Bahaya! Memencet Jerawat pada Area Ini Dapat Sebabkan Kematian!

By  |  1 Comment

Jerawat yang muncul pada wajah di momen-momen yang tidak tepat memang selalu membuat kita jengkel. Tidak heran, tanpa pikir panjang kita kadang segera memencetnya dan menutupinya dengan riasan atau membiarkannya mengering dengan sendirinya. Namun, hal tersebut ternyata dalam beberapa kasus bisa menjadi sangat berbahaya.

Meskipun memiliki kemungkinan yang kecil, memencet jerawat kadang dapat berujung pada kematian. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Sejatinya, memencet jerawat merupakan tindakan perobekan dan penganiayaan terhadap kulit. Dengan kulit yang robek dan bagian dalam yang terbuka, kotoran, bakteri, kuman, dan virus akan sangat mudah masuk kedalam pembuluh darah melalui kulit yang terpapar oleh lingkungan secara langsung.

Hal tersebut, tentu menjadi berbahaya ketika bakteri, kuman, virus, ataupun jamur langsung dapat menyerang pusat saraf dan otak kita.[1] Terdapat sebuah area pada wajah manusia yang disebut sebagai “segitiga kematian”. Segitiga kematian ini mencakup mulai dari bibir atas dari ujung ke-ujung, melewati hidung dan berakhir di antara kedua mata kita.

Pendarahan ataupun infeksi pada area ini menjadi sangat berbahaya karena pada area ini karena pembuluh darah pada beberapa orang tidak memiliki katup pelindung pada area yang dimaksud.[2] Ditambah lagi, cekungan sinus dan arus aliran darah pada area yang dimaksud memberikan ruang bagi bakteri, kuman, virus, dan jamur untuk bisa mencapai pusat saraf dan otak kita.

Selain itu, area ini menjadi pusat dimana kebanyakan pembuluh darah berkumpul dan terhubung dengan dengan kepala bagian belakang yang merupakan pusat saraf. Menjadi lebih berbahaya, karena pembuluh darah pada area segitiga kematian juga terletak sangat dekat dan terhubung langsung dengan otak kita.

Oleh karenanya, jika terjadi infeksi di area sekitar segitiga kematian ini dapat menyebabkan konsekuensi yang sangat fatal. Infeksi yang terjadi pada daerah “segitiga kematian” disinyalir dapat menyebabkan hilangnya pengelihatan, kelumpuhan, bahkan hingga kematian.[3]

Nah JerawatHaters, masihkah kamu berani memencet jerawat pada area ini? Faktanya resiko tersebut tidak terbatas pada pada area ini, memencet jerawat di ara lainnya juga memiliki resiko yang sama.[4] Bahaya memencet jerawat di hidung juga sama dengan bahaya memencet jerawat di atas mulut ataupun bagian lain.

Apabila ada jerawat yang tiba-tiba muncul pada wajah kamu, tetap tenang dan bersikap rileks adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Hal tersebut dapat mencegahmu untuk memencet jerawat pada wajah. Sebaiknya, oleskanlah krim atau obat jerawat agar jerawat pada wajah lekas sembuh.

External Refference   [ + ]

1. Apakah kita bisa meninggal gara-gara jerawat?
2. Area segitiga berbahaya pada wajah manusia
3. Memencet jerawat di hidung bisa sebabkan kematian
4. Memencet jerawat dan mengupil bisa sebabkan kematian
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. Hamba Tuhan

    23 Oktober 2016 at 01.03

    Thank you very much for posting, this is very helpfull

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: