Kapan Waktu yang Baik untuk Ngeteh?

By  |  0 Comments

Teh tersedia dengan berbagai jenis varian dan ragam. Masing-masing varian dan ragam memiliki kandungan yang cukup unik dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit, melawan dampak buruk radikal bebas, dan membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh. Termasuk, membantu Mengatasi Jerawat dan bekas jerawat pada wajah dengan mengoptimalkan fungsi regenerasi pada kulit wajah kita.

Namun, tahukah kamu bahwasa meminum teh di saat yang tidak tepat justru dapat membahayakan tubuh kita?. Oleh karena itu tulisan ini akan membahas kapan waktu yang baik untuk minum teh. Lalu kapan waktu yang tepat untuk minum teh?

Dua Jam Sebelum Makan Besar

Kerap kita jumpai baik di depot, watung, resto, ataupun café yang menyediakan teh sebagai minuman pendamping yang bisa diminum setelah menyantap makanan yang telah dihidangkan. Padahal, minum teh tepat setelah makan atau bersamaan dengan waktu makan dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi yang ada pada makanan yang kita santap. Sifat Tannin dalam teh yang mengikat mineral disekitarnya membuat mineral dalam makanan khususnya zat besi maksimal hanya bisa terserap setengah dari apa yang kamu makan. Selebihnya, mineral yang telah terikat oleh tannin dalam teh akhirnya tidak dapat digunakan tubuh dan terbuang bersama feses [1].

Jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka makanan yang kamu dapatkan dengan perjuangan pun akan terbuang sia-sia. Terlebih lagi, kamu juga akan merasakan dampak seperti kekurangan zat besi atau mineral lain yang dalam prosesnya dapat memicu terjadinya kanker darah dan kekurangan gizi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi teh dua jam Sebelum Makan besar. Dua jam jeda waktu ini diperuntukkan agar teh tercerna dan kandungan tannin yang ada didalamnya tidak mengganggu penyerapan makanan pada saat sistem pencernaan mencerna makanan besar.

Saat Santai di Pagi Hari dan Sore Hari

Waktu yang baik untuk ngeteh ialah saat kita sedang santai, yaitu di pagi hari sebelum memulai aktifitas dan di sore hari untuk mengakhiri kesibukan hari ini. Di Pagi Hari, kandungan kafein dalam teh sedikit banyak membuat tubuhmu akan merasa segar dan lebih siap untuk memulai hari, sedangkan di Sore Hari dapat membatu pikiran untuk senantiasa fokus dan mengembalikan mood setelah seharian mengalami tekanan dalam pekerjaan.

Konsumsi teh pada dua waktu tersebut sangat penting menginat kandungan kafein dalam teh yang bersifat diuretik—mendorong produksi air seni,[2] bisa menjadi sangat mengganggu ketika kamu harus melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan konsentrasi dan mobilitas yang tinggi.

Oleh karenanya, waktu terbaik untuk mengonsumsi teh ialah saat santai di pagi hari sebelum beraktifitas dan di sore hari setelah beraktifitas. Hindari mengonsumsi teh di sela-sela kegiatan yang memerlukan mobilitas yang tinggi.

Ditemani dengan Biskuit atau Camilan Ringan

Beberapa jenis teh sepertihalnya teh hijau tidak hanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sepertihalnya kopi, minum teh dalam kondisi perut yang benar-benar kosong dapat berdampak fatal bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan ataupun lambung yang lemah.

Kandungan Kafein dalam teh yang dikonsumsi sebelum makan tepat pada saat perut dalam kondisi kosong dapat mengganggu keseimbangan asam perut.[3] Oleh karenanya, sediakan teman makan sepertihalna biscuit atau camilan ringan untuk menemani waktu santaimu di pagi atau sore hari. Selain menjadi lebih nikmat, cara tersebut juga merupakan salah satu metode diet yang dirasa cukup efektif. Tannin dalam teh mampu mengikat mineral termasuk lemak sehingga tidak terserap oleh tubuh. Jika sebelum makan kamu telah mengonsumsi beberapa makanan, maka pada sesi makan besar kamu tidak akan terlalu lapar untuk menyantap semua hidangan yang ada di meja makan.

Cukup Sekali Sehari Asalkan Rutin

Berbagai jenis makanan ataupun minuman yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik, meskipun makanan atau minuman tersebut pada dasarnya menyehatkan. Sebaiknya, konsumsi teh sekali atau dua kali sehari. Asalkan dilakukan secara rutin dan dikonsumsi dengan cara serta Waktu yang Tepat, manfaatnya akan bisa kamu rasakan secara lebih menyeluruh.

TIPS:

  • Hindari minum teh di malam hari, kandungan kafein dalam teh justru dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan stress.
  • Jangan menggunakan teh celup secara berulang-ulang. Gunakan teh celup tidak lebih dari dua kali. Selain itu, jangan terlalu lama merendam teh celup dalam gelas, karena pembungkus teh celup biasanya mengandung pemutih yang berbahaya jika terakumulasi dalam tubuh. Sebaiknya, cukup rendam teh celup tidak lebih dari 3 menit dalam air mendidih dan 5 menit dalam air hangat.
  • Teh dapat membersihkan kotoran dan racun dalam tubuh. Prinsip serupa bisa digambarkan pada saat kita sedang menguras bak mandi. Maka tidak heran jika kamu merasa ingin buang air kecil beberapa saat setelah minum teh. Akibatnya, cairan dalam tubuh kita pun akan terkuras. Untuk itu minum banyak air beberapa saat setelah kamu mengonsumsi teh.

External Refference   [ + ]

1. Awas bahaya minum teh setelah makan
2. Saat tepat minum teh
3. Ini 6 cara minum teh hijau dengan benar
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: