Jerawat di Kemaluan Pria dan Cara Mengatasinya

By  |  5 Comments

Sama seperti halnya jerawat pada wajah wajah, punggung, dan dada, bisul atau jerawat di kemaluan pria juga sangat mengganggu dan mampu menurunkan gairah bercinta kamu. Apalagi bagi kamu yang sudah beristeri dan aktif melakukan hubungan seksual. Tidak hanya dapat membuat Istri ogah menikmati hubungan intim denganmu, namun kamu juga akan di cap sebagai pria yang jorok dan tidak tahu bagaimana cara menjaga kebersihan.

Benjolan, bintil-bintil, ataupun jerawat di daerah kemaluan pria maupun daerah buah zakar banyak ditemukan saat usia remaja. Dari penelitian yang pernah dilakukan, 8 dari 10 remaja pernah memiliki jerawat pada kemaluan pria dan akan hilang sendiri pada saat mereka dewasa[1]. Namun dalam beberapa kasus yang langka, beberapa pria masih memiliki bintil-bintil jerawat permanen hingga usia mereka menginjak 40 tahun. Hal yang perlu diperhatikan lebih jauh adalah[2]:

  • Apakah benjolan tersebut sakit?,
  • Sejak kapan munculnya?,
  • Apa semakin bertambah besar atau menyebar dan bertambah banyak?,
  • Apakah berdampak gatal?, dan
  • Apakah menyebabkan gangguan gerak?.

Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah “iya” maka kamu perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit kelamin dan mereka yang telah ahli di bidangnya.

Penyebab Jerawat di Kemaluan Lelaki


Benjolan seperti jerawat yang muncul di kemaluan pria sangatlah beragam. Oleh karena itu ada banyak sekali pemicu munculnya jerawat di kemaluan pria. Sebagian dari benjolan tersebut sangatlah berbahaya, sebagiannya lagi hanya berupa jerawat yang terbentuk karena kelenjar kecil yang mengalami pembengkakan, tak jauh berbeda dengan jerawat pada punggung, wajah, dan dada yang disebabkan karena kebersihan yang kurang diperhatikan penderita.

Kegiatan seksual seperti berhubungan seks dan masturbasi pada pria juga bisa menyebabkan bintil-bintil kecil seperti jerawat, khususnya di sekitar batas antara kepala dan batang Mr. P. Bintil atau jerawat yang sifatnya hanya sementara ini merupakan lymphocele yang membengkak karena terjadi penyumbatan kanal limfatik[3].

Lalu bagaimana cara membedakan jerawat di kemaluan pria yang berbahaya dan tidak berbahaya? bintil-bintil mirip jerawat yang normal dan yang berbahaya bisa dibedakan dari ciri-ciri sebagai berikut[4]:

Jerawat di Kemaluan Pria yang Tidak Berbahaya


Secara umum, berikut bintil atau yang menyerupai jerawat di kemaluan lelaki yang dikategorikan tidak berbahaya dan dapat ditangani sepertihalnya penanganan pada jerawat di wajah, punggung, dada, dan leher:

  1. Kista Sebasea: berbentuk seperti jerawat yang berwarna kekuningan. Di suatu area seperti area buah zakar, jumlahnya bisasa sampai belasan. Benjolan di kelamin pria ini disebabkan oleh pembengkakan kelenjar yang sangat normal terjadi pada remaja maupun pria dewasa. Kalaupun terjadi infeksi, mudah sekali diobati dengan obat luka biasa atau obat yang direkomendasikan oleh dokter kulit kelamin melalui kontrol dan konsultasi terlebih dahulu.
  2. Bintil Kulit Ayam: Benjolan di kelamin lelaki ini disebut bintil kulit ayam karena membuat kulit di area kemaluan (khususnya di bagian pangal dan kantung buah zakar) mirip sekali dengan kulit ayam setelah direbus dan dicabuti bulunya. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Kista sebasea seringkali berasal dari selubung akar rambut (folikel) yang membengkak aau kelenjar sebasea. Cedera pada kulit juga bisa merangsang terbentuknya sebuah kista. Kista Sebasea ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dan bukan merupakan kista yang berbahaya.
  3. Angiokeratoma Buah Zakar: Bentuknya kecil, berwarna merah dan dapat menimbulkan rasa gatal. Jika masih tertutup berwarna ungu dan terlihat seperti lepuh darah. Jika terjadi lecet atau iritasi karena di garuk atau bergesekan dengan benda kasar, kadang mengeluarkan cairan seperti nanah dan air yang kadang juga bercampur dengan darah.

Itu tadi beberapa jenis Benjolan atau Jerawat pada kemaluan pria yang umumnya tidak berbahaya, namun sangat mengganggu dan oleh karena masih perlu mendapatkan penanganan dokter obat yang relevan.

Jerawat pada Kemaluan Lelaki yang Berbahaya


Jika sebelumnya telah dipaparkan jenis jerawat atau benjola pada kemaluan pria yang tidak berbahaya, kini saatnya kita mengetahui beberapa jenis benjolan di kemaluan pria yang berbahaya dan harus segera ditangani oleh para ahli karena masalah ini menyangkut masa depan kamu dan keluarga kamu.

  1. Varikokel: Varikokel atau varises di kemaluan kadang tidak disertai gejala adanya benjolan seperti jerawat yang muncul di permukaan kulit. Namun yang jelas, varises di kemaluan pria akan menyebabkan rasa tidak nyaman terutama jika duduk, berdiri, maupun mengejan. Seorang pria yang mempunyai varikokel atau varises di kemaluan tidak dapat mendapatkan keturunan. Ironisnya, tidak semua pria menyadari punya varikokel atau varises di biji kemaluan. Padahal, diperkirakan 10-15 persen pria memiliki kondisi yang membuatnya susah mendapatkan keturunan ini. Sebagian besar baru menyadarinya setelah menikah[5]. Oleh karena itu, jika kamu merasakan nyeri di bagian testis segeralah berkonsultasi agar dokter segera bisa mendiagnosis dan memberikan pemecahan masalah yang tepat.
  2. Kista/Tumor: Kista maupun tumor pada testis memang tergolong relatif langka namun harus tetap di waspadai. Jika ada benjolan keras dan berbeda dari bintil sebelumnya yang ada pada testis dan bukan pada skrotum, maka hendaknya kamu perlu mewaspadainya dengan melakukan pemeriksaan mandiri pada benjolan tersebut. Tumor testis biasanya jarang disertai dengan sakit pada benjolan kerasnya jika di tekan, meski demikian jika kamu dapat merasakan nyeri tumpul di sekitar skrotum yang menjalar hingga ke selangkangan, atau pembengkakan pada skrotum kamu perlu memeriksakan dirimu ke dokter agar mendapatkan arahan yang lebih jelas. Kanker testis lebih umum dijumpai pada remaja pria dan dewasa muda.
  3. Kutil Kelamin: Penyebab Kutil Kelamin adalah virus yang biasa disebut Human Papiloma Virus atau disingkat menjadi HPV. Virus ini menghinfeksi lapisan permukaan kulit sehingga kutil bisa berada pada kulit. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV, tetapi hanya beberapa yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Penyakit ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Pada wanita, kutil kelamin dapat muncul di dalam dan di luar alat kelamin, area kelamin dan juga pada leher rahim (serviks). Kutil kelamin dapat menyebabkan gejala seperti rasa terbakar, gatal, atau nyeri. Sedangkan pada pria, kutil kelamin muncul di batang kemaluan atau area sekitar Mr. P. Kutil kelamin umumnya berukuran kecil, berwarna seperti daging atau abu-abu dan biasanya berkumpul membentuk kembang kol. Gatal dan kadang berdarah kalau terkena gesekan[6].

Walaupun kurang tepat untuk dikatakan sebagai penyebab utama kematian, penyakit kelamin yang tumbuh seperti jerawat di atas dapat menyebabkan beban psikologis yang berat karena terletak pada organ vital yang merupakan simbolisasi seorang pria dan kerap dikaitkan dengan keperkasaan seorang pria.

Cara Mengatasi Jerawat pada Kemaluan Pria


Secara umum penyebab masalah kulit didaerah kelamin terutama jerawat di kemaluan pria disebabkan karena faktor kebersihan dan kondisi Mr. P sendiri yang lembab karena selalu tertutup pakaian. Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat di kemaluan pria dan wanita lakukan perbaikan dasar seperti membersihkan kelamin dengan benar setelah buang air kecil, melakukan penggantian celana dalam setelah beraktifitas dan berkeringat, dimana hal tersebut diupayakan agar kondisi kulit didaerah tersebut tetap terjaga tingkat kekeringannya.

Selain itu, agar tidak terjangkit penyakit menular seksual yang berasal dari beberapa virus dan bakteri mematikan, selalu pastikan kamu tidak melakukan hubungan seksual yang beresiko. Hanya lakukan hubungan intim dengan pasangan tetap untuk meminimalisir dampak penularan penyakit menular seksual.

Itu tadi beberapa ulasan singkat tentang penyebab, jenis jerawat pada kemaluan pria yang berbahaya dan tidak berbahaya, serta cara mengatasi jerawat di kemaluan pria. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika jerawat pada kemaluanmu ternyata adalah penyakit kelamin yang ganas, Diagnosa sedini mungkin dapat membantumu menyelamatkan masa depanmu. Semoga beruntung!.

External Refference   [ + ]

1. 100 konsultasi terpopuler 2014: munculnya kutil di Kemaluan
2. Konsultasi tentang jerawat di kemaluan pria dan cara mengatasinya
3. Masturbasi dapat sebabkan jerawat dari dalam dan dari luar
4. Ulasan tentang jenis jerawat di kemaluan pria
5. Sebagian besar varises pada kemaluan baru ketahuan setelah menikah
6. Bahaya kutil kelamin yang penderitanya terus meningkat
DMCA.com Protection Status

5 Comments

  1. Dito

    14 Desember 2016 at 14.59

    Klo buah zakar ada kayak jerawat banyak trs rasanya perih itu knp yaaa….
    Penyebabnya apa..
    Untuk menyembuhkannya gmn..
    Mhon infonya….
    Trima kasih

  2. arif

    22 Maret 2017 at 16.06

    kalo muncul bintilnya di batang penis kecil kecil tapi tidak perih,
    penyebab apa
    dan cara mengatasi/mengobatinya bagaimana.
    mohon infonya
    terimakasih

  3. Mochamad ridwan

    24 Mei 2017 at 23.40

    Misi mau tanya dok,,kalau ada jerawat sprti bisul didaerah rambut kemaluan laki2 itu bisa menyebar dan berbahaya tidak , solusi selanjutnya saya harus ngapain ? Sya juga kaget perasaan gk begini sebelumnya

    • Antonio

      15 Juni 2017 at 15.20

      Saya juga sama dengan bang Mochamad ridwan dok bagaimana itu

    • Tedi

      23 Juni 2017 at 12.03

      Sama nih kasusnya 🙂

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: