Cara Merawat Kulit Wajah yang Benar

By  |  0 Comments

Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif dan rentan mengalami masalah dikarenakan sering terpapar sinar matahari, debu, kotoran, polusi, serta dampak perubahan cuaca yang ekstrim. Oleh karena itu cara merawat kulit wajah juga tidak boleh sembarangan, terutama dalam hal penggunaan kosmetik yang dalam beberapa kasus justru bisa membuat kulit wajah lebih sensitif hingga kerusakan permanen pada wajah.

Hal terpenting sebelum mulai melakukan perawatan terhadap kulit wajah adalah mengetahui jenis kulit wajah kamu. Secara garis besar, ada lima (5) Jenis Kulit wajah yang ada di dunia, yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminya, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Namun pada sesi cara merawat wajah yang benar ini, kita akan memberikan penekanan untuk perawatan wajah dengan jenis kulit normal. Belum tahu jenis kulitmu? Langsung cek di sini!

Kulit wajah normal memiliki beberapa ciri-ciri, yakni tekstur wajah kenyal, kulit tidak tipis, kulit tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak, halus dan lembut, kandungan air dan minyak seimbang, kelembapan sangat terjaga, ukuran pori-pori sangat halus dan tidak besar, tanda-tanda penuaan terlihat seiring berjalannya usia, serta pada siang hari wajah masih terlihat bersih dan segar.

1. Ketahui Kosmetik yang Cocok Untukmu


Dalam prosesnya, Merawat Kulit wajah normal tidak akan banyak mengalami kesulitan karena kondisi kulit normal cocok menggunakan semua bahan kosmetik[1]. Akan tetapi, jika kamu sudah menemukan kosmetik yang cocok (baik dalam hal harga maupun kualitas) sebaiknya jangan terlalu sering berganti-ganti produk kosmetik dengan jenis dan merek yang berbeda. Hal ini dikarenakan kulit wajah kamu membutuhkan waktu untuk beradaptasi lagi dengan kosmetik baru. Jika kamu memaksakannya, dalam proses adaptasi mungkin akan muncul masalah kulit seperti gatal-gatal dan iritasi.

2. Cuci Wajah Dua Kali Sehari Sudah Cukup!


Bersihkan wajah kamu setiap pagi sebelum beraktivitas, dan di sore hari ketika selesai dari aktivitas di siang hari yang sangat padat. Mencuci muka di pagi hari bermanfaat untuk membersihkan racun yang dibuang oleh wajah melalui pori-pori kulit, sedangkan cuci muka di malam atau sore hari berfungsi untuk menghilangkan kotoran, polusi, dan Radikal Bebas yang menempel pada wajah saat kita sedang beraktivitas di malam hari. Ingat, hanya dua kali sehari, lebih dari itu akan membuat kulit semakin tipis karena aktivitas cuci muka yang terlalu intens. Jangan lupa gunakan sabun khusus untuk wajah.

3. Selalu Sediakan Pelembab dan Tabir Surya


Tidak seperti kulit berminyak yang terlihat awet muda, pada jenis kulit normal tanda-tanda penuaan muncul seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, selalu gunakan pelembab (moisturizer) untuk menghidrasi kulit dan menjaga kekenyalan pada kulit baik di siang maupun di malam hari. Khusus untuk siang hari, jangan lupa tambahkan Tabir Surya dengan SPF 30 untuk menghalau pengaruh buruk sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat (penuaan dini). Hingga saat ini, telah banyak produk sejenis versi all-in-one yang menawarkan fungsi menjaga kelembapan sekaligus menghalau/memfilter sinar matahari yang masuk pada kulit wajah kita.

4. Beberapa Produk Tambahan Untuk Kulit Kamu


Terutama pada bagian mata yang mempunyai lapisan yang tipis, perlu kamu perhatikan dengan mengamplikasikan krim mata setiap malam. Hasil penelitian membuktikan daerah sekitar mata menjadi area pertama yang dilihat oleh seseorang untuk menerka usia orang lain[2]. Kantung matamu berwarna hitam? ketahui cara menghilangkan mata panda di sini!. Selain itu gunakan krim malam yang berfungsi untuk memperbaiki dan menutrisi sel kulit pada malam hari. Hal ini dapat membantu memperlambat prose penuaan dan membuatmua telihat Awet Muda meskipun usia terus bertambah.

5. Untuk Masker Wajah, Gunakan yang Alami


Tidak perlu terlalu berlebihan dalam menggunakan masker wajah, cukup gunakan masker wajah seminggu sekali dengan bahan-bahan alami seperti dari sayur dan buah-buahan yang mudah dijangkau oleh kantong dan biasanya digunakan dalam keseharian seperti tomat, mentimun, bengkuang, jeruk nipis, madu, kunyit, dan lain-lain[3].

6. Konsumsi Buah, Sayur, dan Air Mineral


Banyak-banyaklah konsumsi buah dan sayuran terurama yang banyak mengandung vitamin C dan E. Vitamin C dan E baik untuk kulit dan mampu menjaga kekenyalan pada kulit wajah[4], selain itu buah dan sayur mengandung banyak air, air mineral juga berfungsi untuk membantu proses regenerasi pada kulit wajah di malam hari. Oleh karena itu, jangan lupakan juga untuk menjaga pola makan dan pola tidur kamu. Baca juga dahsyatnya manfaat air mineral atau air putih untuk kecantikan disini!

Pada umumnya, jenis kulit wajah normal seperti yang kamu miliki saat ini merupakan jenis kulit yang baik. Secara statistikal jenis kulit ini memiliki tingkat masalah yang paling kecil dengan model perawatan yang tidak terlalu sulit dibandingkan dengan masalah dan perawatan yang harus dijalani oleh pemilik jenis kulit lainnya. Jenis kulit normal memiliki kadar minyak yang seimbang, yakni sebanyak 30% dan air sebanyak 70%. Jadi, bersyukurlah kamu yang mempunyai jenis kulit normal.

Itu tadi berbagai tips dan cara merawat wajah yang benar, mudah-mudahan dengan artikel di atas kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan terjaga. Selamat mencoba, cintai kulitmu… cintai duniamu…

External Refference   [ + ]

1. Kosmetik yang aman untuk kesehatan kulit wajah
2. Penelitian tentang perkiraan usia berdasarkan tampilan wajah
3. Aneka resep masker wajah untuk kulit kering buatan sendiri
4. 5 vitamin terbaik untuk kulitmu
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: