Ini Daftar Makanan yang Membuatmu Terlihat Cepat Menua

By  |  0 Comments

Memiliki wajah bersih bebas jerawat dan bekas jerawat memang merupakan suatu yang diidamkan oleh banyak orang. Khususnya bagi para remaja dan mereka yang masih berkutat dengan masalah jerawat dan bekas jerawat membandel pada wajah. Namun, hal tersebut rasa-rasanya belum cukup untuk mempersembahkan performa maksimal dari dirimu.

Selain wajah yang bersih tanpa noda, wajah yang terlihat awet muda merupakan dambaan dan impian dari setiap pria dan wanita yang selalu dituntut maksimal dalam setiap penampilannya. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang rela pergi ke klinik kecantikan dan mengeluarkan banyak uang hanya untuk membuat penampilannya terlihat 1-5 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Namun, ada hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat wajah kita terlihat lebih muda dari usia sebenarnya. Yaitu mencegah proses penuaan ataupun penuaan dini yang kita alami dengan menjauhi beberapa makanan yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Untuk itu, berikut beberapa makanan yang dapat membuatmu cepat tua.

Daftar Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan


Gula

Tidak hanya membuat kita gemuk, gula juga membuat kita lebih mudah berkeriput. Gula dalam tubuhmu akan mengaitkan dirinya dengan kolagen yang membuat kulit kehilangan fleksibilitasnya. Menurut dr. Eric dari University of Pennsylvania, 80% berat kulit kita terdiri dari kolagen. Kolagen menyediakan struktur ke kulit yang bekerjasama dengan protein lain yang dinamakan elastin, yang berguna untuk membuat kulit lebih elastis.[1] Selain itu, sifat gula yang dehidratif membuat kulitmu rentan terhadap pembentukan garis-garis keriput baru.

Jika kamu ingin mempertahankan kekencangan dan terlihat lebih awet muda dari yang lain, menghindari gula adalah solusi terbaik yang bisa dengan mudah kamu lakukan. [2] Termasuk gula buatan yang berbahaya, juga sumber makanan lain dapat menghasilkan glukosa sepertihalnya beras dan gandum.

Lemak Trans

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang umum ditemukan di alam namun bisa disintesis secara buatan. Hidrokarbon adalah atom karbon dengan atom hidrogen yang saling tersambung dengan ikatan tunggal maupun rangkap. Ikatan rangkap dapat berupa ikatan trans maupun cis. [3]

Tidak jauh berbeda dengan gula, konsumsi lemak trans dapat membuat kulit kaku dan tak lentur, sehingga mempermudah munculnya kerutan-kerutan baru pada wajah dan kulit kita. Selain itu dalam prosesnya lemak trans yang telah terhidrogenasi dapat berubah menjadi senyawa yang sangat inflamatif. Lemak trans bahkan mungkin membuat kulit kita lebih rentan terhadap paparan sinar UV.[4]

Kafein

Kebanyakan dari kita menyukai kopi. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih segar, konsumsi kafein juga terkadang amat sangat membantu kita dalam mencari sumber inspirasi maupun sekedar menahan rasa kantuk. Namun, dibalik itu semua konsumsi kafein ternyata membuat proses penuaan dalam tubuh kita berjalan lebih cepat dari semestinya.

Kantuk biasanya merupakan pertanda dan alarm alami bagi tubuh kita untuk mengambil sesi tidur tambahan karena tubuh kita terlalu lelah. Meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein untuk membuatmu terjaga merupakan usaha memaksakan diri. Untuk itu biasakan mendapat tidur yang cukup agar bisa beraktivitas dengan maksimal, dan pastikan selalu meminum satu gelas tambahan air putih setelah kamu menghabiskan kopimu untuk memastikan tubuhmu cukup terhidrasi dengan baik.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak, apalagi dalam kadar yang dapat dikatakan “berlebihan” dapat membuat tubuhmu mengalami dehidrasi. Kondisi tubuh yang kekurangan air dapat membuat fungsi organ-organ dalam tubuhmu tidak bekerja secara maksimal atau bahkan dapat mengalami kegagalan. Salah satu dampak yang terlihat adalam munculnya keriput, menurunnya kadar kolagen pada kulit, kulit kemerahan, serta wajah yang sembab atau terlihat bengkak.

Sehingga, dapat membuatmu terlihat lebih tua dari usiamu yang sebenarnya. Oleh karena itu, hidari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkoho. Atau setidaknya, tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Garam

Well, garam tentu merupakan salah satu mineral yang amat sangat dibutuhkan oleh tubuhmu. Namun sebenarnya, tubuh kita hanya membutuhkan kurang dari 7gr garam dapur sehari atau setara dengan 3.000 mg sodium.[5]

Dalam jumlah yang lebih dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita, konsumsi makanan yang mengandung garam bisa menjadi bencana. Tidak jauh berbeda ketika kita mengonsumsi alkohol ataupun obat-obatan lain, garam dapat memicu dehidrasi, menyebabkan tubuh kita cepat merasa lelah dan pucat, serta memicu munculnya penyakit hipertensi.

Soda

Tidak hanya tinggi akan gula, soda juga dapat dengan mudah membuat tubuh kita dehidrasi yang membuat kita akan sangat mudah merasa kelelahan. Tubuh dan wajah yang terlihat kelelahan tidak baik bagi kesan pertama yang terpancar pada wajah kita. Tidak hanya membuat kita terlihat kurang ramah, namun pancaran wajah yang kelelahan dapat membuat orang mengira kita lebih tua dari usia kita sebenarnya.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Denmark, meminum satu liter soda cola teratur setiap hari dapat meningkatkan akumulasi jumlah lemak di hati, otot dan sekitar organ dalam perut. Peningkatan rasio lemak pada organ-organ penting ini membuat organ yang ada bekerja lebih berat dari apa yang seharusnya dikerjakannya. Meningkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung. Pada pengertian ini, konsumsi soda tidak lagi sekedar membuatmu terlihat lelah dan lebih tua, namun juga membuatmu benar-benar cepat menemui akhir hidupmu.

[Tips] Cara Mudah Mencegah Penuaan Dini

Terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya merupakan mimpi buruk bagi setiap orang. Tidak hanya akan di cap sebagai pemilik wajah boros, namun juga akan berdampak pada menurunnya rasa percaya diri kita. Untuk itu, beberapa hal sederhana di bawah mungkin bisa kamu lakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan muncul lebih dini. Bahkan kamu bisa mendapatkan wajah yang tampak lebih muda jika menerapkan cara di bawah sebagai kebiasaan.

  • Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik, banyak minum air mineral/air putih namun usahakan tidak meminumnya dalam sekali teguk. Minumlah secara berkala, 8 kali dalam sehari, setiap sesinya sebanyak 1 gelas air.
  • Hindari makanan yang dapat mempercepat proses penuaan seperti yang telah disebutkan di atas. Jika kamu tidak bisa menghindari beberapa makanan/minuman yang telah disebutkan di atas, setidaknya berusahalah untuk mengurangi porsinya.
  • Kurangi aktifitas yang dapat memicu kerusakan pada kulit. Sepertihalnya mandi sinar matahari yang membuat kulitmu terbakar dan terpapar radikal bebas. Atau, gunakan masker wajah yang mengandung aktioksidan untuk melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.
  • Konsumsi vitamin C secara teratur, baik dari buah dan sayuran segar maupun dari suplemen. Vitamin C merupakan komponen sentral dalam proses pembentukan kolagen. Vitamin C juga membantu kadar kolagen dalam kulit tetap terjaga.
  • Menjaga tubuhmu tetap terhidrasi membutuhkan waktu setidaknya sampai air yang kamu minum benar-benar diserap oleh tubuh. Untuk itu, gunakan pelembab atau lotion pada kulitmu untuk hasil yang lebih optimal.

External Refference   [ + ]

1. Konsumsi gula berlebih membuamu terlihat cepat tua
2. 8 makanan yang dapat mempercepat proses penuaan
3. Lihat definisi lemak trans di WikiPedia
4. 20 Makanan yang membuat wajahmu cepat tua
5. Kelebihan konsumsi garam membuatmu menjadi cepat tua
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *