Inilah Daftar Makanan Penyebab Jerawat

By  |  2 Comments

Salah satu penyebab munculnya jerawat diwajah ialah karena kita tidak terlalu telaten dan teliti memilah-milah makanan. JerawatHaters, ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan munculnya jerawat di wajah kita secara tiba-tiba dan tak terduga-duga. Pastinya, JerawatHaters tak mau kan hal itu terjadi apalagi jerawat tiba-tiba tumbuh di saat-saat penting atau acara-acara yang membutuhkan penampilan yang maksimal.

Mungkin menutupinya sekali-kali dengan make-up tak apa jika itu memang benar-benar mendesak. Namun hingga saat ini, cara terbaik yang bisa kita gunakan ialah mencegah jerawat itu tumbuh dengan menghindari dan meminimalisir konsumsi beberapa makanan berikut agar pertumbuhan jerawat di wajah kita bisa terkendali. Apalagi, saat ini sudah banyak jerawat yang tumbuh di wajahmu. Tentu JerawatHaters tak mau kan jerawat yang ada justru bertambah parah?.

Ini dia beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Makanan-makanan ini, seperti diketahui dapat dan berpotensi memicu munculnya Penyebab Jerawat secara tak terkendali. Seperti produksi minyak dan sebum yang merupakan hal yang paling dikhawatirkan oleh para remaja yang sayang akan kulit wajahnya.

Makanan Biang Jerawat yang Harus Kamu Jauhi

Beberapa makanan memang sehat dan baik untuk dikonsumsi dan membantu proses penyembuhan jerawat, namun apabila berlebihan justru dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selengkapnya, simak daftar makanan penyebab jerawat yang satu ini:

1. Gula dan Cokelat Penyebab Jerawat


Gula merupakan salah satu kandungan yang terkandung hampir di seluruh buah-buahan yang ada. Sedangkan cokelat adalah salah satu makanan yang dipercaya sebagai makanan yang mempunyai khasiat dan manfaat yang banyak serta dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stress.

Kenyataan tersebut kemudian membuat kita sulit untuk menghindari kedua bahan ini, gula dan cokelat. Namun, bukan berarti harus menghindari dan tidak pernah mengkonsumsi Gula dan Cokelat[1]. Meskipun kedua makanan ini adalah makanan yang dapat menyebabkan jerawat, setidaknya kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Gula yang ada dalam buah-buahan dan cokelat mentah hanya berupa serat karbohidrat yang tidak begitu berpengaruh dan menimbulkan jerawat jika dikonsumsi. Namun berbeda masalahnya jika yang kita konsumsi adalah gula dan cokelat olahan. Gula pasir merupakan bentuk gula sederhana yang memicu jerawat dan banyak dipakai dalam permen maupun berbagai jenis kue. Termasuk cokelat didalamnya.

Jadi, sebisa mungkin hindari makanan-makanan manis dan cokelat yang tidak jelas asal usulnya (mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan). Biasanya, pedagang atau produsen yang curang akan menambahkan banyak sekali gula olahan sebagai pengganti rasa manis untuk meminimalisir biaya produksi makanan manis yang biasanya kita temukan di jalanan.

2. Makanan Berminyak dan Siap Saji (Junk Food) Sebabkan Jerawat


Makanan olahan siap saji seperti ramen, fried chicken, hamburger, pizza dan sebangsanya memang menjadi sebuah ikon makanan di era ini. Namun tahukah kamu JerawatHaters, selain tidak baik untuk kesehatan junk food juga dapat menjadi penyebab utama jerawat pada wajah kamu. Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan Dartmouth Medical School di Manchester, New Hampshire, menemukan bahwa makanan yang tinggi kadar gula dapat memicu kelebihan produksi serum dan insulin, yang mungkin mengganggu hormon dan mengarah pada pembentukan jerawat[2].

Selain itu, junk food biasanya mengandung banyak minyak jenuh yang apabila tidak diimbangi dengan olah raga dan gaya hidup yang baik, maka dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah. Bagi kamu yang mengalami kondisi minyak berlebih pada wajah, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan berminyak seperti junk food, gorengan, dan lain-lain.

3. Kafein dan Alkohol Sumber Jerawat


Kafein dapat menyebabkan jerawat timbul di wajah kita karena kafein dapat mempengaruhi kadar hormon yang dihasilkan tubuh sehingga mempengaruhi produktifitas kelenjar minyak di wajah. Beberapa sumber kafein yang umum ditemukan ialah pada Kopi, teh, minuman ringan, cokelat, serta Rokok.

Selain kafein, belakangan ini juga ditemukan bahwa kandungan yang ada pada Alkohol disinyalir dapat mempengaruhi pertubuhan hormon di tubuh kita sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, efek yang ditimbukan kafein dan alkohol yang menimbulkan efek samping gangguan tidur dan tekanan stress berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat yang ada meradang.

Jadi jika JerawatHaters ingin terbebas dari jerawat, sebisa mungkin hindari rokok dan alkohol, selain menjadi pemicu jerawat, kedua hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Terlebih lagi, merokok dan minum alkohol adalah serangkaian aktivitas pemborosan. Jika kamu ingin menghamburkan uangmu, setidaknya gunakanlah untuk pergi berobat ke klinik kesehatan dan kecantikan kulit.

4. Makanan yang Membuat Alergi Penyebab Jerawat


Jika kamu mempunyai alergi terhadap makanan, masalah kulit biasanya akan muncul kemudian. Termasuk didalamnya ialah munculnya jerawat membandel secara tiba-tiba. Untuk itulah penting sekali kamu mengetahui makanan-makanan yang dapat menyebabkan alergi sehingga kamu bisa dengan mudah menghindari makanan-makanan tersebut.

Susu dan telur adalah makanan yang dikenal sangat berpotensi untuk menyebabkan alergi dan dalam prosesnya mengakibatkan wajah kamu berjerawat. Ketika sistem kekebalan tubuh mencoba melawan racun yang disinyalir telah masuk ke dalam metabolisme tubuh, jerawat akan mulai muncul. Salah satu ahli Alergi telah mendiagnosa dan mengonfirmasi bahwa alergi dapat memicu munculnya jerawat di wajah[3].


5. Susu dan Produk Olahannya Menyebabkan Jerawat

Makanan-makanan yang penuh dengan kandungan lemak sebaiknya kamu jauhi jika JerawatHaters tidak ingin jerawat tiba-tiba muncul di momen-momen yang tidak tepat. Lemak yang hadir dalam makanan dapat mengubah tingkat insulin dalam darah sehingga akan menyebabkan peningkatan aktivitas hormon. Hal ini pada gilirannya menyebabkan peningkatan produksi sebum dan menyebabkan jerawat[4]. Es Krim, Keju, dan produk olahan Susu sejenisnya juga mengandung lemak dengan konsentrasi yang tinggi. Tak hanya lemak, bahan tambahan seperti pengawet dan bahan-bahan yang sulit dicerna oleh tubuh seperti yang ada pada sardin kalengan, sosis, dan bakso awetan dapat memperparah jerawat meradang di wajah yang sudah mengalami infeksi dan menimbulkan jerawat-jerawat baru yang tak terhitung jumlahnya.

6. Buah dan Sayur yang Bersifat Asam Biang Jerawat


JerawatHaters, tingkat keasaman tubuh seseorang bisa berbeda dari tingkat keasaman tubuh orang lainnya. Untuk itulah, penting untuk mengetahui seberapa dan sejauh mana tingkat keasaman tubuh kita. Beberapa buah dan sayuran yang mengandung asam dapat membantu mengatasi jerawat dari dalam, namun kondisi ini hanya akan terjadi jika konsumsi dilakukan dalam kadar yang normal. Hal ini disebabkan karena tingkat keasaman tubuh manusia berbeda-beda, oleh karena itu buah dan sayuran yang bersifat asam juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat, karena itu beberapa sayur dan buah-buahan yang mempunyai tingkat keasaman yang tinggi sebaiknya tidak kita konsumsi secara berlebihan agar Jerawat tidak muncul secara tiba-tiba. Beberapa sayuran dan buah-buahan dengan sifat asam yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan munculnya jerawat antara lain adalah jeruk,  mentimun, wortel dan daun selada.

7. Makanan Beryodium/iodium/lodin Penyebab Jerawat


Seperti halnya lemak, makanan beryodium juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun dengan konsentrasi dan proporsi yang sesuai bagi tubuh untuk bisa menerima[5]. Kelenjar minyak yang terdapat dalam kulit dapat membuat kulit iritasi sehingga rentan terhadap jerawat. Makanan yang beryodium terdapat pada ikan, kerang, makanan kaleng dan makanan laut lainnya.

Itu dia daftar makanan Penyebab Jerawat yang harus kita jauhi. Namun, menghindari makanan penyebab jerawat bukan berarti kita akan 100% terbebas dari jerawat. Dengan menjauhi makanan penyebab jerawat, setidaknya JerawatHaters telah berusaha untuk meminimalisir jerawat di permukaan kulit wajah. Pengobatan jerawat yang tepat juga menjadi faktor penentu kesembuhan JerawatHaters dari jerawat yang membandel.

Pada intinya, untuk mendapatkan kulit bersih bebas jerawat adalah dengan menjaga keseimbangan diet kita. Bukan berarti pula kamu harus menghindar dari daftar makanan di atas untuk seumur hidupmu. Selama kamu bisa mengimbanginya dengan pola dan gaya hidup yang sehat, sesekali mengonsumsi makanan penyebab jerawat bukanlah masalah yang besar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

External Refference   [ + ]

1. 7 makanan yang dapat sebabkan jerawat
2. Makanan junk food dapat perparah jerawat pada wajah
3. Alergi dapat sebabkan jerawat pada wajah
4. Makanan yang paling buruk untuk kesehatan kulitmu
5. Dampak buruk terlalu banyak mengonsumsi garam bagi kulit
DMCA.com Protection Status

2 Comments

  1. adnan aris muhaemin

    26 September 2015 at 10.39

    Wah hasilnya bagus, setelah sayA mengikuti langkah-langkah di atas wajah saya semakin bersih dan cerah

  2. Muhammad adam mukti firjatullah

    2 Juli 2017 at 16.56

    Mau tanya saya ini sdh mengalami jerawat sudah hampir 2 tahun dan semakain byk bahkan sampai ada di punggung, dada, dan bagian belakang kepala dekat leher, dan saya ingin minta konsultasi pada anda apa aja saya harus lakukan untuk menhhilangkan jerawatnya

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *