Cara Awet Muda Paling Praktis

By  |  0 Comments

Penuaan pastilah akan dihadapi oleh setiap manusia, tak peduli baik itu pria maupun wanita. Namun, beberapa orang seolah dikaruniai berkah tersendiri karena wajahnya yang tak kunjung menua atau awet muda. Tahukah kamu, meskipun penuaan sepenuhnya tak bisa dihindari, namun kita bisa memperlambat terjadinya penuaan dengan berbagai resep awet muda yang tak terhitung jumlahnya.

Pada umumnya, penyebab utama dari penuaan pada manusia antara lain paparan sinar matahari dan polusi, menurunnya pergantian sel kulit, faktor penuaan biologis, stres, gaya hidup yang buruk, berkurangnya struktur protein, serta produksi pigmen yang tidak teratur. Oleh karena itu, perawatan yang komprehensif diperlukan seperihalnya pemakaian pelembab, tabir surya, diet ketat, dan rutin periksa ke dokter kecantikan dan kulit.

Melawan Tanda Penuaan Pada Wajah

Salah satu cara awet muda paling praktis adalah dengan mengetahui tanda-tanda penuaan dini yang terjadi pada wajah kamu. Dengan mengetahui tanda-tanda penuaan pada wajah, kamu dapat melawan tanda-tanda tersebut dan menjadikan wajahmu awet muda secara alami. Untuk itu, berikut tanda-tanda penuaan dan beserta cara mengatasinya[1]:

  • Crow’s feet: Merupakan penuaan yang ditandai dengan munculnya keriput di daerah sekitar mata, terutama pada saat tersenyum. Riset yang dilakukan oleh SK-II mengemukakan bahwa area mata merupakan area yang tak hanya penting untuk membuat kamu terlihat lebih muda dari usiamu, namun juga area pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan[2]. Oleh karena itu, mengatasi kerutan pada mata merupakan masalah yang penting. Resep awet muda untuk menghilangkan kerutan pada mata ialah dengan selalu menggunakan eye cream setiap hari. Kandungan pelembab yang tinggi dapat mencegah terjadinya kerutan pada mata kamu.
  • Kantung Mata: Sepertihalnya jerawat dan bekas jerawat, kantung mata hitam juga menjadi masalah yang dapat mengurangi rasa percaya diri kamu. Kantung mata hitam membuat wajahmu kusam dan tampak kelelahan. Selain itu, kantung mata hitam membuatmu terlihat lebih tua dari usiamu yang sebenarnya. Menghilangkan kantung mata hitam yang mengganggu ini adalah kunci utama agar terlihat lebih muda dari usiamu yang sebenarnya. Kamu bisa menyamarkannya dengan bedak, concealer, atau make up lainnya. Selain itu, kamu juga bisa rutin menggunakan eye cream dan masker yang terbuat dari bahan alami seperti kentang, mentimun, dan ampas teh sebagai ramuan awet muda alami.
  • Pori-pori Besar: Secara alamiah, pori-pori wajah didesain elastis sesuai dengan kebutuhan. Bisa membesar dan mengecil ketika dibutuhkan. Pori-pori yang besar menjadi penanda berkurangnya elastisitas kulit kita[3]. Oleh karena itu, resep awet muda untuk mengecilkan pori-pori besar ialah dengan menghindari makan-makanan pedas. Selain itu, Lakukan perawatan untuk mengecilkan pori-pori besar yang juga menjadi penyebab jerawat.
  • Hiperpigmentasi: Merupakan perubahan warna kulit yang mencolok. Biasanya hiperpigmentasi pada pria dan wanita berupa flek hitam yang disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, cara awet muda paling praktis dengan menghindari hiperpigmentasi pada wajah. Selalu gunakan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan dan dampak buruk sinar matahari. Hal ini penting, selain untuk menghilangkan flek hitam, juga mencegah flek hitam bertambah banyak. Resep awet muda lainnya ialah dengan menggunakan Hidrokuinon untuk menyamarkan dan menghilangkan flek hitam pada wajah.
  • Lipatan Nasolabial: Merupakan garis keriput yang tampak di sekitar mulut dari ujung hidung ke bawah. Cara awet muda paling praktis untuk menghilangkan kerut di sekitar mulut ialah dengan injeksi filler hyaluronic acid terbukti ampuh untuk mengisi garis keriput ini. Selain itu, resep awet muda untuk menghindari munculnya keriput di mulut dan sekitarnya ialah dengan menghindari minum dari botol atau sedotan secara langsung. Aktivitas meminum dari sedotal atau unjung botol membutuhkan tenaga otot mulut secara terus menerus sehingga memungkinkan terjadinya lipatan pada daerah sekitar mulut.

Cara Awet Muda dengan Kebiasaan Sederhana

Beberapa orang terlihat lebih muda dari usianya. Jangan heran, mungkin kelembaban kulitnya selalu terjaga karena berminyak, atau karena mungkin dia memiliki kebiasaan yang secara tidak langsung membuatnya awet muda. Oleh karena itu, berikut kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dapat kamu praktikkan sebaga salah satu resep awet muda paling ampuh selain menggunakan ramuan awet muda dan jamu awet muda[4]:

  1. Minum Air Putih minimal 8 gelas per hari. Selain dapat mencegah jerawat, kandungan mineral sangat baik untuk menetralisir racun dalam tubuh, sehingga kulit akan terasa terasa dalam kondisi yang lembab[5]. Selain itu, air putih mempunyai banyak khasiat yang tak pernah kamu duga sebelumnya. Lihat selengkapnya disini!
  2. Perbanyak konsumsi Buah dan Sayur, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut mempunyai khasiat untuk mengurangi dampak buruk hormon kortisol dan meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Selain itu, ketiga vitamin tersebut dapat membantu menjaga kekenyalan wajah sehingga buah dan sayur merupakan ramuan awet muda paling mujarab.
  3. Kurangi kontak langsung dengan matahari. Gunakan Tabir Surya/Sunblock dan pelembab jika kamu akan beraktivitas di luar ruangan. Sinar matahari dengan UVA dan UVB dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah kamu. Selain itu, wajah kamu akan terlihat kusam jika terkena paparan matahari secara langsung. Banyak dampak buruk lainnya dari paparan sinar matahari secara terus menerus, contoh lainnya adalah kanker kulit. Kamu juga bisa menggunakan topi untuk melindungi wajah indahmu.
  4. Berhentilah Merokok dan mengkonsumsi Alkohol. Rokok secara ilmiah merupakan penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini. Nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat sirkulasi darah menjadi terganggu. Pada prosesnya, lingkaran dan kantung mata hitam pun muncul di sekitar mata. Berbagai komponen yang terkandung dalam alkohol dapat mengganggu kinerja jantung dan aliran oksigen dalam tubuh. Oleh karena itu, supaya awet muda hentikan kebiasaan buruk merokok dan minum alkohol, apalagi yang oplosan :p.
  5. Hindari polutan udara kotor seperti asap rokok, asap kendaraan, dan debu yang berterbangan secara bebas. Sama seperihalnya sinar matahari, polutan yang ada di sekitar kita mengandung Radikal Bebas yang dapat merusak jaringan kulit pada wajah kamu bahkan sampai ke tingkat DNA. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari polutan yang ada untuk mengurangi dampak radikal bebas. Resep awet muda untuk mengurangi dampak radikal bebas, perbanyak makan buah dan sayur dengan vitamin C dan teh hijau yang terbukti efektif melawan radikal bebas. Bila perlu, konsumsi suplemen antioksidan.
  6. Hindari mengerutkan dahi, marah, cemberut, tertawa terbahak-bahak dan mengumbar Emosi yang Berlebihan. Tindakan tersebut dapat memperjelas garis keriput pada wajah sehingga wajah kamu lebih mudah berkeriput. Oleh karenanya cara mudah awet muda ialah dengan menghindari mengerutkan dahi, marah, cemberut, tertawa terbahak-bahak dan mengumbar emosi yang berlebihan.
  7. Posisi Tidur terlentang dapat membuat kamu terlihat lebih awet muda. Hindari tidur dengan posisi miring atau tengkurap. Tidur dengan posisi miring dapat membuat lipatan pada wajah semakin jelas sehingga wajahmu akan tampak berkerut. Selain itu, tidur dengan posisi tengkurap atau menghadap bantal dapat membuatmu terlihat lebih tua, hal ini disebabkan karena sarung bantal akan menyerap kelambaban alami pada wajah. Oleh karena itu, cara awet muda paling praktis ialah tidur dengan posisi terlentang.
  8. Hindari berada dalam ruangan ber-AC terlalu lama. Ruangan ber-AC akan membuat kulit wajahmu kering. Kurangnya kelembaban pada kulit akan mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, pastikan kulitmu selalu lembab dengan Pelembab/Moisturizer atau setidaknya sesekali pergilah keluar ruangan. Kamu juga bisa menggunakan air conditioner jika kamu berada di tempat yang dingin bahkan tanpa menggunakan AC.
  9. Kurangi aktivitas yang membuat Tubuh Jenuh seperti menonton TV, di depan Komputer/laptop, bermain game dan aktivitas lainnya. Jika itu adalah tuntutan pekerjaan, setidaknya berilah ruang setiap 2 atau 3 jam untuk berjalan-jalan selama kurang lebih 10 menit di luar ruangan. Penilitan pada tahun 2011 menguji coba dan akhirnya mengungkapkan bahwa orang yang nonton lebih dari enam jam atau berjam-jam dalam 1 hari dapat mengurangi usia 4,8 tahun dibanding orang yang tak menonton televisi. Bagitu pula yang terjadi pada penampakan wajahnya.
  10. Biasakan untuk Tidur Cukup dan berkualitas. Saat tidur di malam hari adalah waktu ketika kulit beregenerasi secara maksimal. Kurang tidur atau tidur terlalu malam akan membuatmu letih di hari berikutnya. Hal ini tentu akan memicu stress berkepanjangan dan membuat wajahmu tampak kusam. Selain itu, kurang tidur atau tidur terlalu malam dapat mengganggu proses regenerasi kulit, sehingga kerutan dan jerawat pun dapat muncul kapanpun juga.

Itu dia berbagai tips awet muda yang dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara awet muda paling praktis. Bukan hanya wanita yang menginginkan kulit wajah tampak awet muda, tidak ada salahnya pria juga melakukan perawatan awet muda dan tindakan pencegahan agar kulit wajah terjaga kekenyalannya. Menjadi tua memang sesuatu yang harus kita terima dan itu memang takdir yang harus kita jalani. Menjadi awet muda bukanlah sebuah dosa, namun sebuah anugrah dan penghargaan yang diberikan alam karena kita mampu menjaga tubuh kita dengan baik. Jika kita mampu menunda penuaan, kenapa tidak?

External Refference   [ + ]

1. Kenali 4 Tanda penuaan yang muncul pada wajah kamu
2. Riset untuk menilai usia seseorang dari kerutan pada wajah
3. 7 Tanda penuaan dini yang harus kamu waspadai
4. Perawatan untuk mencegah kerutan, penggelapan, kerusakan, dan penuaan dini
5. Beberapa kandungan mineral dalam air yang baik untuk kulitmu
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *