Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

By  |  1 Comment

Mengetahui jenis kulit wajah adalah langkah pertama dan paling penting yang harus kamu lakukan sebelum mulai melakukan perawatan intensif baik itu untuk menghilangkan jerawat maupun memberikan sentuhan tambahan pada kulit wajahmu. Pasalnya, beda jenis kulit juga beda dalam hal penanganannya lho JerawatHaters[1], misalkan dalam memilih pembersih maupun jenis dan bentuk obat jerawat yang harus di gunakan (Baca: cara memilih obat jerawat yang tepat)

Secara mendasar, ada empat jenis kulit yang dimiliki oleh manusia, yaitu jenis kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif[2]. Namun, ada juga jenis kulit lainnya yang merupakan gabungan dari dua jenis kulit berminyak dan kering. Nah, jika kamu tidak jeli dalam melihat jenis kulit JerawatHaters, bisa jadi pemakaian pelembab atau kosmetik pada kulit berminyak akan semakin membuat kulit tambah berminyak, sebaliknya pada kulit kering akan semakin membuat wajah kamu seperti di tarik.

Untuk itulah, identifikasi jenis kulit menjadi faktor yang penting agar berbagai ritual perawatan wajah tidak berujung pada kesia-siaan. Berikut cara mengetahui jenis kulit wajah dengan langkah yang sangat sederhana.

Persiapan untuk Mengetahui Jenis Kulitmu

Kita akan memulai dengan hal yang paling sederhana, yaitu mencuci wajah. Kamu tidak bisa menilai jenis kulitmu sesaat setelah mencuci muka dengan sabun wajah, cleanser, ataupun facial foam.. Tunggulah tiga sampai dua jam setelah mencuci muka untuk bisa tahu persis jenis kulit wajahmu. Hal tersebut disebabkan karena sensasi dan reaksi yang disebabkan oleh senyawa yang terkandung dalam sabun wajah, cleanser, atau facial foam  yang kamu gunakan pada saat itu. Selama periode ini, jangan pernah menyentuh kulitmu[3].

Jenis Kulit Berminyak


Lihatlah pantulan dirimu pada sebuah cermin dengan pencahayaan yang mencukupi. Apakah wajahmu terlihat mengkilap?. Jika minyak membuat kamu mengkilap pada seluruh bagian wajahmu, itu berarti jenis kulit wajah JerawatHaters adalah Kulit Berminyak. Kulit berminyak inilah yang cenderung rawan dengan aktivitas jerawat sehingga penanganannya harus super hati-hati. Untuk mengetahui kadar minyak pada wajah, usap wajah kamu dengan tissue atau kapas. Pastikan bahwa minyak sudah tidak ada lagi pada wajah, dan tunggu hingga satu jam. Apabila kamu mendapati minyak pada wajah setelah satu jam, maka kadar minyak pada wajahmu bisa dikatakan tinggi.

Jenis Kulit Kering


Namun, jika wajahmu terlihat kering atau matte, dan kulit serasa kencang meskipun telah empat jam lewat dari aktivitas mencuci muka yang kadang juga disertai dengan gejala wajah yang pecah-pecah, itu berarti kamu mempunyai jenis Kulit Kering. Orang-orang dengan kulit kering cenderung mempunyai masalah ciri penuaan yang datang lebih awal dari jenis kulit lainnya. Seperti halnya kerutan di wajah, bintik-bintik dan flek hitam, serta tanda-tanda penuaan lainnya. Untuk itulah, jika JerawatHaters dengan jenis kulit kering tak ingin terlihat lebih tua maka sebaiknya segera pastikan produk-produk kecantikan JerawatHaters telah disiapkan untuk jenis kulit kering.

Jenis Kulit Kombinasi


Ada bagian yang sangat mengkilap pada wajah kamu, biasanya daerah sekitar T-Zone (hidung, pelipis, dagu). Namun daerah lainnya terlihat normal. Itu berarti, jenis kulit JerawatHaters adalah Kulit Kombinasi. Jenis kulit kombinasi adalah jenis kulit yang paling sulit untuk ditangani. Pasalnya kamu harus memperlakukan daerah T-Zone sepertihalnya mereka yang mempunyai jenis kulit berminyak, dan memberikan perawatan untuk wajah kering pada bagian lainnya. Tidak heran, jerawat dan komedo sering muncul hanya di hidung, pelipis, dan dagu. Anehnya, sebagian besar manusia di bumi ini mempunyai jenis kulit kombinasi.

Jenis Kulit Sensitif


Cobalah untuk sekali-kali tidak menggunakan tabir surya pada saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Perhatikan wajah kamu, butuh waktu berapa lama hingga wajah kamu berubah menjadi kemerah-merahan?. Jika kurang dari lima menit wajahmu telah terbakar, itu berarti JerawatHaters mempunyai jenis wajah yang sangat Sensitif. Jika itu adalah lima sampai sepuluh menit, maka kamu mempunyai jenis wajah cukup sensitif. Lebih dari itu, wajah kamu merupakan wajah yang normal.

Jenis kulit sensitif juga dapat dikategorikan sebagai jenis kulit yang cukup sulit dan rewel untuk ditangani. Bila jerawat sudah muncul, kamu tidak bisa mengonsumsi ataupun mengaplikasikan sembarang obat jerawat pada kulitmu. Kesalahan dalam memilih obat jerawat justru akan membuat wajah bereaksi dengan sangat. Oleh karena itu, pemilik wajah sensitif hanya boleh menggunakan perawatan wajah dari bahan-bahan alami yang minim efek samping. Konsultasikan kepada dokter spesialis jika kamu ingin menerapkan obat jerawat pada wajahmu.

Jika kulitmu tidak terlalu berminyak dengan kelembapan yang merata, tidak terlalu kering seperti di tarik-tari dan pecah pecah, maupun tidak begitu sensitif, selamat! karena kamu adalah pemilik wajah normal. Kamu perlu berbangga hati karena jenis kulit ini adalah jenis kulit yang paling ideal dan di idam-idamkan oleh banyak orang. Tidak hanya karena perawatannya cukup di bilang mudah, kulit wajah yang normal juga rawan resiko jerawat dan komedo yang diakibatkan oleh tumpukan minyak dan kotoran. Namun kamu perlu waspada karena tanda-tanda penuaan akan lebih cepat terlihat dibandingkan mereka yang memuliki wajah berminyak meskipun tidak seekstrim kulit wajah kering (Baca: tips perawatan wajah yang benar).

Apakah kamu sudah mengetahui dan mengidentifikasi jenis kulitmu?, pastikan seluruh produk perawatan wajah yang telah kamu miliki (mulai dari pembersih, toner, pelembab, tabir surya, day cream, night cream, dan berbagai kosmetik yang biasa kamu gunakan) telah diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah kamu. Hal ini tentu saja agar membuat manfaat mereka bekerja secara optimal pada kulit wajah kamu.

Sederhana bukan cara mengetahui jenis kulit wajahmu?

External Refference   [ + ]

1. Pentingnya mengetahui jenis kulit kita
2. Macam-macam jenis kulit wajah pada manusia
3. Bagaimana cara mengetahui jenis kulitmu
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. Flozita

    16 Mei 2017 at 21.14

    Saya mempunyai masalah yang sangat rumit ,jerawat di wajah saya sudah hampir penuh semuka dan gak bisa bisa untuk hilang. Bagaimana mengatasinya? Pakai produk apa yang cocok untuk saya? Muka saya jenis kulit berminyak

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *