Cara Rasulullah Menghilangkan Jerawat

By  |  10 Comments

Mungkin mempelajari sejarah Islam melalui hadits dan buku-buku kuno sangatlah membosankan. Namun, pembelajaran tentang kisah-kisah Rasulullah tak selalu menjadi topik yang membosankan. Banyak peristiwa yang bisa di pelajari, banyak hikmah yang bisa direnungi, dan banyak solusi yang bisa dipahami untuk ditiru dalam memecahkan persoalan hidup bahkan di era pengetahuan ilmiah seperti sekarang ini.

Salah satunya, adalah tentang bagaimana Nabi Muhammad SAW menghilangkan berbagai jenis jerawat mulai dari yang bisa hingga jerawat batu yang membandel. Jauh sebelum obat jerawat batu modern di temukan, Rasulullah telah mempunyai cara sendiri untuk menghilangkan jerawat secara tradisional ketika jari jemari istrinya ditumbuhi jerawat.

Istri-istri nabi bercerita, suatu hari  Rasulullah SAW menemui mereka. Rasulullah kemudian melihat di antara jari mereka tumbuh semacam jerawat. Rasulullah lantas bertanya, “Engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab punya. Rasulullah berkata, “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini’.”

Hadits yang diakui oleh Adz-Dzahabi di atas dikeluarkan oleh Al-Hakim. Adz-Dzahabi mengatakan sanadnya shahih, meski Imam Bukhari dan Imam Muslim tidak mengeluarkannya. Sedangkan dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan, Siti Aisyah menceritakan bahwa dirinya yang memegang minyak wangi dzarirah membubuhi minyak itu kepada Rasulullah. Peristiwa itu terjadi pada hajjatul wada’ (haji perpisahan) untuk melakukan tahallul (mencukur rambut) dan ihram[1]

Manfaat Minyak Wangi Dzarirah Untuk Mengobati Jerawat

Berdasarkan dari paparan sejarah di atas, maka cara Rasulullah menghilangkan jerawat ialah dengan menggunakan minyak wangi Dzarirah. Minyak wangi dzarirah dibuat dari sari batang tumbuhan dzarirah (pohon arum) yang bersifat panas dan kering. Sifat pada minyak tersebut lah yang kemudian dapat menghentikan tumbuhnya jerawat sehingga minyak dzarirah dikenal sebagai obat jerawat tradisional di zaman Rasulullah SAW.

Dalam hadits sendiri tidak disebutkan secara spesifik jerawat atau bisul seperti apakah yang bisa disembuhkan melalui pengobatan islami di zaman Rasulullah. Oleh karena itu, cara ini dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dari berbagai jenis, mulai dari komedo, jerawat kecil, hingga cara menghilangkan jerawat batu[2] secara islami. Tidak hanya dapat mengatasi jerawat, minyak wangi dzarirah juga ampuh untuk mengatasi radang lambung, kekurangan cairan tubuh, bahkan dapat pula menguatkan jantung.

Do’a Menghilangkan Jerawat dan Bisul sesuai Sunnah Rasul

Jika merujuk pada hadits yang telah disebutkan, maka menghilangkan jerawat secara islami tak sebatas mengoleskan minyak wangi dzarirah pada wajah yang berjerawat, namun juga sambil membaca do’a kepada Tuhan yang Maha Esa agar jerawat pada wajah hilang secara bertahap. Lalu bagaimana atau apa isi do’a yang ampuh menghilangkan jerawat batu tersebut? Ini di do’a untuk menghilangkan jerawat atau bisul[3]:

do'a rasul untuk menghilangkan jerawat dan bisulCara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Dzarirah

Setelah kamu mengetahui isi doa untuk mengobat jerawat, kini saatnya untuk mencoba keunggulan minyak Dzarirah sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan di malam hari sebelum tidur. Ikuti tahapan berikut[4] untuk menghilangkan jerawat dengan minyak wangi dzarirah sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW:

  1. Bersihkan wajah kamu dengan facial foam atau sabun pembersih wajah yang memiliki pH rendah,
  2. Siapkan minyak dzarirah di piringan kecil atau tempat yang telah disediakan,
  3. Oleskan minyak dzarirah yang telah disiapkan dengan menggunakan cotton but pada wajah seraya mengucapkan doa menghilangkan jerawat dan bisul.
  4. Siapkan posisi tidur yang nyaman dan usahakan untuk tidak banyak bergerak saat tidur,
  5. Saat pagi menjelang, bersihkan wajahmu dengan air bersih dan lihat apa yang terjadi pada jerawat!

Jika berbagai perawatan wajah berjerawat telah kamu coba dan gagal, tidak ada salahnya kamu mencoba pengobatan jerawat secara islami ini. Sebagai seorang muslim, yang juga merupakan penganut Rasul, hendaknya kamu mengikuti jejak dan ajaran Nabi Muhammad SAW sehingga kamu terbebas dari berbagai jenis jerawat mulai dari komedo hingga jerawat batu.

Terkadang, banyak dari mereka yang gagal untuk mendapatkan wajah cantik bebas dari jerawat hanya karena satu kesalahan. Kurang sabar atau kurang istiqomah. Untuk itu, jangan pernah menyerah untuk terus mencoba berbagai cara alami untuk menghilangkan jerawat. Meskipun memiliki efek yang lebih lamban dari perawatan wajah modern atau obat jerawat modern, obat jerawat tradisional ala Rasulullah telah terbukti manjur dan telah populer pada zamannya.

External Refference   [ + ]

1. Hadits tentang penggunaan minyak dzarirah untuk menghilangkan jerawat
2. Obat yang digunakan rasul untuk menghilangkan jerawat pada wajah
3. Buku pintar do’a dan zikir Rasulullah: do’a menghilangkan jerawat/bisul
4. Cara menghilangkan jerawat ala Rasulullah SAW
DMCA.com Protection Status

10 Comments

  1. Arista widya rahman

    10 September 2016 at 11.20

    thanks atas cara2 nya

  2. Lusiana

    15 September 2016 at 10.16

    Bagaimana cara mendapatkan minyak dzarirah di Indonesia

  3. m salman

    23 November 2016 at 09.46

    bagaimana cara mendapat kan minyak dzarirah di indo

    • JerawatHaters

      24 November 2016 at 16.27

      Minyak dzarirah bisa didapatkan di gerai dan toko yang menjual barang-barang dagang dari arab sepertihalnya syiwak, kurma, dan lain-lain. Minyak ini juga bisa didapatkan dari toko-toko online di forum terpercaya sepertihalnya kaskus, tokopedia, berniaga, dan lain-lain.

  4. ayu wulan sari

    28 Januari 2017 at 13.24

    Begini jerawat saya tidak sembuh pdhl sdh berbagai macam crem dan dokter ttp aj gk sembuh . Kondsi muka sya semakin parah

  5. Cendana Qistina

    8 Maret 2017 at 07.34

    Bagaimana sekiranya tidak punyai minyak dzarirah , apakah boleh digantikan dengan bahan yang lain? mohon penjelasan 🙂

    • JerawatHaters

      11 Maret 2017 at 12.08

      Halo Cendana, ada banyak cara dan bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat. Namun pada pembahasan kali ini adalah dengan menyontoh dari cara Rasulullah menghilangkan jerawat, yaitu menggunakan minya dzarirah. Jika kamu ingin menggunakan cara lain, doa yang sama bisa kamu gunakan sebagai pelengkap agar usahamu semakin maksimal.

  6. Jana

    23 Agustus 2017 at 20.09

    Gimana cara pakai doa yang ada di atas

  7. deni

    16 Oktober 2017 at 00.57

    Apakah bopeng bisa normal kembali? Dan bagaimana caranya?

  8. ilyas

    12 November 2017 at 23.48

    INI BERMANGFAAT

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *