Manfaat Buah Delima dan Cara Mengonsumsinya

By  |  0 Comments

Buah Delima dikenal dengan nama latin punica grantum. Secara historis, Buah ini diyakini berasal dari Iran yang kemudian dibawa ke Mesir oleh para pedangang pada tahun 1600 SM. Pada saat itu, Delima diakui sebagai sumber makanan penting karena selain rasanya yang manis, khasiat beragam yang dimilikinya menjadikannya sebagai bahan utama dalam pembuatan obat tradisional ataupun ramuan peningkat stamina dan kesehatan. Tak heran, para ilmuan di masa ini menyebut buah Delima dengan sebutan “super fruit” karena kandungan vitamin dan antioksidan yang begitu tinggi sehingga mampu mengatasi berbagai macam penyakit dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.[1]

Menurut artikel “Journal of Food Composition and Analysis”, diterbitkan pada tahun 2006, kandungan terbesar dari minyak biji delima ini adalah asam linoleat dan asam lemak omega-3. Selain minyak alami, komposisi biji delima lainnya terdiri dari protein, serat kasar, vitamin, mineral, dan senyawa polifenol.[2]

Meskipun buah Delima memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, kali ini kita akan berfokus pada khasiat buah Delima untuk kecantikan dan khususnya kesehatan kulit. Tak hanya menyajikan bagaimana super fruit ini mampu mengatasi masalah kulit yang kamu hadapi, sebuah sesi khusus tentang bagaimana cara mengonsumsi buah Delima juga akan dihadirkan pada akhir pembahasan.

5 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

1. Mencegah Proses Penuaan

Seiring berjalannya waktu, kemampuan sel pada tiap-tiap organ tubuh, termasuk kulit untuk kembali pada fungsi vitalnya semakin menurun. Ketika kita mengonsumsi buah Delima, tubuh akan memproduksi molekul bernama Urolithin A. Molekul ini adalah adalah satu-satunya senyawa yang bisa membantu proses kinerja mitokondria. [3]

Selanjutnya, melalui bantuan mikroba dalam usus Urolithin A yang diproduksi oleh tubuh sebelumnya kemudian akan bertransformasi dan merangsang kemampuan sel-sel otot untuk melindungi diri dan kembali pada fungsi vitalnya. Sehingga, proses penuaan akan berjalan lebih lambat dari apa yang seharusnya terjadi.

2. Melindungi Kulit dari Kerusakan

Paparan sinar matahari dan radikal bebas berpotensi untuk membuat kulitmu terbakar, iritasi, memicu produksi minyak berlebih, membuat kulit terlihat kusam, mempercepat proses penuaan, bahkan menumbuhkan sel-sel kanker yang tentunya akan sangat berbahaya baik bagi kesehatan maupun penampilanmu.

Kandungan  asam ellagic, semacam antioksidan polifenol yang terkandung dalam minyak biji Delima mampu memberikan perlindungan dari semua dampak buruk yang diakibatkan oleh lingkungan sekitar. Campurkan ke dalam pelembab, atau gunakan Delima sebagai masker untuk mendapatkan perlindungan sempurna sepanjang hari.

3. Menyeimbangkan Kondisi Kulit

Kondisi kulit yang terlalu kering dapat memicu munculnya iritasi, jerawat, garis halus dan penuaan dini. Sebaliknya, kondisi yang terlalu berminyak membuat kulit terlihat kusam, kotor, dan memungkinkan terjadinya sumbatan serta masalah jerawat yang lebih kompleks. Buah Delima, menjadi sebuah jawaban atas permasalahan baik untuk kulit kering, berminyak, maupun kombinasi.

Asam punicic yang terkandung pada Delima dapat mengunci dan mempertahankan kelembapan pada wajah. Sehingga kulit kamu akan selalu terhidrasi dari dalam untuk pemilik jenis kulit kering, sekaligus menekan produksi minyak berlebih untuk pemilik jenis kulit berminyak ketika mengonsumsi buah Delima secara rutin. Pasalnya, produksi minyak berlebih kebanyakan disebabkan karena kondisi kulit yang secara gradual kehilangan kelembapan.

4. Atasi Masalah Jerawat

Mengonsumsi buah Delima dapat mencegah pembentukan komedo, jerawat maupun jerawat batu. Secara langsung, kandungan antioksidan dan vitamin pada buah Delima membantu melindungi permukaan kulit dari kerusakan, mengontrol produksi minyak berlebih, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Secara tidak langsung, buah Delima membantu menstabilkan fungsi organ penting seperti pencernaan, jantung, juga hati yang ditengarai dapat memunculkan jerawat jika fungsinya tidak berjalan sesuai semestinya.[4]

Selain itu, kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada buah Delima dapat meredakan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Dengan begitu, mengonsumsi buah Delima mampu mengatasi jerawat melalui dua cara, yaitu melakukan pencegahan atas pembentukan jerawat baru, juga mempercepat proses penyembuhan jerawat yang telah ada.

5. Mengurangi Bintik dan Flek Hitam

Hiperpigmetasi, bintik dan flek hitam biasanya muncul mengikuti masalah kulit lain seperti jerawat, kulit terbakar, juga penuaan dini, serta kerusakan kulit akibat dampak radikal bebas. Hiperpigmentasi, bintik dan flek hitam muncul karena regenerasi kulit yang lambat atau terhambat, meninggalkan kulit dalam kondisi yang rentan sedangkan sisa trauma akan kerusakan yang sama belum pulih sepenuhnya, memaksa kulit untuk memperkuat lapisan pigmen pada spot tertentu untuk melindungi diri dari dampak kerusakan yang sama.

Vitamin dan antioksidan pada buah Delima dapat mengatasinya dengan cara mengoptimalkan fungsi regenerasi pada kulit. Tak hanya mencegah pembentukan bintik dan flek hitam baru, optimalnya regenerasi kulit yang ditunjang dengan perawatan yang baik dan teratur dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah dengan cepat.

Cara Terbaik Mengonsumsi Buah Delima

Bagi mereka yang kurang familiar dengan buah yang satu ini mungkin akan sedikit kebingungan bagaimana cara mengonsumsi memakan Delima. Delima memang sedikit berbeda dengan kebanyakan buah lainnya yang antara bagian buah dan bijinya terpisah atau setidaknya mudah untuk di pisahkan.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsi buah Delima?

Delima biasanya kita temukan dalam bentuk jus ataupun sari buah yang telah di proses dan dikemas rapi lengkap dengan bijinya, dan hal tersebut merupakan salah satu cara terbaik untuk mengonsumsinya. Mungkin mengonsumsi buah beserta bijinya terasa sedikit mengganjal, namun jangan salah bahwa biji Delima juga memiliki kandungan vitamin dan minyak baik yang tak kalah bermanfaat dari bagian buah atau Arilis yang membungkus bagian biji Delima.[5]

Untuk itu, mengonsumsi biji Delima bersamaan dengan buahnya sangatlah dianjurkan. Sepertihalnya biji semangka, biji Delima tidak akan menyebabkan gangguan pada pencernaan. Namun, menghancurkannya terlebih dahulu dengan gigi-gigi ataupun mesin blender untuk dijadikan jus sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi yang terkandung didalamnya. Jika kamu masih merasa tidak nyaman dengan hal ini, penggunaan saringan untuk memisahkan ampas biji dengan sari pati Delima mungkin patut kamu pertimbangkan.

Memisahkan Biji/Buah dengan Kulitnya

Salah satu hal yang menjengkelkan ialah ketika harus memisahkan biji ataupun buah Delima dengan kulitnya. Pastikan untuk tidak menyisakan kulit atau sekat pada sela-sela biji Delima karena akan terasa sangat pahit.[6]

Lalu bagaimana cara mengambil dan memisahkan biji Delima dari kulitnya?

  1. Pilihlah Delima dengan kematangan yang sempurna. Kondisi ini bisa dilihat dari kulitnya yang tipis, juga ukuran serta berat Delima. Semakin berbobot, semakin banyak kandungan air sari buahnya.
  2. Potonglah secara melingkar pada tepian di sekitar area mahkota Delima. Jika Delima telah berada dalam kondisi kematangan yang sempurna, kamu bisa dengan mudah memisahkan potongan kulit tersebut dengan buahnya.
  3. Kamu akan melihat sekat pemisah yang membagi Delima menjadi empat bagian. Iris secara vertikal kulit Delima, ikuti garis pada sekat yang memisahkan buah Delima menjadi empat bagian hingga mereka saling bertemu.
  4. Dengan segikit upaya dan tenaga, kamu bisa memecah Delima dan langsung menikmatinya dengan berbagai cara yang kamu sukai.

Pada beberapa Negara yang memiliki tradisi mengonsumsi Delima sepertihalnya Iran, mereka memiliki cara untuk untuk mengonsumsinya. Selain mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai cemilan, Delima juga bisa dicampurkan pada Sup, taburan makanan, campuran rujak, serta salad buah.[7] Sebagai penutup, selain mengonsumsinya secara langsung kamu juga bisa menggunakan Delima sebagai masker wajah untuk atasi masalah penuaan dini, kulit kering, berminyak, jerawat dan bekas jerawat membandel.

External Refference   [ + ]

1. 23 Buah yang masuk dalam kategori “super fruit yang harus kamu ketahui.
2. Apakah biji buah Delima boleh dimakan?
3. Patrick Aebischer dari Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, sebuah pusat penelitian di Swiss dalam artikel tentang manfaat jus Delima untuk memperlambat penuaan.
4. 17 Manfaat buah Delima untuk kesehatan dan kecantikan
5. 7 Manfaat megangumkan dari biji buah Delima
6. Bagaimana cara menyantap buah Delima?”
7. 4 Cara unik untuk mengonsumsi buah Delima.
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: