Hilangkan Bekas Jerawat dengan Scrub Alami Buatan Sendiri

By  |  0 Comments

Scrubbing merupakan salah satu perawatan kulit yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah yang merupakan penyebab utama kulit terlihat Kering dan Kusam agar kulit terlihat lebih hidup, tidak kusam dan lebih berseri[1].

Scrubbing diperlukan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori kulit sekaligus membukanya agar kulit bisa bernapas dan menyerap berbagai nutrisi yang diberikan oleh kulit wajah kita sepertihalnya lotion, masker, pelembab, body butter, kolagen, dan produk kecantikan lainnya. Selain itu, efek jangka panjang scrubbing juga dapat membuat kulit lebih halus karena aktifitas scrubbing dapat memperlancar pembuluh darah dan merangsang proses regenerasi kulit pada wajah[2].

Biasanya, scrubbing nantinya akan dilanjutkan dengan perawatan wajah lainnya seperti penggunaan masker. Oleh karena itu, penting sekali kamu ketahui bagaimana cara scrubbing yang benar agar nantinya perawatan wajahmu tidak berakhir dengan sia-sia.

Hingga saat ini, telah banyak produk-produk kecantikan khususnya pembersih wajah yang ada telah menghadirkan scrub dalam ragam serta varian produknya. Namun tahukah kamu, ternyata kamu bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang pastinya lebih murah dan terjamin keamanannya.

Berbeda dengan Scrub Wajah kebanyakan, scrub yang satu ini mempunyai manfaat khusus untuk menghilangkan bekas jerawat dengan kandungan senyawa yang mampu meratakan warna kulit, menyembuhkan pigmentasi bekas luka ataupun jerawat, serta memberikan kontribusi terhadap peremajaan dan pertumbuhan sel-sel pada kulit wajah yang tentunya berasal dari bahan-bahan alami dan sangat mudah untuk kamu jangkau.

Cara Membuat Scrub Alami Penghilang Bekas Jerawat


PERTAMA, siapkan bahan-bahan untuk membuat scrub alami penghilang bekas jerawat; yaitu kunyit, garam, air putih bersih, dan daun teh kering yang biasa digunakan untuk membuat the sedu, Loyang atau wadah kecil, dan sendok atau pengaduk. Kunyit berfungsi sebagai bahan yang dapat meratakan warna kulit, menyembuhkan pigmentasi bekas luka ataupun jerawat, serta memberikan kontribusi terhadap peremajaan dan pertumbuhan sel-sel pada kulit wajah, garam bergungsi sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri Penyebab Jerawat, sedangkan daun the mengandung aktioksidan dan dapat menyegarkan kulit yang lelah.


KEDUA, memulai membuat scrubnya, cara membuatnya ialah dengan mencampurkan bahan-bahan yang telah disiapkan sebelumnya. Perlu diperhatikan, sebenarnya ada dua jenis scrub yaitu scrub untuk wajah dan scrub untuk tubuh. Meskipun sama, namun harus dibedakan, karena scrub untuk wajah harusnya memiliki tekstur yang lebih lembut. Untuk membuat scrub wajah alami,

    1. Masukkan 1 sendok makan kunyit dan garam kedalam Loyang atau wadah kecil,
    2. kemudian tambahkan 2 sendok makan air putih didalamnya, dan
    3. Aduk hingga semua bahan tercampur.

Sedangkan untuk membuat scrub alami penghilang bekas jerawat untuk tubuh atau kulit badan tambahkan daun teh kering secukupnya sebagai tambahan tekstur. Hal ini dikarenakan perbedaan ketebalan kulit wajah dengan kulit tubuh. Kulit wajah pada umumnya lebih tipis dan sensitif, sehingga harus sangat hati-hati dalam memperlakukannya.

Oleh karena itu, kamu juga harus melakukan scrubbing dengan cara yang benar. Berikut cara scrubbing yang benar,


KETIGA, setelah scrub alami penghilang bekas jerawat telah selesai dibuat, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    1. Bersihkan dahulu wajah kamu dengan cleanser atau pembersih wajah yang ringan,
    2. Ambil scrub alami yang telah dibuat sebelumnya dengan tangan kamu, lalu sapukan ke wajahmu, gosoklah wajah secara perlahan mengikuti pola melingkar keatas seperti berikut:
      • dari dagu ke pipi bawah;
      • dari ujung bibir ke pipi;
      • dari ujung hidung ke pipi atas;
      • dari dagu ke hidung hingga dahi;
      • dan dari tengah dahi ke pelipis;
    3. Lakukan masing-masing tiga kali putaran,
    4. Bilas wajah kamu dengan air dingin, kemudian lanjutkan membilasnya dengan air hangat,
    5. Kamu bisa mengeringkan wajahmu dengan handuk bersih, caranya ialah dengan menepuk-nepukkan handuk bersih, tersebut pada wajahmu

KEEMPAT, setelah kamu selesai dengan aktivitas scrubbing, kamu bisa melanjutkannya dengan perawatan wajah lain seperti penggunaan masker[3]. Masker akan lebih efektif digunakan ketika wajah dalam keadaan bersih dan tidak ada sel-sel kulit mati yang menutupi permukaan wajah. Dengan begitu nutrisi dari masker akan dapat terserap secara maksimal.


KELIMA, proses eksfoliasi dengan menggunakan scrub dalam beberapa kasus (seperti kulit kering dan kulit sensitif) dapat menyebabkan kulit kemerahan. Untuk itu aplikasikan pelembab pada wajah setidaknya 3-5 menit setelah melakukan eksfoliasi dengan scrub alami buatan sendiri. Bagi kamu yang mempunyai jenis kulit kering dan sensitif, sebaiknya kamu melakukan aktifitas ini di malam hari untuk memberikan waktu bagi kulitmu untuk menenangkan diri di saat kamu tengah terlelap dalam tidurmu[4].


TAMBAHAN, untuk penggunaan scrub pada kulit tubuh, perbanyak kunyit, garam, serta air dengan perbandingan yang sama. Gunakan scrub seperti halnya lulur mandi. Sepertihalnya penggunaan scrub pada wajah, lakukan juga pola melingkar keatas dengan teratur secara tiga kali.

Sebelum menggunakan scrub pastikan tidak ada jerawat yang mengalami peradangan, luka baru maupun luka yang terbuka, luka bakar, dan penyakit kulit seperti rosacea, eskem, dan lain-lain. Jangan terlalu sering melakukan scrubbing, lakukan scrubbing 2 minggu sekali, karena proses Regenerasi Kulit paling tidak membutuhkan waktu 14 hari. Selain itu, aktivitas srubbing yang berlebihan juga dapat memicu produksi minyak berlebih dan menimbulkan iritasi ringan karena over-exfoliation atau over-peeling. Pastikan juga kamu tidak berlebihkan dalam melakukan scrubbing, karena terlalu berlebihan akan membuat kulit menjadi tipis dan sensitif.

Apa kamu sudah berhasil membuat scrub alami penghilang bekas jerawat? Lalu bagaimana hasilnya? Kami sangat menantikan kulitmu menjadi halus, mulus, dan bebas dari bekas jerawat.

External Refference   [ + ]

1. Pengertian dan manfaat esfiliasi pada wajah
2. Semua yang perlu kamu tahu tentang eksfoliasi pada kulit wajah
3. 5 langkah facial mandiri yang bisa kamu lakukan di rumah
4. Panduan lengkap: 5 cara untuk mengelupas kulit mati pada wajah
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: