Cara Mengatasi Minyak, Jerawat, dan Komedo pada Hidung

By  |  0 Comments

Jerawat dan komedo memang bisa muncul di bagian manapun pada kulit yang memiliki kelenjar sebasea. Entah itu pada wajah, punggung, dada, bahkan kemaluan. Namun, beberapa bagian pada tubuh terlihat memiliki jerawat lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya.

Biasanya, bagian tubuh ini adalah wajah, khususnya pada hidung yang seolah tak henti-hentinya berjerawat dan mengeluarkan komedo.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah mengapa wajah khususnya hidup memproduksi lebih banyak minyak yang kemudian menimbulkan masalah seperti jerawat, komedo, dan sebangsanya dibandingkan bagian lain pada wajah kita?

Penyebab Jerawat pada Hidung

Hidung dan T-Zone Area


Bayangkanlah sebuah garis berbentuk “T” besar pada wajah kamu, dimulai dari ujung kanan kening/dahimu sampai dengan bagian bawah hidung pada wajahmu. Itu adalah daerah atau area T-Zone yang kerap menjadi lumbung minyak pada wajah kamu. Kontur yang sedikit lebih berbeda (menonjol dan menjorok ke dalam) dapat menjadi tempat yang bagus untuk mengendapkan minya. Tak heran kamu bisa menemukan banyak komedo di bagian bawah daun hidupng, dan pada bagian wajah seperti kening yang memiliki kontur yang lebih rendah.

Kelenjar Minyak pada Hidung


Kelenjar minyak terdapat hampir di seluruh bagian kulit kita. Salah satu fungsi dari minyak dan kelenjar minyak adalah untuk melindungi wajah kita dari masalah kekeringan. Pada wajah, satu-satunya bagian kulit yang tidak memiliki kelenjar minyak adalah bibir. Oleh sebab itu, bagian ini rentan terhadap masalah kekeringan dan bibir pecah-pecah.

Pada hidung, kelenjar minyak biasanya lebih besar dan lebih aktif memproduksi minyak jika dibandingkan dengan kelenjar minyak yang ada pada pipi, ataupun bagian wajah lainnya. hal ini disebabkan oleh kontur hidung yang lebih menonjol dan lebih mudah terpapar sinar matarahari secara langsung dan terus menerus[1].

Kulit yang terus-menerus terpapar sinar matahari akan membuat kelenjar minyak menjadi lebih aktif memproduksi minyak pada wajah. Hal ini disebabkan karena kelenjar minyak melindungi wajah dari sengatan sinar matahari, kulit yang kehilangan kelembapan, dan pengaruh lingkungan lainnya.

Sentuhan Tangan pada Hidung


Jari jemari merupakan salah satu bagian tubuh yang berharga karena fungsinya yang sangat kita butuhkan untuk membantu keseharian kita. Namun, jari jemari juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa jerawat dan komedo terus muncul pada hidung[2].

Karena kerap bersentuhan dengan barang atau benda di sekitar kita, jari jemari juga menjadi tempat yang bagus sebagai medium bagi bakteri dan kuman penyebab jerawat untuk bersarang dan selanjutnya hingga pada kulit wajah kita melalui sentuhan atau kontak baik disengaja maupun tidak disengaja[3].

Biasanya, kita aka refleks membersihkan hidung atau bagian wajah kita jika terlalu berminyak dan berkeringat dengan tangan. Kebiasaan tersebut justru akan membuat kuman dan bakteri berpindah dari tangan menuju kulit wajahmu, khususnya hidung, menyebabkan sumbatan dan berujung pada jerawat dan komedo, dan masalah kulit lainnya[4].

Cara Mengatasi Jerawat di Hidung

Untuk mengatasi produksi minyak berlebih yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, selalu gunakan pelindung pada wajah untuk melindungi kulit wajahmu khususnya pada bagian hidung yang pada akhirnya membuat kulit wajah memproduksi minyak berlebih. Pelindung tersebut bisa berupa aksesori seperti topi, ataupun sunblock dan pelembab wajah.

Jika kamu ingin membersihkan hidung atau kulit wajahmu yang kelewat berminyak dan berkeringat, hindari menggunakan jari, gunakanlah tissue wajah atau jika sangat terpaksa gunakan punggung tangan untuk mengusap bagian wajah yang terlalu berminyak dan berkeringat. Simak tips menghilangkan minyak pada wajah.

Menjaga kondisi kulit agar tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering sangatlah penting. Kulit yang terlalu lembab membuat kotoran dan bakteri lebih mudah menempel pada wajah kita, sedangkan kult yang terlalu kering dapat mengundang tanda-tanda penuaan lebih cepat. Khususnya, pada hidung yang merupakan salah satu bagian wajah yang sangat menonjol dan dapat meninggalkan kesan mendalam saat kita bertemu dengan banyak orang.

External Refference   [ + ]

1. Kenapa hidung berminyak?
2. 5 cara mudah untuk wajah bebas minyak
3. Penyebab jerawat di hidung dan cara alami mengatasinya
4. Selalu Selalu jaga kulitmu agar tetap bersih!
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: