Menghilangkan Bopeng Jerawat Berdasarkan Jenisnya

By  |  0 Comments

Parut bekas jerawat atau yang lebih populer dengan sebutan ‘bopeng’ merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan bagi remaja yang peduli dengan penampilan dan performanya. Pasalnya, parut atau bopeng berbeda dengan bekas jerawat yang berwarna kehitaman seperti flek hitam. Segala usaha pun dilakukan untuk menghilangkan bopeng di wajah dengan cepat. Mulai dari penggunaan bahan-bahan alami melalui konsumsi sehat maupun aplikasi topikal, sampai dengan percobaan-percobaan aneh nan tak berdasar yang didapat dari berbagai macam sumber yang menyesatkan.

Well, setidaknya itu semua memberikan gambaran pada kita bahwa bopeng dan lubang pada wajah merupakan dampak dari jerawat yang tidak ditangani secara tepat. (Selengkapnya baca: Pertolongan Pertama pada Jerawat)

Sebelum kita mulai untuk melakukan berbagai ritual penyembuhan pada jaringan parut atau bopeng di wajah, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui jenis dan kedalaman jaringan parut yang ada di wajah kita. Berbeda jenis dan kedalaman, berbeda pula penanganan yang harus diupayakan. Semakin dalam dan luas cakupan jaringan parut atau bopeng jerawat pada wajah, semakin sulit dan kompleks pula penanganan yang harus diupayakan. Namun, jangan menyerah sebelum mencoba ya JerawatHaters, sebab menghilangkan bopeng dan lubang pada wajah memang membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Secara singkat, jaringan parut (facial scarring) merupakan dampak dari jerawat yang sering dikeluhkan oleh penderita jerawat batu dan kemudian membawanya untuk berkunjung ke dokter kecantikan atau spesialis kulit wajah. Perlu diketahui, jaringan parut atau bopeng dapat diakibatkan oleh berbagai proses peradangan seperti jerawat, trauma, bekas luka operasi, infeksi virus seperti cacar air atau herpes. Nah, untuk lebih jelasnya berikut Jenis-Jenis Jaringan Parut (Bopeng) sesuai kedalaman dan cakupan luasnya:

Macam dan Jenis Bopeng Bekas Jerawat dan Penanganannya


1. Bopeng Bekas Jerawat Ice Pick dan Cara Menghilangkannya

cara menghilangkan ice pick scarsIce Pick Scars merupakan lubang parut pada wajah yang berukuran kecil, berujung sedikit kasar dan berdiameter 1-2 mm yang biasanya dapat ditemui di bagian pipi. Jenis jaringan parut Ice Pick Scars sering sekali terjadi dan bervariasi kedalaman serta kekasarannya bila disentuh.

Sedangkan untuk penanganannya, Ice Pick Scars dapat diatasi dengan menggunakan metode graft (cangkok kulit ke jaringan parut dari kulit belakang telinga) serta menggunakan bantuan asam trikloroasetat[1]. Asam trikloroasetat ini sengaja dimaksudkan untuk mematikan sel kulit lapisan teratas dan mematikan jaringan kolagen sehingga merangsang remodeling kolagen pada kulit wajahmu dalam beberapa bulan.


2. Bopeng Bekas Jerawat Boxcar dan Cara Menghilangkannya

cara menghilangkan boxcar scar karena jerawatBoxcar merupakan lubang parut pada wajah yang kerap dapat dikenali dengan permukaan yang lebar, bisa dangkal (<0,5 mm) atau juga bisa dalam (>0,5 mm). Tepi vertikal yang tajam dan batas yang jelas berbentuk bulat atau oval (diameter 1,5-4 mm).  Tipe ini lebih lebar dibandingkan ice pick. Biasanya jaringan parut jenis Boxcar disebabkan oleh bekas cacar air dan herpes.

Untuk penanganan jaringan parut bekas jerawat jenis Boxcar ini dapat ditangani dengan menggunakan metode punch elevation, yaitu dengan menggunakan tephine atau pisau bedah kecil[2]. Selain itu, peeling tingkat dalam menggunakan fenol, dermabrasi, dan laser. Tipe ini tidak dapat diatasi dengan peeling tingkat dangkal atau medium (seperti peeling yang ditawarkan di salon-salon kecantikan).


3. Bopeng Bekas Jerawat Rolling /Shallow dan Cara Menghilangkannya

cara menghilangkan shallow scar pada wajahJaringan parut Shallow atau yang juga kerap diseput tipe Rolling adalah parut bergelombang yang dangkal namun juga lebar. Dengan lebar sekitar 4-5 mm atau lebih dan mempunyai dasar yang keras bila disentuh.

Penanganan jaringan parut Rolling atau Shallow bisa juga dilakukan seperti halnya penanganan terhadap bopeng jenis Boxcar. Sinar laser dikombinasi dengan peeling kimiawi tingkat medium/dalam dapat saling bersinergis demi tercapainya estetika yang diinginkan[3].


4. Jaringan Parut (Bopeng) Tipe Lembah dan Cara Mengatasinya

Sedangkan, untuk tipe jaringan parut lembah yang dapat dikenali dengan kehilangan volume jaringan sampai tingkat dermis atau jaringan bawah kulit[4], penanganannya dapat menggunakan filler, yaitu pengisian jaringan dengan cara menyuntikkan filler pada jaringan parut yang ada.


5. Jaringan Parut (Bopeng) Hypertropic dan Cara Mengatasinya

Berbeda dari parut jerawat yang telah dijelaskan sebelumnya, Hypertropic Scars merupakan bekas luka yang menebal[5]. Hypertropic Scars sangat mirip dengan keloid, hanya saja hypertropic tidak dapat melebar dan membesar melebihi luka aslinya. Akan tetapi, luka ini lambat laun akan hilang dengan sendirinya. Kamu bisa menggunakan krim penghilang bekas jerawat atau produk produk lainnya agar bekas jerawat jenis ini bisa cepat hilang.

Selain cara-cara diatas, banyak juga cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bopeng atau lubang pada wajah secara cepat. Salah satunya ialah dengan menggunakan injeksi kolagen, dermabrasi, mikrodermabasi, laser, bedah kulit, intense pulse light (IPL), mesoterapi, pengelupasan kimiawi atau chemical peeling, juga masih banyak lagi alat-alat kedokteran modern yang dapat menghilangkan bopeng dengan hasil yang maksimal.

Demikian berbagai Jenis dan Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Karena Jerawat, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan metode apa yang akan kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat atau jaringan parut dan bopeng pada wajah.

External Refference   [ + ]

1. 7 Cara untuk mengatasi ice pick scars
2. Postinflammatory Erythema untuk mengatasi bopeng jerawat boxcar
3. Cara mengatasi bopeng yang disebabkan jerawat
4. Kenali dan atasi jaringan parut pada wajah
5. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: