Cara Membuat Krim Pemutih Wajah Alami dari Ekstrak Bengkuang

By  |  1 Comment

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit wajahmu terbakar, menghitam, dan terlihat cenderung lebih kusam. Krim pemutih biasanya digunakan untuk mengembalikan kecerahan dari wajah kita yang mulai memudar karena terkena paparan dari sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang.

Ada banyak jenis krim pemutih wajah yang beredar di pasaran. Dari jenis krim pemutih wajah yang memberikan hasil secara instan namun sementara, lama namun jangka panjang, aman digunakan, hingga krim pemutih wajah yang kurang aman karena mendapat campuran bahan-bahan berbahaya seperti merkuri dan talk.

Kita tidak pernah tahu kandungan sebenarnya dari krim pemutih wajah yang kita gunakan sampai kita benar-benar menelitinya sendiri melalui serangkaian prosedur panjang yang hanya bisa dilakukan di laboratorium. Namun, berbeda lagi jika kita lah orang yang membuat krim pemutih wajah sendiri.

Yap! Untuk itu berikut akan kami sajikan informasi tentang cara membuat krim pemutih wajah alami dari ekstrak bengkuang. Mudah-mudahan artikel ini dapat menjadi solusi bagi kecemasan kamu dalam mencati krim pemutih yang aman untuk wajah.

Membuat Krim Pemutih Wajah dari Ekstrak Bengkuang

Di Indonesia, manfaat buah bengkuang untuk kecantikan telah dikenal dari generasi ke-generasi. Bahkan, buah ini kerap digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan puteri keraton. Dalam bengkuan sendiri dikenal senyawa pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C.[1] Senyawa dan mineral dalam bengkuang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan.

Tidak hanya dapat membuat kulit cerah dan tampak lebih putih. Senyawa, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam buah bengkuang dapat mengoptimalkan proses regenerasi dan peremajaan kulit. Sehingga, flek hitam bekas jerawat dan noda yang disebabkan oleh jenis luka lainnya dapat perlahan disamarkan. Selain itu, penggunaan bengkuang dalam perawatan kecantikan dapat membuat wajahmu lebih segar dan awet muda.

Untuk itu, ekstrak bengkuang sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan utama dalam setiap perawatan kecantikan khsusunya jika kamu ingin membuat dan memakai krim pemutih wajah alami yang aman.

Bahan Untuk Membuat Krim Pemutih Buatan Sendiri

Untuk membuat krim pemutih wajah yang aman untuk kulit, selain menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar kamu perlu menyiapkan beberapa bahan tambahan sebagai berikut:

  • Buah bengkuang ukuran sedang
    Bengkuang digunakan sebagai bahan utama dari krim pemutih wajah alami ini karena manfaatnya telah terbukti untuk memutihkan wajah secara alami.
  • 2-3 sendok makan air perasan lemon
    Air perasan lemon berfungsi sebagai zat yang dapat mencerahkan kulit wajahmu[2] dan menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada krim pemutih wajah buatan sendiri, selain itu antioksidan dan sifat asamnya dapat mencegah pembusukan sehingga krim wajah alami akan bertahan lebih lama.
  • 1 sendok makan madu/minyak zaitun
    Madu dan minyak zaitun mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga elastisitas sekaligus meremajakan kulit.[3] Kandungan mineral lainnya dapat berfungsi sebagai nutrisi yang baik untuk kompleksitas manfaat krim pemutih buatan sendiri.
  • 1 gelas air mineral/air putih masak
    Digunakan untuk mencampur semua bahan dan menghasilkan endapan dari sari pati atau ekstrak buah bengkuang.

10 Langkah untuk Membuat Krim Pemutih Wajah Alami

Jika bahan-bahan sudah disiapkan, maka kita bisa mulai membuat krim pemutih wajah alami dengan cara sebagai berikut:[4]

  1. Kupas dan cuci bengkuang hingga bersih,
  2. Haluskan dengan parutan ataupun blender,
  3. Masukkan dalam wadah dan campur dengan air mineral/airmasak, aduk semua bahan hingga mengental.
  4. Gunakan saringan layaknya menyaring santan,
  5. Diamkan selama semalam di dalam lemari pendingin, bukan freezer,
  6. Sisihkan endapan bengkuang dengan cara membuang air yang ada pada permukaan teratas dengan perlahan,
  7. Campur ekstrak/sari bengkuang dengan perasan lemon serta madu,
  8. Aduk hingga merata,
  9. Pindah pada wadah kosmetik cantik,
  10. Krim pemutih wajah alami dari ekstrak bengkuang buatan sendiri siap digunakan.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat krim pemutih wajah alami dengan bengkuang?  Gunakan krim pemutih buatan sendiri ini sebagai pelembab wajah. Gunakan dua kali sehari. Dalam satu minggu, mungkin perbedaan akan mulai terlihat.

Simpan krim di lemari pendingin untuk krim pemutih yang lebih tahan lama. Kamu juga bisa menerapkannya pada jenis kosmetik lain milikmu. Selamat mencoba.

External Refference   [ + ]

1. Cara membuat masker dari bengkuang untuk memutihkan wajah
2. 10 langkah untuk dapatkan kulit yang lebih cerah dengan lemon
3. Cantiknya manfaat dari madu, si manis penyelamat kulitmu
4. Kalau bisa bikin krim pemutih buatan sendiri, buat apa pakai krim pemutih abal-abal yang tak jelas kandungannya?
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. chacacomel

    31 Mei 2017 at 13.01

    Kalau dicampur jahe gimana bisa ngak mbak

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: