Cara Menggunakan Masker Wajah yang Benar

By  |  1 Comment

Salah satu rangkaian perawatan wajah yang tidak bisa kita lewatkan untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bebas jerawat dan bekas jerawat adalah dengan menggunakan masker wajah. Di pasaran, ada banyak jenis dan ragam masker wajah yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan seleramu. Kamu pun bisa membuat masker wajah sendiri dari buah dan sayur seperti masker tomat, masker kentang, masker lidah buaya, masker telur, masker kunyit, masker baking soda, dan masker aspirin.

Namun kadang penggunaan berbagai jenis masker untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, ataupun untuk masalah kulit lainnya kurang bisa memberikan dampak sesuai dengan harapan kita. Dilansir dari Perfect Skin Care for You,[1] hal tersebut dikarenakan kita tidak menggunakan masker wajah dengan cara yang benar. Sehingga, hasil dari masker wajah untuk kecantikan pun kurang bisa kita raksakan secara maksimal.

Untuk itu, berikut beberapa langkah yang benar dalam menggunakan masker wajah:

  1. Kamu bisa memulai rangkaian perawatan wajahmu dengan proses eksfoliasi pada kulitmu. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub atau membuat scrub wajahmu sendiri. Sangat penting untuk memastikan bahwa sel-sel kulit mati pada kulitmu telah terangkat secara menyeluruh, sehingga berbagai nutrisi dan kebaikan yang ada pada masker wajah yang akan kamu gunakan dapat terserap olah kulitmu secara maksimal. [2]
  2. Ketika menggunakan masker wajah dalam bentuk dan jenis apapun, sebaiknya gunakan masker untuk sekali pakai saja. Sebaliknya, menggunakannya secara berulang-ulang akan kandungan pada masker wajah tidak fresh dan cenderung basi. Sehingga, masker wajah pun tidak akan memberikan manfaat seperti apa yang kita harapkan. Disamping itu, menggunakan bahan yang tidak fresh untuk membuat masker wajah justru dapat memicu munculnya jerawat dan reaksi alergi. Menyimpan masker untuk sehari di lemari pendingin mungkin masih bisa diterima, namun kamu harus memastikan wadah atau tempat penyimpanan masker tertutup rapat.
  3. Sebelum mulai mengaplikasikan masker pada wajahmu, pastikan bahwa kamu telah membersihkan wajahmu secara menyeluruh. Tidak hanya bersih dari kotoran, namun juga bersih dari sisa-sisa make up yang menempel pada wajah. Untuk itu, gunakan toner atau make-up cleanser.[3] Biarkan wajah kering sepenuhnya, wajah yang lembab dan basah dapat menghambat cara kerja masker dan mempersulit proses peresapan nutrisi dari masker wajah.
  4. Kamu mungkin mau membuka pori wajahmu terlebih dahulu sebelum mulai mengaplikasikan masker wajah. Langkah ini dinilai dapat mempercepat proses penyerapan nutrisi, selain agar pori lebih bisa bernapas dan siap menerima rangsangan, membuka pori juga dapat membuat kotoran dan minyak dapat keluar sepenuhnya melalui proses ini. Untuk itu kamu bisa mengompres wajahmu dengan handuk yang telah dicelupkan kedalam air hangat, atau uapilah wajahmu dengan cara menghadapkan wajah pada rebusan air panas. Pertahankan kondisi tersebut selama kurang lebih 5 menit, dan kamu siap untuk mengaplikasikan masker setelah wajahmu benar-benar kering. Perhatian, pastikan suhu air atau uap tidak lebih dari batas dimana kamu bisa menerimanya.
  5. Untuk mengaplikasikan masker, gunakan kuas yang agak tebal agar masker dapat dengan mudah menyebar ke seluruh bagian pada wajah kamu. Cobalah untuk tidak menggunakan tangan atau jari jemari yang cenderung kurang higienis. Cucilah kuas dengan menyeluruh setiap selesai menggunakannya untuk mencegah berkembangnya bakteri dan jamur. Sebaiknya, kamu memiliki kuas khusus yang hanya kamu gunakan untuk tujuan ini.[4]
  6. Jika kuas tidak memungkinkan untuk digunakan karena tekstur masker yang agak padat dan kasar, kamu bisa menggunakan tangan dan jari jemarimu. Namun, pastikan kamu telah mencuci tanganmu dengan disinfektan/obat pembasmi kuman dan pastikan tanganmu sudah benar-benar kering saat akan mengaplikasikan masker pada wajah. Pada kondisi ini, menggunakan masker setelah perawatan kuku/manicure akan menjadi saat terbaik karena setidaknya kuku dan jari jemarimu telah bersih dari potensi kuman dan bakteri yang bertumpuk.
  7. Setelah mengaplikasikan masker secara menyeluruh, biarkan masker hingga mengering dengan sendirinya. Hindari tiupan angin yang dapat mempercepat proses pengeringan. Nikmati setiap proses yang ada dengan alunan musik klasik ataupun musik favorit yang telah kamu setel sebelumnya untuk membuatmu lebih rileks. Tambahkan ampas teh pada mata untuk menghilangkan kantung mata dan menambah sensasi dingin pada mata. Hindari kegiatan atau aktivitas lain yang berpotensi membuat masker pada wajahmu retak ataupun rusak. Dalam beberapa menit kedepan, adalah waktumu dan kulitmu.
  8. Setelah wajahmu benar-benar telah kering, mulailah melepaskan masker wajahmu dengan perlahan. Setelah masker wajah telah rontok, bilas wajahmu dengan air dingin untuk memastikan tidak ada sisa masker yang tertinggal pada wajahmu. Kamu juga bisa menggunakan toner green tea atau toner alami lainnya. Keringkan dengan handuk, daripada menggosok wajahmu, cobalah untuk menepuk-nepukkan handuk pada wajah dengan lembut.
  9. Setelah wajahmu benar-benar kering, jangan lupa aplikasikan pelembab untuk mempertahankan kelembapan yang dihasilkan melalui serangkaian perawatan kulit wajahmu hari ini.

Tips Menggunakan Masker Wajah Agar Hasilnya Maksimal

Dalam melakukan perawatan wajah, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui. Khususnya dalam menggunakan masker wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini :

  1. Lakukanlah perawatan di sore hari diikuti dengan mandi dan kemudian tidur. Tidur dan istirahat yang cukup selalu dapat membantumu untuk meremajakan kulitmu dengan ekstra nutrisi yang kamu dapatkan setelah menggunakan masker wajah.
  2. Saat melakukan perawatan wajah, pastikan kamu tidak memiliki kegiatan penting di malam hari sehingga dengan begitu tidak akan ada yang mengganggu waktu pentingmu untuk memanjakan kulitmu. Hal tersebut berlaku untuk SMS, telepon, Line, ataupun WA. Pastikan untuk mematikan semua notifikasi sosial media dan menyalakannya kembali pada pagi harinya untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.[5]
  3. Selesaikan semua proses perawatan wajahmu sebelum pukul 09.00 malam. Setelahnya, tubuhmu akan berfokus untuk detoksifikasi. Proses detoksifikasi ini membutuhkanmu dalam kondisi yang telah terlelap.
  4. Membaca atau mendengarkan lagu sebelum tidur bisa dimaklumi. Namun tidak untuk menonton film, TV, browsing internet, ataupun stalking medsos mantan. Melakukan hal tersebut justru akan membuat pikiranmu tidak tenang dan dapat mengganggu kualitas tidurmu nanti.
  5. Hal penting yang harus kamu ketahui adalah segera lepaskan masker wajahmu setelah masker tersebut telah mengering. Menggunakannya terus menerus tidak akan memberikan dampak yang lebih baik, apalagi menggunakannya semalam suntuk. Wajah pun butuh untuk bernapas. Sedangkan untuk masker dari buah atau bahan lainnya yang tidak bisa mengering atau sulit untuk mengering, batasi pemakaian 15-20 menit saja.
  6. Jangan pelit-pelit untuk menggunakan masker wajah, jangan terlalu boros juga. Masker wajah akan bekerja dengan baik ketika masker berhasil menciptakan penghalang antara kulitmu dan lingkungan sekitar, serta membuat kulitmu menyerap banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh karenanya, jika lapisan tidak cukup tebal, masker tidak akan memberikan hasil yang diharapkan.
  7. Kamu bisa menambahkan teh hijau, air kembang, madu, gliserin, ataupun bahan alami lainnya dibanding air biasa yang cocok untuk kulit wajahmu. Itu terbukti memberikan hasil yang lebih baik. Hal tersebut juga berlaku pada scrub wajah.

Selamat ber-akhir pekan! Gunakan waktu luangmu, setidaknya hanya ada kamu dan kulit indahmu.

External Refference   [ + ]

1. Apakah kamu sudah menggunakan masker wajahmu dengan cara yang benar?
2. 13 Langkah untuk mengaplikasikan masker wajah yang benar
3. Apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam menggunakan masker wajah
4. 4 hal yang akan mengubah pandanganmu dalam menggunakan masker wajah
5. Fakta tentang tidur cantik
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. Cipoh

    11 November 2017 at 10.43

    saya ingin konsultasi mengenai jerawat pada wajah laki-laki (pacar saya). apakah cara penanganan jerawat pada laki-laki sama dengan wajah perempuan? sebaiknya dari mana dimulai perawatan untuk laki-laki berjerawat yang belum pernah menggunakan bahan-bahan perawatan wajah kecuali sabun cuci muka?

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *