Manfaat dan Efek Samping Scrub bagi Kulit

By  |  0 Comments

Scrubbing merupakan salah satu agenda kecantikan yang tak boleh kamu lewatkan dalam rutinitas perawatan mingguanmu. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan scrub. Pada pembahasan berikutnya akan diuraikan secara lebih lengkap berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan scrub, baik scrub untuk wajah maupun scrub untuk tubuh.[1]

Kendati memiliki banyak manfaat yang patut untuk dipertimbangkan, ada beberapa aturan yang harus kamu perhatikan. Selain itu, mungkin penggunaannya dapat menyebabkan efek samping yang dalam hal ini tentunya akan dihayati secara berbeda oleh masing-masing individu.

6 Manfaat Scrubbing untuk Kesehatan Kulit

1. Membersihkan Kulit

Tentu, setelah seharian wajah kita terpapar debu dan kotoran, scrubbing merupakan salah satu cara yang tepat untuk benar-benar membersihkan debu, kotoran, serta polusi yang menempel atau bahkan menumpuk pada permukaan kulit kita mengingat membersihkannya dengan facial foam biasa tidak akan begitu efektif.

2. Menghaluskan Kulit

Scrubbing merupakan salah satu ritual perawatan yang bisa dibilang ajaib. Dampak dari scrubbing akan bisa langsung terasa sesaat setelah kamu keluar dari kamar mandi. Kulit terasa lebih lembut dan halus. Hal ini dikarenakan tumpukan kotoran dan sel kulit mati yang selama ini memberikan tekstur dan perasaan kurang nyaman pada kulit saat disentuh bisa diangkat dengan bantuan scrub wajah.

3. Meremajakan Kulit

Dengan melakukan scrubbing secara teratur, regenerasi kulit akan berjalan secara optimal. Sesaat setelah scrubbing dilakukan, sel-sel dalam kulitmu akan terstimulasi untuk melakukan regenerasi sel kulit baru. Sehingga, penampilanmu akan lebih segar dan muda. Ucapkan selamat tinggal untuk kulit kusam dan lelah!

4. Mencegah Jerawat & Komedo

Jerawat ataupun komedo biasanya berawal dari sumbatan hebat yang berlanjut pada inflamasi atau pembengkakan. Sumbatan tersebut, lebih banyak disebabkan karena campuran antara debu, kotoran, polusi, serta sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Menggunakan pembersih ataupun facial foam biasa tidak akan menyelesaikan masalah ini, kamu membutuhkan sesuatu yang lebih kuat untuk benar-benar mengangkat kotoran penyumbat ini dari pori-pori wajahmu. Scrubbing adalah langkah yang tepat.

5. Menghilangkan Bekas Jerawat

Scrubbing membantu mengangkat sel-sel kulit mati, termasuk bekas jerawat yang mengering, sekaligus merangsang proses regenerasi kulit. Dengan begitu, scrubbing dapat membantu mempercepat proses penyamaran noda ataupun flek hitam pada wajahmu dibanding ketika kamu hanya membiarkannya saja atau menggunakan pembersih reguler yang tak mampu mengangkat noda dan sel kulit mati pada wajah secara menyeluruh.

6. Optimalkan Penyerapan Nutrisi

Sebelum memulai rangkaian perawatan seperti menggunakan masker ataupun serum, eksfoliasi dengan scrub pada kulit rasanya penting untuk dilakukan. Kulit yang tertutup dan tertimbun dengan tumpukan kotoran dan sel kulit mati tentu akan membuatnya sulit untuk bernapas. Lebih dari itu, kulit akan lebih sukar untuk menyerap berbagai nutrisi dan kandungan baik pada produk kecantikan yang akan kamu gunakan.

4 Aturan Penting dalam Penggunaan Scrub

Ada beberapa aturan penting yang harus kamu ketahui sekaligus kamu perhatikan terkait dengan penggunaan scrub. Alih-alih mendapatkan kulit halus, mulus, berseri, dan lebih segar, mengabaikan seperangkat aturan ini dapat berujung pada kondisi kulit yang lebih mengerikan seperti iritasi, kemerahan, bahkan kerusakan kulit permanen.

  1. Jenis scrub yang digunakan untuk wajah dan untuk tubuh tentu berbeda. Scrub untuk tubuh mungkin terlalu kasar dan keras jika digunakan untuk wajah, sebaliknya scrub untuk wajah mungkin terlalu lembut dan kurang efektif digunakan untuk tubuhmu.[2] Jangan pernah sesekali menggunakan scrub tubuh untuk wajah hanya karena kamu ingin melakukan sedikit penghematan. Kulitmu adalah aset berhargamu.
  2. Tidak semua produk scrub yang ada di pasaran cocok dan baik digunakan pada kulitmu. Kamu perlu menyesuaikannya dengan jenis kulit, kebutuhan, serta masalah yang sedang kamu hadapi. Jika kamu tidak yakin dengan kandungan atau bagaimana scrub itu akan bekerja, cukup membeli sampel atau produk yang sama dengan ukuran kecil untuk digunakan.[3] Jika tidak menyebabkan iritasi dan terasa nyaman, kamu bisa kembali membeli produk yang sama pada kesempatan berikutnya.
  3. Dalam menggunakan scrub baik untuk wajah ataupun tubuh, lakukanlah dengan dengan lembut. Ingat, tujuanmu adalah untuk mengangkat sel kulit mati, bukan menyiksa diri atau menyakiti kulitmu sendiri. Menggosok terlalu keras dengan harapan agar daki ataupun kotoran terkelupas seluruhnya hanya akan melukai kulit kamu. Jika memang diperlukan, kamu dapat membasuh badan atau wajah kamu dengan air sebelum mengaplikasikan scrub pada kulit.
  4. Gunakan scrub secara teratur, tidak terlalu sering juga tidak terlalu jarang. Minimal sekali sebulan dan maksimal sekali dalam seminggu. Menggunakan scrub terlalu sering akan membuat lapisan kulitmu menjadi tipis dan lebih sensitif.[4] Alih-alih mendapatkan kulit bersih dan merona, masalah kulit lainnya bisa-bisa menyerang secara bertubi-tubi karena kondisi kulit yang cenderung lebih rawan karena scrubbing secara berlebihan.

Efek Samping Scrubbing dan Penanggulangannya

Meskipun beberapa uraian di atas menyebutkan bahwasanya scrubbing bermanfaat untuk kecantikan kulit baik wajah ataupun tubuh kita dengan cara menyehatkan, menyegarkan, sekaligus memberikan dampak yang instan sesaat setelah pemakaian, namun ada beberapa efek samping yang harus kamu perhatikan dan kamu waspadai.

1. Minyak Berlebih

Scrub wajah yang kamu gunakan merontokkan semua kotoran yang menempel, tidak terkecuali kelembapan alami pada wajahmu. Kondisi kulit yang tergosok-gosok membuat kulit kita menjadi lebih sensitif dari biasanya. Secara alami, sesaat setelah scrubbing kulit akan mengeluarkan lebih banyak minyak/sebum sebagai perlindungan diri dari berbagai dampak buruk dari luar, membuat kulit waahmu lebih berminyak atau bahkan lebih kusam dari sebelumnya.

Untuk mengatasinya, gunakan pelembap dan sunscreen sesaat setelah melakukan srubbing. Setidaknya sebelum kamu mulai melanjutkan aktivitasmu di luar ruangan. Jika memungkinkan, hindari kontak langsung dengan sinar matahari ataupun kepenatan dari luar. Memang, scrubbing paling baik dilakukan saat akhir pekan, di saat kita sedang menghabiskan waktu liburan di rumah dengan membaca buku ataupun bercengrama dengan keluarga di dalam ruangan.

2. Over Eksfoliasi

Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Jika kamu telah menggunakan produk kecantikan sepertihalnya obat jerawat yang secara alami membantu mempercepat pengelupasan kulit ataupun peeling wajah, sebaiknya scrubbing tak perlu lagi kamu lakukan. Hal ini akan membuat lapisan kulitmu menjadi tipis, sehingga sangat rentan mengalami iritasi, bahkan bisa dikatakan cenderung rapuh.

Kulitmu bisa saja mudah terbakar jika terpapar sinar matahari, mengalami sumbatan dan memunculkan jerawat serta berbagai masalah kulit lainnya yang mungkin akan membuat kepalamu pening seketika. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi secara sewajarnya saja. Pastikan kamu tidak berlebihan dan membuat kulitmu menjadi sangat tipis dan sensitif.

3. Pecahnya Jerawat

Pecahnya jerawat terkadang tak bisa terhindarkan ketika kamu melakukan scrubbing. Hal ini tentunya tak mengherankan karena scrub memiliki tekstur yang kasar, mampu menggores permukaan tipis dari jerawat dan membuatnya pecah, mengeluarkan nanah, ataupun darah.

Oleh karena itu, penggunaan scrub tidak dianjurkan ketika kamu memiliki jerawat, apalagi jerawat meradang yang sangat rawan dan sewaktu-waktu bisa pecah kapapun entitas kasar seperti scrub mengenainya.[5] Alih-alih mendapatkan wajah bersih bebas jerawat, penggunaan scrub pada wajah yang berjerawat justru akan memperparah kondisi jerawat dan memungkinkan munculnya semakin banyak jerawat karena bakteri yang menyebar ke seluruh permukaan kulit.

External Refference   [ + ]

1. Manfaat scrub untuk kesehatan dan kecantikan kulit
2. 14 Step menggunakan scrub wajah (disertai gambar)
3. Apakah scrub berbahaya untuk kulit?
4. Sebuah pertanyaan dan diskusi: Bisakah kita menggunakan scrub setiap hari?
5. Apakah eksfoliasi baik (atau buruk) untuk wajah yang berjerawat?
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: