7 Penyebab Jerawat pada Pria dan Cara Mengatasinya

By  |  1 Comment

Secara umum, jerawat disebabkan oleh perubahan hormon baik pada pria maupun wanita yang mendorong produksi minyak berlebih sehingga menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah yang pada akhirnya dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan pada lapisan kulit waja[1]

Namun, ternyata jerawat pada wajah tidak hanya dipengaruhi oleh faktor tunggal dari dalam tubuh, faktor eksternal seperti polusi, radikal bebas, dan gaya hidup juga dapat berpengaruh terhadap pembentukan jerawat pada wajah. Untuk mendalaminya, baca juga artikel tentang penyebab jerawat berdasarkan sumbernya.

Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Jerawat pada Pria

Berbicara soal gaya hidup dan kebiasaan, tentu antara pria dan wanita sangatlah jauh berbeda. Oleh karena itu, pada sesi ini kita akan lebih berfokus pada beberapa kebiasaan pria yang dapat menyebabkan jerawat. 7 penyebab jerawat pada pria di bawah ini dapat menjadi gambaran dan perbandingan betapa berbedanya pria dan wanita.

1. Kulit Telanjang


Berbeda dengan wanita yang sangat peduli dengan warna kulit, kebanyakan pria tidak pernah memperhatikan bagaimana Kulitnya Terbakar dan asyik bermain di bawah terik matahari tanpa perlindungan seperti topi, payung, maupun sunscreen/sunblock.

Namun, membiarkan kulit telanjang dan terpapar sinar matahari secara langsung bukanlah tindakan yang bijak meskipun bagi seorang pria. Resiko kanker kulit bisa diderita siapa saja, tanda penuaan bisa muncul lebih dini, penggelapan wajah akan
sangat terlihat, dan yang paling penting, paparan sinar matahari dapat menyebabkan jerawat dan membuat jerawat yang ada bertambah parah.

Berada di bawah sinar matahari secara langsung akan membuat wajahmu mengaktifkan perlindungan alaminya dengan membuka pori-pori dan memproduksi sebum/minyak lebih banyak untuk mengeluarkan panas dan melindungi wajahmu. Well, kulit yang dipenuhi minyak tentu akan lebih mudah berjerawat, apalagi kamu sedang berada di luar ruangan yang penuh dengan polutan dan radikal bebas.

2. Kekurangan Zinc

Mungkin kamu telah mendengar bagaimana zinc pada tubuh dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan menjadi defisiensi terkuat untuk melawan jerawat pada wajah. Keberadaan Zinc dalam tubuh dapat berfungsi untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan pada jerawat yang meradang.

Oleh karenanya, kurangnya asupan Zinc dapat membuat wajahmu rentan dari serangan jerawat. Salah satu aktivitas dan kebiasaan yang sering diasosiasikan dengan pria dan merupakan penyebab utama berkurangnya zinc pada tubuh secara drastis
ialah onani atau masturbasi. Ketika seorang pria berejakulasi, zinc dalam jumlah banyak diperlukan untuk memenuhi produksi sperma. Semakin sering kamu berejakulasi dan mengeluarkan sperma, semakin banyak pula kandungan zinc pada tubuhmu yang akan hilang bersamaan dengan nikmat yang keluar pada saat
berejakulasi.

Jika kamu memiliki masalah jerawat yang tak kunjung usai, mungkin kebiasaan ini bisa menjadi asalan rentannya wajahmu terhadap jerawat. Untuk itu, kurangi kebiasaan onani dan cukupi asupan zinc dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan seperti cokelat hitam, bayam, kepiting, jamur, bawang putih, kacang, tiram, kuning
telur, biji-bijian, dan daging merah[2]

3. Jenggot, Kumis, dan Brewok

Beberapa orang menganggap memelihara jenggot, kumis, ataupun brewok merupakan sebuah keharusan. Meskipun kita bisa mendapatkan beberapa manfaat dari jenggot, kumis, maupun brewok, namun bisa menjadi bumerang bagi wajah kita jika kita tidak mempedulikan kondisi kebersihan jenggot, kumis, dan brewok.

Sebaiknya, jangan biarkan jenggot, kumis, maupun brewok tumbuh terlalu panjang karena akan sangat sulit untuk dibersihkan. Rambut halus pada pria di area wajah yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang yang baik bagi kotoran, jamur, dan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, Kebiasaan Mencukur habis jenggot, kumis, ataupun brewok dapat menyebabkan jerawat. Ketika mencukur, bisa saja alat pencukur menggores pori-pori rambut pada wajah. Selama proses penyembuhan, pori-pori tersebut menutup dan membawa serta folikel rambut sehingga rambut halus pada wajah seperti jenggot, kumis, dan brewok akan tumbuh kedalam (ingrown hair)[3] dan menyebabkan peradangan.

Untuk itu, selalu gunakan krim pencukur untuk mengurangi iritasi pada kulit wajah dan pori-pori dimana rambut halus tumbuh. Ketahuilah cara mencukur yang benar, cukur rambutmu searah dengan pertumbuhan rambut, bukan berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut. Selain dapat mengurangi resiko iritasi, cara yang tepat untuk mencukur dapat mencegah kulit sekitar kumis, jenggot, dan brewok berubah menjadi kehitaman.

PS: hal ini juga berlaku saat kamu mencukur rambut halus di ketiak ataupun di area sekitar kemaluan. (Baca: jerawat di kemaluan pria dan cara mengatasinya)

4. Stres Berkepanjangan

Meskipun sters bisa dialami oleh pria dan wanita, tetap saja ada perbedaan yang signifikan antara stres yang dialami oleh pria dan wanita. Ketika seorang wanita mengalami gejala stres, mereka cenderung mencari teman curhat untuk mengeluarkan seluruh keluh kesahnya dan berbagi penderitaan bersama. Dengan begitu mereka
bisa melanjutkan hidup dengan beban yang secara dramatis telah berkurang.

Namun, ketika seorang pria mengalami stres, mereka cenderung memendamnya dan menganggap curhat sebagai aktivitas yang identik dengan perempuan. Sehingga, pria tidak benar-benar pernah menyelesaikan dan menuntaskan beban yang ada dalam
pikirannya. Stres tersebut akan tetap ada dan menemani kehidupan pria dalam setiap pekerjaan, aktivitas, dan kesibukannya. Oleh karenanya, tidak heran ketika seorang pria memiliki jerawat pada wajah, jerawat tersebut akan lebih cenderung bertambah parah alih-alih membaik dan hilang dengan sendirinya.

Stres dapat mempengaruhi kekebalan tubuh, sehingga membuat wajah rentan dari serangan jerawat dan dapat memperlambat proses penyembuhan jerawat yang ada pada wajah[4].

Sebaiknya, jika kamu mengalami beberapa masalah atau hal yang mengganggu pikiranmu, cobalah untuk berbincang dengan beberapa kawan dekat. Mungkin kamu bisa mendapatkan beberapa solusi di sana. Tidak semua masalah di dunia ini bisa kamu selesaikan sendiri, terkadang kamu membutuhkan sudut pandang orang lain untuk menilai dan membuka jalan baru yang selama ini belum pernah kamu pikirkan. Tentu saja, hal tersebut juga akan menghilangkan beban pikiran agar tidak terakumulasi dan memberikan dampak negative bagi karirmu, kehidupanmu, dan jerawat pada wajahmu.

5. Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang sambil ngobrol dengan teman atau kerabat di warung kopi yang biasanya dilakukan oleh pria juga dapat menjadi penyebab jerawat pada wajah pria. Waktu terbaik untuk tidur ialah pada pukul 22:00 sampai dengan 05:00. Pada saat itu, kulit beregenerasi dengan maksimal, melepaskan sel-sel kulit mati pada wajah dan memperbaruinya dengan sel kulit yang sehat dan segar.

Mengapa regenerasi sel kulit menjadi penting?

Ada saatnya dimana kulit wajahmu harus membuang sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Namun jika proses regenerasi tidak berjalan dengan maksimal, keberadaan sel kulit mati yang harusnya terkelupas dapat menghambat pertumbuhan sel kulit baru dan menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah.

Tubuhmu membutuhkan banyak tenaga untuk memperbaiki dan Meregenerasi kulit di malam hari, oleh karena itu, kamu seharusnya tidur pada waktu-waktu tersebut[5]. Selain itu, kulit hanya bisa beregenerasi apabila tubuh terhidrasi dengan baik, untuk itu cukupilah kebutuhan air mineral dalam tubuh.

Jika kamu ingin menikmati waktu bersama dengan teman atau kerabatmu, sebaiknya cobalah untuk berlibur bersama di tempat yang asing. Tidak hanya kulit yang bekerja di malam hari, ginjal, hati, dan organ lainnya juga melakukan hal serupa untuk bisa bertahan. Oleh karenanya, tidur menjadi komponen yang penting dalam hidupmu, untuk kesehatanmu, dan wajah bebas jerawat.

6. Jarang Mandi dan Bersih-bersih

Meskipun beberapa wanita terkadang malas untuk mandi, namun jarang mandi dan malas bersih-bersih di zaman ini lebih diasosiasikan dengan image seorang pria. Ketika kamu sedang asik bermain game, membaca komik, ataupun menonton film, mungkin mandi adalah suatu aktivitas yang mengganggu kegemaranmu itu. Bahkan, kamu tidak
akan segan untuk meletakkan bungkus camilan atau makanan ringan di tempat tidurmu selama itu bisa dibersihkan. Well, kamu akan mulai mandi dan membersihkan kamarmu ketika kamu mulai merasakan aroma mistis dan kabut hitam yang menyelimuti suasana kamarmu.

Meskipun itu sah-sah saja kamu lakukan, namun kebiasaan tersebut dapat memicu jerawat pada wajahmu. Kotoran dan Debu yang menempel pada wajahmu dapat menyebabkan sumbatan pada pori atau kelenjar minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, kotoran yang menempel pada sprei dan sarung bantal yang jarang di cuci dapat menjadi sarang yang “sehat” untuk kuman dan bakteri penyebab jerawat yang setiap saat bisa menghadiahimu jerawat batu di mana saja.

Oleh karena itu, setidaknya mandi dua kali sehari dan membersihkan kamar dua kali dalam seminggu atau ketika benar-benar kotor adalah keputusan yang bijak. Tidak hanya dapat mencegah pembentukan jerawat pada wajah pria, apabila kebiasaan tersebut dilakukan oleh semua pria di dunia mungkin akan merubah pandangan negatif tentang pria yang cenderung memiliki kebiasaan yang jorok.

7. Rokok dan Alkohol

Meskipun beberapa wanita adalah perokok dan tidak jarang juga diantara mereka mengonsumsi minuman atau makanan beralkohol, namun kedua hal ini di Indonesia masih kerap diasosiasikan dengan simbol “kelelakian”.

Bahkan, pada masyarakat jawa merokok sangat identik dengan kebiasaan pria dan merupakan bagian dari identitas kedewasaan bagi seorang pria. Hal inilah yang kemudian menjadikan rokok dan alkohol sebagai penyebab jerawat pada pria.

Dari dalam, alkohol disinyalir dapat mempengaruhi aktivitas hormonal dan merangsang produksi minyak berlebih sehingga dapat menyebabkan jerawat, sedangkan berbagai zat beracun dalam rokok dapat mengontaminasi darah dan menyebabkan pembengkakan dari dalam.

Dari luar, asap rokok yang dihasilkan oleh perokok dapat mengendap di mana saja, termasuk di sarung bantal, tempat tidur, bahkan kulitmu. Oleh karenanya, baik itu perokok pasif maupun aktif, keduanya memiliki resiko yang sama. Jauhi rokok dan tempat yang diselimuti asap rokok mulai dari saat ini.

Hal terpenting yang harus kita ketahui adalah bagaimana tubuh kita merespon setiap tindakan yang kita lakukan. Untuk itu cobalah sesekali membuat daftar kegiatan termasuk menu makanan yang saat itu kamu makan, hal ini tentu penting untuk mengetahui apakah
jerawat yang ada pada wajahmu benar-benar disebabkan kebiasaan tertentu atau jenis makanan tertentu. Jika kamu kerap menderita jerawat yang tak kunjung usai, bisa jadi salah satu kebiasaan atau makanan favoritmu adalah penyebabnya.

Mengetahui penyebab jerawat terutama pada pria merupakan salah satu bagian dari metode untuk menghilangkan jerawat itu sendiri. Ketika kamu mengetahui dengan pasti sumber jerawat di wajahmu, kamu bisa memutuskan tindakan apa yang harus kamu lakukan baik untuk mencegah maupun mengobati jerawat pada pria.

Umumnya, cara menghilangkan jerawat pada pria tidak jauh berbeda dari wanita. Namun, untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca postingan yang telah diterbitkan sebelumnya sepertihalnya: tips menghilangkan jerawat pada pria.

External Refference   [ + ]

1. Penyebab jerawat di wajah pria
2. 10 makanan kaya zinc yang dapat cegah jerawat pada pria
3. Rambut yang tumbuh ke dalam: penyebab, gejala, perawatan, dan kasus infeksi
4. Stres dapat pengaruhi jerawat pada pria
5. Hubungan antara tidur dan regenerasi pada tubuh kita
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. ghony

    24 Februari 2017 at 18.33

    wahhh makasih yaaa sangat berguna skali infonya,,??

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: