Bawang Dayak untuk Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

By  |  2 Comments

Bawang Tiwai atau Bawang Dayak (Eleutherine Palmifolia) merupakan salah satu spesies bawang-bawangan yang tumbuh liar di hutan Kalimantan. Tumbuhan ini biasa digunakan oleh masyarakat lokal (masyarakat dayak) sebagai bahan baku ramuan obat tradisional.

Dipercaya secara turun-temurun sebagai tumbuhan mujarab yang dapat mengatasi berbagai penyakit degeneratif[1], popularitas Bawang Dayak pun dikenal secara luas sehingga budidaya Bawang Dayak pada saat ini menjadi tren bisnis yang potensial.

Namun, khasiat Bawang Dayak tidak berhenti hanya di situ saja. Kandungan nutrisi dan mineral yang kompleks dalam Bawang Dayak juga dapat menyembuhkan masalah kesehatan ringan sepertihalnya jerawat dan bekas jerawat.

Meskipun tergolong masalah kesehatan yang kecil atau bisa dibilang remeh-temeh, jerawat dapat menjadi masalah yang paling menakutkan bagi mereka yang dituntut untuk selalu tampil sempurna di depan banyak orang. Sepertihalnya artis, presenter, dan kamu yang sedang mencoba untuk menarik perhatian si doi.

Manfaat Bawang Dayak Untuk Menghilangkan Jerawat

Kandungan dalam Bawang Dayak yang bekerja secara aktif dalam melawan jerawat pada wajah ialah antioksidan, antibakteri, dan vitamin yang dikandungnya. Oleh karena itu, Bawang Dayak dapat mencegah dan mengurangi pembengkakan dan peradangan pada jerawat melalui antioksidan yang dikandungnya, dan mempercepat proses penyembuhan melalui asupan vitamin C, E, K, B yang cukup[2].

Sedangkan zat anti bakteri dalam Bawang Dayak dapat mencegah berkembangnya bakteri, virus, dan mikroba lainnya sehingga dapat menekan perkembangan penyakit dan mencegahnya untuk meluas atau menular pada bagian tubuh lainnya.

Selain itu, perlawanan terhadap peradangan pada Jerawat oleh khasiat Bawang Dayak juga dilakukan melalui proses pengoptimalan kesehatan dan fungsi organ lainnya yang jika terganggu dapat berpotensi menyebabkan jerawat. Sepertihalnya ginjal yang berdampak pada jerawat di area sekitar mata, jantung pada jerawat di hidung, hati pada jerawat di pipi, dan sebagainya. (Baca selengkapnya…)

Manfaat Bawang Dayak Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Kandungan antioksidan, antibakteri, dan vitamin C, E, K, dan B yang ada pada Bawang Dayak dapat mengoptimalkan proses penyembuhan jerawat dengan cara mengoptimalkan regenerasi kulit, memperbaiki tekstur pembuluh darah, serta melancarkan aliran darah yang terganggu[3].

Oleh karenanya Bawang Dayak sebagai salah satu obat jerawat alami tidak hanya dapat mencegah jerawat meninggalkan bekas pada wajah, namun juga dapat mengoptimalkan pergantian sel kulit sehingga Bekas Jerawat yang sudah ada dapat disamarkan dengan lebih sempurna.

Sehingga, wajahmu tidak hanya bersih dari jerawat, bekas jerawat, namun juga flek hitam yang disebabkan oleh dampak buruk radikal bebas, sinar ultraviolet, dan tanda-tanda penuaan yang datang lebih awal.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Bawang Dayak

Melihat bawang dayak ternyata bermanfaat tidak hanya untuk proses penyembuhan jerawat, namun juga dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit yang berujung pada kulit lembut dan bebas bekas jerawat, pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaat Bawang Dayak sekaligus?

Kamu bisa menggunakan Bawang Dayak sebagai obat yang dioleskan pada daerah wajah yang berjerawat dengan cara mencampuri serbuk Bawang Dayak dengan sedikit madu. Atau, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk utuh, dalam bentuk ramuan, serbuk, maupun kapsul[4].

Untuk membuat serbuk bawang, iris bawang tipis-tipis dan keringkan dengan alat pengering atau dijemur biasa di tempat teduh dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Biasanya, butuh waktu 2-3 hari bagi Bawang Dayak untuk bisa mengering. Setelah itu, haluskan.

Untuk memakannya secara utuh, kamu perlu mencincangnya ke dalam beberapa bagian agar lebih mudah dicerna. Dalam bentuk ramuan, kamu bisa merebus Bawang Dayak dengan air hingga mendidih dan berkurang setegahnya (airnya), tapi sebelumnya harus di cincang kotak-kotak terlebih dahulu.

Tidak ada perbedaan dalam mengonsumsi Bawang Dayak pada bentuk serbuk dan kapsul, kamu bisa mencampurkannya dengan makanan lainnya. hanya saja mengonsumsinya dalam bentuk kapsul akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengurainya, sehingga disarankan mengonsumsinya dalam bentuk bubuk.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

External Refference   [ + ]

1. Bawang dayak tanaman obat ajaib sembuhkan berbagai penyakit
2. Bawang dayak: tanaman obat sejuta manfaat
3. Mengatasi jerawat secara alami dengan bawang dayak
4. Kandungan, khasiat, dan pemanfaatan bawang dayak
DMCA.com Protection Status

2 Comments

  1. sikis izle

    3 Mei 2016 at 07.58

    hello I love the header of your blog, it is a personal creation?

    • JerawatHaters

      19 Agustus 2016 at 04.50

      no, the header is the original form of this theme.

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *