Masker Delima untuk Atasi Jerawat dan Bekasnya

By  |  0 Comments

Banyak orang mulai beralih pada pengobatan dan cara tradisional untuk menghilangkan keluhan dan penyakit yang dialaminya. Tak ketinggalan juga, trend perawatan kecantikan yang kini melalui berbagai produknya selalu mengklaim terbuat dari bahan-bahan alami dan aman. Termasuk obat, ramuan, dan masker wajah yang “katanya” secara alami diformulasikan khusus untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Namun, benarkah produk yang mengklaim terbuat dari bahan alami benar-benar menggunakan bahan alami tanpa menimbulkan keluhan dan efek samping setelah pemakaian, bahkan setelah berhenti menggunakannya?

Jika kamu merupakan salah seorang yang meragukan jargon dan tag-line yang kini hampir disuarakan semua brand kecantikan, salah satu cara terbaik untuk bisa menggunakan dan merasakan manfaat dari perawatan wajah dari bahan alami adalah dengan membuatnya sendiri di rumah. Meskipun terkesan sedikit merepotkan, namun cara ini layak kamu coba untuk menghindari tipu-rayu dari jargon dan tag-line berbagai produk kecantikan yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Manfaat Masker Delima untuk Kecantikan

Selain pepaya, lidah buaya, putih telur, kunyit, kentang, serta tomat, salah satu bahan alami yang juga layak kamu coba dalam rangkaian perawatan untuk melawan jerawat dan bekas jerawatmu adalah dengan menggunakan buah Delima.[1]

Bagaimana tidak? Buah yang dikenal dengan nama latin punica grantum ini disebut dan masuk ke dalam jajaran “super fruit” oleh ilmuan di zaman ini karena kandungannya yang begitu kompleks dan dibutuhkan oleh tubuh.[2] Tidak hanya sebatas pada buahnya, namun juga bijinya yang mencakup vitamin K, C B6, folat, potasium, serta fosfor yang tak hanya baik untuk dikonsumsi, namun terbukti ampuh digunakan secara topikal baik sebagai perawatan wajah untuk mencegah penuaan ataupun obat jerawat dan penghilang bekas jerawat.[3]

Alat dan bahan untuk membuat masker Delima penghilang Jerawat

Ada tiga bahan dasar dalam membuat masker,

  1. Bahan utama, yaitu buah Delima yang telah ditiriskan dan dipisahkan dari kulitnya. Jika kesulitan untuk memisahkan buah Delima dengan kulitnya, lihat caranya di sini.
  2. Bahan tambahan berupa cairan, bisa menggunakan minyak esensial, air mawar, yogurt, perasan lemon, ataupun madu
  3. Bahan tambahan berupa bubuk, bisa menggunakan matcha/green tea, cocoa powder, oatmeal halus, ataupun tepung beras.

Kamu mungkin membutuhkan blender untuk menghaluskan buah dan biji Delima. Pasalnya, biji Delima mengandung minyak dan kandungan yang baik untuk mempercepat proses penyembuah jerawat dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Selain dari bahan dan alat yang disebutkan di atas, mempersiapkan wadah berupa baskom, handuk, air bilas, ataupun kuas masker juga tak kalah pentingnya.

Cara Membuat Masker Delima untuk Atasi Jerawat dan Bekasnya

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat masker Delima yang bermanfaat sebagai obat jerawat dan penghilang bekas jerawat alami:

  1. Haluskan dua sendok makan buah Delima dengan menggunakan blender,
  2. Sebelum menuangkannya ke dalam wadah lain, tambahkan satu sendok makan bahan tambahan berbentuk cairan, lalu blender kembali bahan-bahan tersebut,
  3. Tambahkan bahan tambahan berbentuk bubuk dalam takaran yang sama, ulangi proses pencampuran seperti di atas hingga masker memiliki tekstur seperti pasta,
  4. Masker delima siap untuk digunakan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam proses pencampuran bahan-bahan adalah pada takarannya. Antara putih telur dan yogurt tentu akan menghasilkan hasil yang berbeda. Jika tekstur dirasa kurang untuk digunakan sebagai masker, tambahkan beberapa takaran bahan tambahan dalam bentuk bubuk, ataupun sebaliknya hingga mendapatkan tekstur yang pas.

Kamu bisa menambahkan madu ataupun minyak zaitun untuk mendapatkan kulit yang lembut, bebas cacat, serta lembap setiap saat ke dalam masker Delimamu. Yogurt bisa kamu tambahkan jika kamu adalah pemilik jenis kulit berminyak.

Untuk perlindungan dari dampak buruk radikal bebas, serta kulit yang lebih berseri dan segar, apa yang harus kamu lakukan hanyalah menambahkan perasan jeruk lemon ataupun bubuk matcha/green tea yang telah dihaluskan.

Delima dan bubuk cokelat adalah kombinasi yang sempurna untuk mencegah proses penuaan. Sedangkan untuk dampak kecantikan yang menyeluruh, air mawar mungkin akan menjadi bahan tambahan yang tak boleh kamu lewatkan.[4]

Alih-alih menggunakannya sebagai masker wajah, kamu bisa menambahkan oatmeal untuk kemudian digunakan sebagai bahan scrub wajah yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus menutrisi kulit wajahmu dari luar.[5]

Cara Memakai masker Delima untuk Dapatkan manfaat Optimalnya

Kamu perlu mengetahui bagaimana cara dan penggunaan masker wajah yang benar. Untuk itu, kami telah membahasnya ke dalam satu sesi khusus (Baca di sini). Dengan begitu, mudah-mudahan kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari masker Delima penghilang jerawat dan bekas jerawat yang kamu buat sendiri. Bagaimana? Mudah bukan?

External Refference   [ + ]

1. Lihat kumpulan resep masker wajah penghilang jerawat dan bekas jerawat
2. 23 Buah yang masuk dalam kategori “super fruit yang harus kamu ketahui.
3. Artikel tentang manfaat komplit buah Delima untuk kecantikan.
4. 5 Cara sederhana untuk membuat masker delima sendiri di rumah
5. 10 Resep masker Delima yang bisa kamu buat di rumah
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *