Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Kunyit

By  |  5 Comments

Banyak sekali cara atau metode yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan cepat. Namun dari sekian banyaknya cara menghilangkan Bekas Jerawat, cara alami tetaplah menjadi metode favorit untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya serta membuat kulit wajahmu sehat dan berseri. Selain harganya murah, menggunakan bahan-bahan alami untuk juga dinilai lebih aman.

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami ialah dengan menggunakan kunyit. Kunyit yang sering kita temukan didapur ini merupakan tanaman herbal dengan senyawa curcuminoid yang terdiri dari kurkumin desmetoksida dan bisdesmetoksikurkumin. Selain itu juga mengandung mineral (kalsium, fsfor dan zat besi), vitamin C, minyak atsiri, protein, lemak serta karbohidrat. Kandungan curcumin dalam kunyit berfungsi sebgaai anti inflamasi yang baik digunakan untuk melawan jerawat sekaligus juga penghilang bekas jerawat.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah


Mengapa memlih kunyit sebagai cara alami menghilangkan jerawat dan bekas jerawat? Simak beberapa manfaat kunyit[1] untuk kecantikan berikut:

  • Menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar;
  • Menyembuhkan dan memulihkan Pigmentasi berlebihan yang disebabkan oleh bekas luka dan paparan sinar matahari;
  • Membantu menyembuhkan luka lebih cepat, karena berfungsi sebagai antiseptik dan anti inflamasi alami;
  • Memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel kulit. Dengan cara ini, kamu juga dapat memperlambat proses penuaan[2];
  • Membersihkan kulit wajah, membuat kulit wajahmu bersinar, dan menjadi lebih cerah;
  • Sebagai salah satu komponen yang membantu melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan;
  • Juga membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit.

Menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara[3]. Untuk menghilangkan bekas jerawat yang hanya satu-dua di kulit wajah kita, oleskan parutan kunyit yang telah dikupas sebelumnya pada bekas jerawat, jika kamu ingin mendapatkan manfaat lainnya dari kunyit, gunakan kunyit sebagai Masker Wajah. Ikuti langkah berikut:

Membuat Masker Kunyit untuk Atasi Jerawat pada Wajah

Jika sebelumnya telah dijelaskan besarnya manfaat kunyit untuk mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawat, kini saatnya kita membuat masker kunyit untuk perawatan wajah di akhir pekan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat masker kunyit anti jerawat[4]:

  1. Sediakan bahan-bahan berikut untuk membuat masker kunyit penghilang jerawat dan bekas jerawat:
    • 1 sendok teh kunyit yang telah dihaluskan
    • 1/2 sendok teh susu murni (untuk kulit kering) atau yoghurt tanpa rasa ex.stroberi.dkk (untuk kulit berminyak)
    • 1/2 sendok teh madu organik (tanpa bahan pengawet)
    • 1 sendok teh putih telur ayam kampung (opsional, jika tiak ada ubah takaran susu/yoghurt masing-masing menjadi 1 sendok teh)
  2. Cara membuat masker kunyit cukup mudah, campurkan ke-3/4 bahan tersebut dan aduk hingga bertekstur seperti pasta,
  3. Selanjutnya masker kunyit siap untuk dipakai.

Ikuti tahapan selanjutnya untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada wajah dengan masker kunyit.

Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Masker Kunyit


1. PERLENGKAPAN: Siapkanlah parutan kunyit yang telah dikupas sebelumnya. Kamu bisa menambahkan madu, yoghurt tanpa rasa atau susu (untuk kulit berminyak), dan minyak zaitun (untuk kulit kering). Belum tahu jenis kulitmu? Campurkan bahan-bahan yang ada, aduk hingga berbentuk seperti pasta. Kamu juga bisa menggunakannya hanya dengan parutan kunyit atau kunyit bubuk yang telah dihaluskan. Pastikan kamu memiliki handuk bersih, siapkan juga air hangat dan air dingin, toner dan kapas. Jika perlu, siapkan kuas untuk mengaplikasikan masker kunyit penghilang bekas jerawat.


2. PERSIAPAN AWAL: Bersihkan wajahmu dari segalam jenis kosmetik, termasuk pelembab dan lotion wajah. Kamu bisa mengawalinya dengan berendam di air hangat/mandi uap. Jika tidak memungkinkan, uapilah wajahmu dengan cara membiarkan diuapi air yang mendidih dengan handuk di atas kepalamu. Hal ini dimaksudkan untuk membuka pori-pori wajahmu sehingga berbagai jenis kotoran dan minyak dapat keluar dengan mudah. Jika kamu menggunakan sabun, gunakan sabun yang ringan dan non-abrasif. Atau cukup bilas wajahmu dengan air asin/air garam (baca manfaat air garam untuk menghilangkan jerawat).


3. APLIKASI MASKER: Untuk mendapatkan semua manfaat kunyit untuk kecantikan terutama untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan cepat, aplikasikan masker kunyit berbentuk pasta yang telah disiapkan sebelumnya pada wajah. Pastikan dirimu larut dalam kondisi yang rileks, nikmati alunan musik klasik atau jenis musik lainnya yang membuat kamu nyaman sembari menunggu keringnya masker (sekitar kurang lebih 20 menit) dan bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat. Setelah wajah telah bersih, percikkan air dingin pada wajah dan keringkan dengan handuk bersih.


4. NB-TAMBAHAN: Kunyit membuat pakaian dan wajahmu menjadi kekuning-kuningan. Oleh karena itu, kamu bisa membersihkan warna kuning pada kulitmu dengan menggunakan toner wajah yang di teteskan dalam sebuah kapas bersih. Namun bagi kamu yang memiliki warna kulit sawo matang, warna kunyit justru akan membuat kulitmu tampak lebih hidup. Bahkan ketika tanpa menggunakan kosmetik sekalipun.

Itu dia tips dan cara membuat Masker Kunyit penghilang bekas jerawat sebagai solusi untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Perlu diingat bahwa kunyit merupakan salah satu bahan tradisional yang telah digunakan di berbagai negara dan dipercaya secara turun-temurun sebagai produk kecantikan dan bahan yang berfungsi menghilangkan noda hitam bekas jerawat, baik oleh Puteri Keraton, hingga Cleopatra. Oleh karena itu, kamu tak perlu ragu untuk menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena kunyit merupakan tanaman herbal sekaligus bahan alami, penggunaan kunyit untuk menghilangkan bekas jerawat tidak akan menyebabkan efek samping selama kamu benar dalam penggunaannya.

Selamat mencoba!

External Refference   [ + ]

1. Ketahui 5 hal ini sebelum menggunakan kunyit untuk menghilangkan jerawat
2. 7 manfaat kulit untuk kecantikan dan kulit wajah yang sempurna
3. Menggunakan kunyit untuk menghilangkan jerawat pada wajah
4. Cara membuat masker wajah dari kunyit
DMCA.com Protection Status

5 Comments

  1. OrdinaireAns

    1 Juni 2016 at 19.07

    Apakah minyak zaitun nya bisa diganti dengan baby oil ??

  2. maulidah

    15 Juni 2016 at 13.19

    untuk kulit kombinasi bagaimana? jika tidak ada bahasa teh susu dan yoghurt diganti jeruk bisa?

  3. angel

    2 Januari 2017 at 21.18

    Slmt malam, aku angel. Aku lg bermasalah sm muka aku. Muka aku termasuk dlm jenis yg berminyak. Dan aku awalnya dpt jerawat saat kelas 1 SMA dan skrng aku sdh kls 3 SMA. Dulunya jerawat aku cm satu atau dua yg muncul itu pun cm kecil-kecil dikarenakan pra-menstruasi. Tetapi belakangan ini cuma dlm satu minggu jerawat aku bermunculan begitu saja. Akujuga bingung kenapa bisa seperti itu. Padahal aku selalu membersihkan mukaku seperti biasanya. Dan aku juga punya muka yg sangat sensitif, jika kotor sedikit atau salah memakai produk kecantikan pasti timbul jerawat. Tapi yg saya bingung
    Kenapa bisa muncul jerawatnya langsung memenuhi seluruh area T-zone itu. Jadi saya bingung bagaimana menghilangkannya. Karnanya aku jd tidak percaya diri jika keluar rumah. Tolong tanggapannya ya.

  4. anthyrusln

    4 Juni 2017 at 21.41

    Terimah kasihh yahh ats semua jawaban dari pertanyaanku,,sya puas dengan itu

  5. via

    25 Juli 2017 at 10.59

    Hai saya via saya mempunyai kulit wajah yang kering tapi jerawatnya hanya bermunculan satu atau dua saja pada saat pra menstruasi apakah kunyit cocok buat kulit kering dan apakah ada efek sampingnya terimakasih

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *