Cara Menghilangkan Jerawat dan Komedo pada Pantat/Bokong

By  |  0 Comments

Seperti yang kita tahu, jerawat tidak hanya tumbuh pada wajah, namun juga bagian kulit yang memiliki pori dengan intensitas produksi keringat dan minyak yang tinggi, kerap terpapar oleh kotoran dan juga lembap. Tidak heran, beberapa jerawat ditemukan pada punggung dan dada, pantat, bahkan kemaluan.

Sebenarnya, jerawat di pantat atau bokong bukanlah suatu kasus yang jarang. Bahkan kasus jerawat pada pantat ataupun bokong merupakan fenomena yang sangat umum. Namun, rasa percaya diri seorang bisa turun secara drastis di hadapan pasangan apabila memiliki jerawat di pantat yang tak terkendali. Apalagi, jerawat yang ada membuat bokong terlihat berbintik, belang, atau bahkan bopeng.

Kondisi tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kepribadian secara personal, ataupun sosial dengan pasangan akibat hubungan seksual yang kurang. Untuk itu, mengatasi jerawat pada pantat ataupun bokong menjadi sebuah keharusan. Karena bokong merupakan salah satu aset yang berharga, tidak hanya untukmu saja namun juga untuk pasangan kamu. Sekarang, ataupun di masa depan.

Jika kamu mencari sebuah solusi untuk mengobati jerawat dan komedo pada pantat ataupun bokong, dan membuat bokongmu bebas jerawat selamanya, kamu berada pada ujung pencarian. Simak terus, coba di rumah, dan dapatkan bokong indah bebas jerawat yang kamu idam-idamkan sekarang juga.

Penyebab Jerawat dan Komedo pada Pantat/Bokong

Untuk melawan serangan jerawat dan komedo di bagian-bagian tidak lazim sepertihalnya pantat atau bokong, mengetahui penyebab jerawat tersebut terus muncul adalah suatu hal yang penting. Hal ini berguna bagimu untuk memilih metode pencegahan agar jerawat dan komedo tidak muncul pada pantat lagi dan lagi bahkan setelah jerawat telah diobati dan sembuh total.

Ada banyak kondisi yang menyebabkan jerawat dan komedo dengan mudahnya muncul pada pantat atau bokong. (1) daerah tersebut merupakan daerah tertutup dan lembab. Aktivitas berat seharian membuat daerah pantat dibanjiri oleh keringat. (2) pemakaian dan pemilihan bahan celana dalam yang kurang tepat sepertihalnya lycra atau katun yang mudah menyerap dan memerangkap keringat sehingga meningkatkan kelembapan daerah sekitar pantat atau bokong, termasuk pemilihan jenis kain yang menimbulkan reaksi alergi. (3) jarang mengganti celana dalam, atau tidak mengganti celana dalam meskipun sudah saatnya untuk diganti. (4) kurang menjaga dan memastikan kebersihan daerah pantat. (5) memakai celana dalam yang terlalu ketat sehingga meningkatkan kelembapan dan potensi kuman serta bakteri untuk berkembang biak secara cepat. (6) mencuci celana dalam dengan cara dan bahan yang salah, sehingga membuat deterjen dan pewangi masih tertinggal, menyebabkan alergi atau iritasi. (7) terjadi iritasi akibat gesekan ataupun karena fakor lainnya, membuatnya mudah terpapar dan terinfeksi kuman dan bakteri, termasuk masalah folikokel rambut yang menutup dan menyebabkan sumbatan.

Selengkapnya baca: Penyebab Jerawat dan Komedo di Pantat atau Bokong

7 Cara Menghilangkan Jerawat dan Komedo di Pantat/Bokong

Untuk menghilangkan jerawat ataupun komedo pada pantat/bokong, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. 7 cara menghilangkan jerawat dan komedo di pantat atau bokong ini layak kamu coba di rumah.

1. Kompres dengan Handuk Hangat

Kamu bisa mengompres pantatmu dengan handuk hangat dengan posisi tengkurap selama 10-15 menit. Suhu yang tinggi dapat membantu pori-pori melebar, dengan pori yang sedikit terbuka, komedo dan kotoran yang mungkin dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat dapat kamu keluarkan.[1] Setelah kamu mengompres pantatmu, gunakan handuk tersebut untuk menggosok dan membersihkan pantat atau bokongmu. Kamu juga bisa menggunakan scrub atau kain dengan permukaan yang lebih kasar jika perlu. Namun perhatikan, jangan sampai hal tersebut membuatmu permukaan kulitmu mengalami iritasi.

2. Sabun Penghilang Jerawat

Saat ini sudah banyak sekali produk sabun dengan kandungan khusus sepertihalnya sulfur, salicylic acid, benzoyl peroxide, ataupun ekstrak buah dan sayuran yang membantu melawan jerawat beserta tanda-tandanya beredar di pasaran.[2] Tidak hanya di apotek, namun juga minimarket di dekat rumahmu. Untuk itu, gunakan sabun penghilang jerawat pada saat mandi, pastikan untuk menggosok bagian pantat/bokong dengan menyeluruh untuk menghilangkan jerawat di pantat. Sabun penghilang jerawat ini juga aman untuk digunakan pada seluruh tubuh (kecuali wajah, gunakan sabun khusus) termasuk untuk menghilangkan jerawat di punggung dan dada.

3. Salep atau Lotion Setelah Mandi

Jika opsi nomor 2 dirasa kurang dan tidak mehasilkan perbedaan yang signifikan, kamu bisa menggunakan salep atau lotion dengan kandungan khusus seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, alpha hydroxy acid, atau tretinoin untuk merawat dan mengobati jerawat pada pantat atau bokongmu. Sebelum menggunakan salep atau lotion, pastikan kondisi kulit pantatmu benar-benar sudah kering. Oleskan secara menyeluruh pada pantatmu, tunggu hingga salep/lotion meresap dan lanjutkan dengan memakai pakaian dalam.

4. Konsumsi Antibiotik

Konsultasikanlah masalah jerawatmu pada dokter spesialis kulit untuk memastikan apakah masalah jerawat dan komedo pada tubuhmu membutuhkan asupan antibiotik dalam bentuk pill. Konsumsi antibiotik yang tidak didasarkan kebutuhan hanya akan membuat tubuhmu kebal terhadap antibiotik, dan hal tersebut tidak dianjurkan. Sebaliknya, jika doktermu menyarankan untuk mengonsumsi beberapa tablet antibiotik, lakukan sesuai dengan anjuran dan resepnya. Bahkan jika jerawat dan komedo telah hilang sepenuhnya sebelum waktu yang dianjurkan, tetap konsumsi antibiotik sesuai resep untuk mencegah jerawat dan komedo datang kembali.[3]

5. Konsumsi Krim Tartar

Campuran satu sendok makan krim tartar dengan segelas air mineral. Campuran ini dapat membantu mengoptimalkan proses pengeluaran racun dalam tubuh. Jika kamu tidak tahan dengan rasanya, campurkan krim tartar dengan jus buah. Konsumsi secara rutin sehari dalam beberapa bulan sampai jerawat pada pantat atau bokong benar-benar hilang. Jika kamu seorang muslim, halal atau haramnya krim tartar masih menjadi perdebatan. Umumnya, krim tartar didapatkan dari h proses sampingan pembuatan wine (minuman anggur memabukkan). Kendati demikian, krim tartar atau yang juga dikenal dengan istilah Tartaric Acid ini juga bisa dibuat tanpa melalui proses fermentasi. Jika kamu ragu, carilah produk krim tartar yang berlabel halal.[4]

6. Suntik Steroid

Suntik steroid biasanya dilakukan jika kamu memiliki beberapa jerawat batu di pantat atau bokong yang sangat menyakitkan dan membuatmu sulit untuk beraktivitas seperti biasanya. Suntik steroid bisa mengecilkan pembengkakan pada jerawat batu di pantat atau bokong dan mengurangi rasa sakit kurang dari sehari. Namun, untuk melakukan prosedur suntik steroid kamu harus pergi ke dokter spesialis kulit, berkonsultasi, dan dokter akan memutuskan apakah kamu memerlukan suntik steroid untuk mengempeskan jerawat batu pada pantatmu atau cukup dengan mengonsumsi jenis antibiotik oral ataupun topikal.[5]

7. Masker dan Perawatan Lainnya

Jika beberapa cara di atas telah kamu coba dan kurang memberikan hasil yang signifikan, kamu juga bisa mencoba perawatan alternatif untuk mengobati jerawat di pantat atau bokongmu dengan sacara yang terbilang mudah. Kamu bisa mulai dengan menggunakan masker aspirin, perasan lemon atau jeruk nipis, minyak alami seperti zaitun, tea tree oil, atau minyak dzarirah. Jika jerawat yang ada pada pantat atau bokongmu kerap menimbulkan rasa sakit yang membuatmu susah untuk beraktivitas, cobalah untuk mengompres jerawat pada pantat atau bokongmu dengan menggunakan balok es. Balok es akan sangat membantu untuk meredakan rasa sakit, mencegah pembengkakan lebih lanjut, dan mengempeskan jerawat dengan cepat.

7 Cara Mencegah Jerawat dan Komedo pada Pantat/Bokong

Jika kamu telah berhasil menghilangkan jerawat di pantat atau bokongmu, maka hal penting yang harus kamu lakukan ialah melakukan perawatan pada pantat kamu agar jerawat dan komedo tidak muncul kembali. Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan atau gunakan untuk mendapatkan bokong indah bebas jerawat dan komedo.

1. Pastikan kebersihan pantatmu dengan selalu menggosok daerah tersebut dengan sabun secara menyeluruh pada saat mandi. Baik mandi pagi, ataupun di sore hari.

2. Gunakan celana dalam yang cukup longgar dan tidak terlalu ketat. Celana dalam yang ketat dapat memudahkan kulitmu untuk bernapas, dan membuat daerah sekitar bokong dan selangkagan tidak terlalu lembap dan basah sehingga dapat mengurangi resiko pembentukan jerawat dan komedo.

3. Pastikan untuk melakukan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang berpotensi menyebabkan sumbatan dengan sesekali menggunakan scrub ataupun penggosok dengan tekstur yang sediki kasar namun masih bisa diterima oleh kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Lakukan hal ini maksimal seminggu dua kali.

4. Jika kamu menggunakan tisu toilet, gunakanlah tisu toilet yang lembut dan tidak memiliki bau atau wewangian. Tisu toilet yang kasar dan atau memiliki wewangian berpotensi besar untuk menimbulkan gesekan, mengiritasi, dan menyebabkan reaksi alergi.

5. Ganti celana dalammu jika benar-benar sudah kotor ataupun terlalu lembap, misalnya sesaat setelah melakukan olahraga atau aktivitas yang membuatmu mengeluarkan banyak keringat. Jangan menunggu hingga sehari atau dua hari hingga kamu akhirnya memutuskan untuk mengganti celana dalammu.

6.Dalam mencuci pakaian atau celana dalam, pastikan sisa deterjen tidak tertinggal pada pakaian. Jika kamu menggunakan wewangian atau pelembut pakaian, pastikan pula kamu tidak memiliki riwayat alergi terhadap produk yang bersangkutan. Sisa deterjen yang tertinggal dan wewangian pada pengharum ataupun pelembut pakaian dapat membuat pantat atau bokongmu mengalami iritasi, dan menyebabkan munculnya jerawat.

7. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, hindari makanan berlemak atau junk food, cukupi kebutuhan air mineral dan bila perlu ambillah beberapa tablet/kapsul multivitamin yang mengandung vitamin A, B5, C, E, Selenium, Zinc dan Super Omega 3[6] yang dikenal baik untuk kesehatan kulit dan mencegah pembentukan jerawat dan komedo dari dalam.

External Refference   [ + ]

1. Livestrong: Bagaimana cara mengatasi jerawat pada pantat?
2. 4 cara menghilangkan jerawat dan komedo pada pantat
3. WikiHow: 3 cara untuk mengobati jerawat di pantat
4. Apa itu cream of tartar dan haram atau halal?
5. Semua yang harus kamu tahu tentang suntik kortison untuk jerawat batu
6. Vitamin yang bermanfaat untuk melawan pembentukan jerawat dan komedo
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *