Cara Membersihkan Jerawat Bernanah yang Benar

By  |  1 Comment

Cara menghilangkan jerawat yang baik adalah dengan membiarkannya kering secara alami. Namun kadang kala, hal yang tidak diinginkan pun tiba. Sepertihalnya tersenggol oleh jari ataupun benda lainnya sehingga jerawat yang ada di wajah pecah dan mengeluarkan nanah atau darah. Pada saat itu, membersihkan jerawat dengan segera merupakan bentuk tindakan yang sangat tepat, pasalnya bakteri penyebab jerawat yang berasal dari nanah pada jerawat sangat mudah berkembang biak sehingga menyebabkan jerawat menyebar di seluruh wajah. Oleh karena itu, membersihkan nanah pada jerawat dengan cara yang benar adalah prioritas utama. Lihat juga cara mencegah jerawat agar tidak bertambah parah di sini).

Membersihkan jerawat pada wajah haruslah berhati hati. Menggunakan cara tidak benar akan memperparah jerawat yang timbul. Cara membersihkan jerawat pada wajah harus diperhatikan dengan seksama. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan saat membersihkan jerawat pada wajah.

Pastikan Kebersihan Tangan


Meskipun kamu tidak menggunakan tangan ataupun jarimu secara langsung untuk membersihkan jerawat, pastikan untuk menjaga kebersihan tanganmu agar perpindahan kuman dan bakteri di sekelilingmu dapat diminimalisir. Hal ini dilakukan untuk mengurangi bertambahnya baketri dan kuman pada wajah karena kontak (baik yang disengaja maupun tidak disengaja) oleh tangan[1]. Harus diakui bahwa tangan kita menyumbang Kuman dan Bakteri penyebab jerawat yang banyak apabila diguankan untuk mengusap wajah tanpa memebersihkannya terlebih dahulu. Cara membersihkan jerawat di wajah yang benar adalah mengurangi kontak bakteri dan kuman lebih banyak lagi. Lihat cara memilih pembersih wajah!

Cuci tangan kamu sebelum menggunakan tissue untuk mengelap wajah kamu. Selain itu, pastikan sebelum memegang wajah dengan tangan (jika diperlukan), kamu sudah mencuci tangan.

Bisa Menggunakan Sabun Bayi


Menggunakan sabun bayi untuk membersihkan jerawat adalah sebuah tindakan yang bijak. Cara membersihkan jerawat menggunakan sabun bayi dipanang lebih aman karena tidak akan membuat banyak efek samping.

Mengapa harus sabun bayi?

  • bertekstur lembut, nonabrasive, dan bebas alkohol pembersih,
  • mengandung setidaknya satu jenis emolien (petrolatum, lanolin, mineral oil dan ceramides) atau humektan (glycerin) yang dapat mempertahankan kelembaban pada kulit wajahmu[2],
  • sabun bayi mengandung PH normal sehingga tidak akan membuat kulit terlalu kering.
  • sabun bayi lebih ramah pada kulit yang sensitif sehingga tidak akan menimbulkan akibat lebih parah lagi,

Selain itu, menggunakan Sabun Bayi untuk membersihkan jerawat bisa membuat wajah semakin halus. Cucilah wajahmu secara teratur dan menjaga kebersihan wajah. Langkah ini penting dilakukan untuk mengurangi timbunan minyak berlebih yang membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan komedo, jerawat batu, dan jerawat bernanah (perhatikan, jangan terlalu sering mencuci wajah. Sebaliknya untuk menghilangkan minyak pada wajah lakukan cara berikut). Minyak menjadi media sempurna bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Hal inilah yang menyebabkan jerawat muncul dan mudah berkembang biak di wajah kita.

Bersihkan Jerawat Bernanah dengan Salicylic Acid


Cara membersihkan wajahyang benar adalah dengan menggunakan salicylic acid yang dipercaya mampu mengurangi jumlah jerawat dan membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat pada wajah[3] . Bahan ini banyak terdapat pada produk kosmetik pembersih wajah khusus kulit wajah berjerawat dan diklaim mampu menghilangkan jerawat dengan cepat.

Pembersih yang mengandung Salicylic Acid berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri selain itu juga untuk menyembuhkan jerawat batu dan jerawat bernanah. Fungsi lainnya adalah untuk mengurangi ukuran jerawat yang sedang menagalami peradangan. Cara membersihkan jerawat dengan salicylic acid menjadi pilihan banyak orang karena produk dengan senayaw ini di dalamnya biasanya manjur untuk membersihkan jerawat.

Bilas Wajah dengan Menggunakan Air Garam


Gram bisa digunakan sebagai cara atau Tips membersihkan jerawat yang benar. Terutam garam mandi. Caranya cukup mudah, kamu cukup melarutkan garam mandi secukupnya kedalam air. Gunakan air larutan garam tadi untuk membersihkan jerawat pada wajahmu[4]. Lihat juga cara jitu menghilangkan jerawat seketika dengan garam.

Fungsi garam di sini bisa membuat kulit wajah yang lelah menjadi rileks. Selain itu, garam manjur untuk mengikis sel sel kulit mati yang apabila tidak diangkat akan menyumbat pori pori dan mengakibatkan jerawat. Cara membersihkan jerawat dengan Air Garam bisa dilakukan setiap hari bilamana JerawatHaters merasa lelah. Pastikan dahulu sebelum membersihkan wajah menggunakan larutan garam, kamu telah membersihkan riasan yang menempel. Selamat mencoba!

External Refference   [ + ]

1. Serba-serbi dan cara memencet jerawat yang benar
2. Memilih pebersih jerawat dan sabun wajah
3. Benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk menghilangkan jerawat
4. Membersihkan jerawat pada wajah dengan air garam
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. Coolshop

    18 Desember 2016 at 17.22

    Thank you a lot for sharing this. Awsome!

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: