: 3 sendok makan bubuk kopi, 2 sendok makan perasan lemon/jeruk nipis

Cara Membuat Masker Kopi untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jika telah memutuskan masker kopi seperti apa yang ingin kamu buat, kini saatnya melanjutkan pembahasan tentang cara membuat masker alami dari kopi. Sebelumnya, pastikan untuk memilih bahan-bahan organik, ataupun bahan-bahan yang tidak mengandung pengawet.

Untuk mendapatkan masker kopi penghilang jerawat dan bekas jerawat, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan sebuah wadah yang bersih dan kering,
  2. Masukkan kopi dan bahan pendukung dalam bentuk padat (jika ada) terlebih dahulu, lalu aduk hingga tercampur,
  3. Tambahkan bahan pendukung dalam bentuk cair setelahnya, aduk selama beberapa meni hingga bahan tercampur dan memiliki tekstur seperti pasta,
  4. Jika kesulitan untuk mendapatkan tekstur masker yang diinginkan, kamu bisa tambahkan air, bahan pendukung dalam bentuk cair, atau bahkan bubuk kopi jika campuran masker dirasa masih terlalu kaku/padat,
  5. Masker kopi penghilang jerawat dan bekas jerawat siap untuk digunakan.

Prosedur Penggunaan Masker Kopi Penghilang Bekas Jerawat

Untuk mendapatkan manfaat masker kopi secara optimal, kamu perlu mengetahui prosedur dan cara yang benar dalam menggunakan masker wajah. Banyak ritual perawatan yang berujung pada kesia-siaan karena mengabaikan beberapa aturan penting yang harusnya diperhatikan sebelum ataupun sesudah memulai ritual perawatan tersebut. Lihat cara menggunakan masker wajah yang benar.

External Refference   [ + ]

1. 3 alasan mengapa kamu wajib mengikut sertakan kopi dalam perawatan harianmu
2. 7 manfaat scrub kopi untuk kecantikan kulit
3. 5 resep mudah masker kopi buatan sendiri.
4. 7 manfaat alami yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan kopi untuk perawatan kecantikan
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: