Sambal dan Makanan Pedas Penyebab Jerawat!

By  |  2 Comments

Masakan nusantara mempunyai beragam jenis dan varian yang berbeda mulai dari rasa, penampilan dan penyajiannya. Namun, satu hal yang bisa dikenali dari masakan nusantara asli Indonesia adalah mereka, selalu identik dengan cita rasa yang pedas dan menusuk lidah.

Kebiasaan orang Indonesia

Bagaimana tidak, sebagian besar masyarakat Indonesia memang merupakan penggila pedas. Bahkan, banyak orang luar negeri menilai aneh selera dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang satu ini. Tapi tidak dapat disangkal lagi, makanan pedas terutama sambal memang seperti zat adiktif bagi masyarakat Indonesia.

Namun, dari kenikmatan dan rasanya yang menantang, ternyata efek yang ditimbulkan oleh makanan pedas atau sambal tidak hanya berhenti pada panas dalam yang akan dirasakan oleh pengonsumsi. Secara tidak langsung, makanan pedas terutama sambal merupakan salah satu daftar makanan penyebab jerawat yang harus kamu jauhi bila kamu tidak ingin masalah jerawat bertambah serius. Benarkah kemudian dikatakan makanan pedas dan sambal penyebab jerawat?

Bagaimanapun juga makanan pedas ternyata dapat menyebabkan jerawat. Makanan pedas yang masuk ke daam tubuh akan memicu panas dalam tubuh, panas dalam akan menimbulkan tubuh kita kekurangan vitamin C[1] sehingga menyebabkan gangguan kulit. Salah satu gangguan kulit yang dapat terjadi adalah munculnya jerawat di wajah ataupun punggung. Jadi, tak hanya akan berakibat pada munculnya jerawat di wajah, namun juga dapat memicu masalah kulit lainnya seperti gatal-gatal.

Apa Kata Para Ahli?


Susan C. Taylor, MD[2], dermatolog di Philadelphia menyatakan makanan lainnya selain makanan pedas penyebab jerawat yang harus dihindari agar masalah jerawat tidak bertambah parah adalah susu, makanan ringan, makanan cepat saji, soda, beberapa jus buah, serta berbagai makanan yang mengandung zat tepung seperti kentang roti putih dan keripik kentang (baca: daftar makanan enyebab jerawat).

Jerawat Karena Sambal dan Makanan Pedas


Makanan pedas adalah pemicu jerawat yang kemerahan yang sering muncul pada hidung, pipi, dan dahi atau biasa disebut rosacea[3]. Dan akan menjadi lebih buruk jika kamu tidak menghindari makanan pedas ini. Jika kamu adalah penggila pedas dan tidak bisa hidup tanpa sambal, jangan takut karena ada solusi agar kamu tetap bisa menikmati pedasnya sambal.

Makanan Pedas, Keringat, dan Pori-pori Besar


Sambal atau makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu organisme dalam tubuh kita akan berusaha menstabilkan kondisi suhu tubuh dengan cara membuang panas melalui keringat[4]. Pada proses ini, pori-pori tubuh terutama pada kulit wajah akan membesar. Ketika produksi kenjar minyak dan keringat bekerja bersama-sama sekaligus maka debu dan polusi akan sangat mudah terperangkap pada permukaan kulit wajah, menyebabkan sumbatan dan dalam prosesnya akan menimbulkan komedo, jerawat, bahkan jerawat batu.

Normalnya, pori-pori wajah didesain elastis sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bisa membesar dan mengecil, namun bagi kamu penggemar makanan pedas, intensitas konsumsi makanan pedas yang tinggi bisa membuat elastisitas pori-pori kulit berkurang karena kelelahan untuk menyesuaikan dengan kondisi kulit tubuhmu yang sering sekali membutuhkan pembesaran pori-pori untuk membuang suhu tubuh. Sehingga menyebabkan Pori-pori Besar.

Pori-pori yang besar, tentu tidak hanya dapat membuat tampilan wajahmu kurang sedap dipandang. Namun komedo dan jerawat juga lebih mudah terbentuk apalagi jika kamu kurang menjaga kebersihan wajahmu. Selain itu, pori-pori besar juga sering sekali diidentikan dengan tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Siapa sih yang tidak ingin wajahnya mulus semulus porselen?

Cara Mencegah Jerawat Karena Sambal dan Makanan Pedas


Namun, kamu tidak perlu khawatir dan akhirnya menutup diri untuk memakan makanan pedas. Beberapa orang hanya membiarkan panas dalam reda dengan sendirinya, namun kamu tetap dapat menikmati berbagai jenis makanan pedas tanpa harus khawatir akan menyebabkan jerawat dan komedo setelahnya.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk Mencegah Jerawat dan komedo karena pori-pori besar yang terbentuk akibat mengonsumsi sambal atau makanan pedas:

  • Pada saat dan setelah mengonsumsi makanan pedas, wajahmu akan lebih lembab karena keringat dan minyak. Bersihkan sesegera mungkin dengan menyekanya dengan tissue atau kapas,
  • Jika kamu sedang di rumah, gunakan toner (toner alami buatan sendiri) agar minyak/keringat dalam pori-pori benar-benar terserap,
  • Kamu bisa mengonsumsi larutan penyegar untuk meredakan panas dalam pada tubuhmu segera setelah kamu menyantap makanan pedas,
  • Pilihlah larutan penyegar yang juga memiliki kandungan vitamin C yang tingi untuk mencegah pembentukan jerawat dan radang pada jerawat,
  • Kamu bisa mengompres wajahmu dengan air es atau perasan lemon/jeruk nipis di malam hari untuk membuat mengecilkan pori-pori wajahmu.
  • Usahakan untuk selalu berada di tempat/ruangan yang sejuk dan bukan tempat/ruangan yang pengap dengan suhu panas karena bisa mempengaruhi suhu tubuhmu.

Mengonsumsi makanan yang pedas bukanlah suatu dosa, kamu tetap bisa mendapatkan kulit sehat dan bersih tanpa harus membuang sambal dan makanan pedas dari daftar menu dan diet sehatmu sehari-hari.

Sesekali kita perlu menikmati hidup ini dengan cita rasa dari sambal yang menggelitik lidah. Namun kita juga harus melakukan kontrol dengan mengonsumsi makanan sehat gaya hidup yang baik agar keseimbangan tubuh tetap terjaga dan tidak ada lagi jerawat yang disebabkan oleh sambal ataupun makanan pedas. Selamat makan!

External Refference   [ + ]

1. Vitamin terbaik untuk mengatasi inflamasi pada jerawat
2. Makanan pedas dapat picu jerawat dan rosacea pada wajah
3. Jerawat dan reaksi alergi terhadap makanan pedas
4. Hubungan antara sambal/makanan pedas dan jerawat
DMCA.com Protection Status

2 Comments

  1. Marfiani Labesani

    23 April 2017 at 12.14

    Ka, kulit sy in sensitif hampir tiap hari ada jerawat baru yg tmbuh, trus tdak bsa mengknsumsi kacang tnah pasti akan lgsg tmbuh jerawat, dan jerawatnya meradang trus lama ilangnya. Itu knapa yah ?

    • JerawatHaters

      28 April 2017 at 10.33

      Terlebih dahulu, amu harus tahu penyebab pastinya dari kulit wajahmu. apakah itu makanan atau karena faktor eksternal seperi make up yang kamu gunakan. Jika hal tersebut sudah dapat kamu temukan, cobalah untuk menghindari penyebab jerawat pada wajahmu. Ketika jerawat tidak lagi bermunculan, kamu bisa menggunakan obat jerawat berupa krim atau salep untuk menghilangkan sisa-sisa jerawat yang masih tersisa.

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *