Kulit Berminyak Cenderung Awet Muda?

By  |  2 Comments

Banyak rumor tersebar dari mulut ke mulut yang menyatakan bahwa jenis kulit berminyak cenderung lebih awet muda dari pada mereka yang tidak memiliki minyak lebih di wajah. Apakah itu benar? ataukah itu hanya mitos belaka?

Sebenarnya hal tersebut bisa saja dijelaskan secara ilmiah. Apa yang membedakan wajah remaja usia 18 tahunan dengan wajah orang dewasa usia 30 tahunan ialah pada kandungan kolagen yang ada pada kulit wajah[1].

Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino, yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Dalam system tubuh manusia, kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan[2].

Kolagen inilah yang membuat kulit kita kenyal dan tidak mudah berkeriput. Namun, tubuh kita sendiri tidak mampu memproduksi kolagen dari dalam, oleh sebab itu kondisi kulit yang kering akan menyebabkan kandungan kolagen pada kulit wajah lebih cepat berkurang.

Pada kasus remaja ataupun dewasa dengan jenis kulit berminyak, kelembapan kulit senantiasa terjaga dan dilindungi oleh minyak yang terus diproduksi oleh kelenjar minyak. Oleh sebab itu, kandungan kolagen yang ada pada mereka yang mempunyai jenis kulit berminyak lebih terjaga daripada mereka yang memiliki jenis kulit kering. Sehinnga kulit tidak mudah keriput dan meninggalkan kesan awet muda.

Namun, kondisi kulit yang berminyak juga tidak baik jika kadar minyak di wajah melampaui batas normal sehingga dapat menimbulkan gejala penyumbatan pori-pori wajah yang berakhir pada jerawat dan kemunculan bekas jerawat yang membandel. Bukankah percuma bila awet muda tapi wajah kita sama sekali tidak sedap untuk dipandang karena banyaknya bekas jerawat yang menguasai permukaan wajah kita?

Apalagi, penggunaan obat jerawat modern akan membuat kulit kita menjadi sangat kering dan memaksa kulit untuk beregenerasi lebih cepat sehingga dalam prosesnya mempertahankan kolagen pada wajah menjadi sebuah kendala yang cukup sulit untuk dihadapi[3]

Untuk itulah, baik bagi pemilik jenis kulit wajah berminyak maupun kering dianjurkan melakukan perawatan kulit secara rutin untuk menjaga performa kulit wajah secara maksimal. Bagi mereka yang mempunyai wajah kering, pelembab atau moisturizer akan sangat membantu menjaga kelembapan kulit wajah sehingga kadar kolagen tidak mudah berkurang.

Bagi mereka yang mempunyai jenis kulit wajah berminyak, setidaknya bersihkan minyak di wajah jika kondisi minyak sudah tidak wajar lagi (berikut tips sederhana untuk membersihkan minyak di wajah). Selain itu pemakaian sunblock ataupun moisturizer juga bisa sedikit membantu, tapi pastikan terlbih dahulu bahwa sunblock, moisturizer, atau produk sejenis yang kamu pakai ialah produk yang dirancang khusus untuk jenis kulit berminyak. Salah memakai produk justru akan membuat wajah memproduksi minyak lebih banyak daripada sebelumnya.

Jelaslah sudah meskipun Wajah Berminyak lebih cenderung awet muda, namun itu bukan berarti kulit yang berminyak bukanlah sebuah masalah besar. Sebaliknya bagi kamu dengan jenis kulit wajah kering jangan berkecil hati karena masih ada banyak cara untuk tetap mempertahankan kolagen pada kulit wajah sehingga kamu bisa tampil muda di usia yang terus bertambah.

Sekian penjelasan Benarkah Kulit Berminyak Cenderung Lebih Awet Muda. Meskipun demikian, bukan berarti lantas membuatmu menghilangkan pelembab dalam rutinitas perawatanmu. Kulit berminyak masih membutuhkan pelembab. Pasalnya, pelembab alami dari minyak tidaklah cukup untuk menghidrasi kulit. Selain itu, kelebihan minyak juga dapat menjadi masalah tersendiri. Pelembab wajah yang diformulasikan khusus untuk masalah kulit berminyak, dapat menjadi solusinya. Selengkapnya, kamu bisa baca: 5 aturan penting dalam menggunakan pelembab.

External Refference   [ + ]

1. Kolagen pada wajah di usia muda dan tua
2. Pengertian kolagen di WikiPedia
3. Kelembapan penting meskipun untuk wajah berminyak sekalipun
DMCA.com Protection Status

2 Comments

  1. Riyan

    13 Januari 2017 at 06.56

    Bagus,keren

  2. InfoSiana.Com

    19 Februari 2017 at 04.38

    Terima kasih. infonya lengkap sekali.
    Sekarang sy jadi tahu sisi positif dari kulit berminyak. dulunya cm tahu klo itu pnyebab jerawat dan wajah kurang cerah.

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: