7 Manfaat Scrub Kopi untuk Kecantikan Kulit

By  |  1 Comment

Kopi telah dikenal sebagai salah satu minuman penambah energi sekaligus inspirasi. Oleh karena itu kehadirannya kerap disandingkan dalam berbagai kegiatan baik saat sedang bekerja, berdiskusi dengan rekan dan kerabat, ataupun hanya sekedar bersantai di rumah.

Selain baik untuk dikonsumsi, berbagai kandungan yang ada pada kopi juga baik bagi kesehatan kulit. Khususnya ketika kita menggunakannya atau mengaplikasikan kopi pada kulit kita. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan kopi untuk kecantikan wajah adalah dengan menggunakannya sebagai scrub.

Lalu bagaimana scrub kopi dapat memberikan manfaat bagi kulit kita? Berikut kami rangkum setidaknya 7 manfaat scrub yang terbuat dari kopi untuk kecantikan kulitmu.

1. Eksfoliator Alami

Bubuk kopi adalah eksfoliator alami, bubuk ini dapat digunakan untuk mengangkat kulit mati guna memberikan ruang bagi lapisan kulit sehat di bawahnya untuk bernapas dan memperlihatkan pesonanya. Berbeda dari produk eksoliator pasaran yang menggunakan bahan kimia dengan sifat asam untuk mengelupaskan kulit,[1] pengelupasan kulit mati dengan bubuk kopi bisa memperlancar aliran darah dan membuat kulitmu tampak lebih kencang dan bersinar.

2. Menghaluskan Kulit

Secara umum menggunakan kopi sebagai scrub dapat membuat kulitmu menjadi halus dan lembut seketika. Hal ini disebabkan karena tekstur yang sedikit kasar pada bubuk kopi dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan kotoran menumpuk yang tak bisa dibersihkan dan diangkat oleh pembersih atau sabun biasa. Konsentrasi kafein pada kopi juga efektif untuk menghilangkan selulit pada kulit, sehingga tekstur dan penampakan kulitmu akan terasa lebih halus.[2]

3. Mencegah Jerawat

Jerawat dan komedo umumnya disebabkan oleh sumbatan pada kelenjar sebasea atau pori wajah yang bersumber dari kebiasaan dan kondisi kulit yang kotor dan tak terawat. Melakukan scrubbing dan eksfoliasi secara teratur secara efektif dapat mencegah pembentukan jerawat. Selin itu, menggunakan kopi sebagai bahan utama dalam scrub wajahmu dapat meningkatkan efektivitas pencegahan karena kopi mengandung antioksidan, flavonoid, serta polifenol yang terbukti ampuh untuk mencegah pembentukan jerawat baru.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang tak bisa diangkat oleh pembersih biasa, menggunakan bubuk kopi dengan tekstur halus dan menggosok-gosokkannya dengan dengan pola melingkar pada kulit dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.[3] Kandungan antioksidan pada kopi secara aktif mampu mengoptimalkan proses regenerasi kulit. Noda dan flek hitam bekas jerawat pun secara berangsur-angsur dapat memudar dengan penggunaan rutin dari scrub alami yang terbuat dari kopi.

5. Menyegarkan Kulit

Tidak hanya memberikan dampak ketika dikonsumsi, kandungan kafein yang terdapat pada kopi juga dapat memberikan kesegaran ekstra pada kulitmu. Aroma kopi yang khas dapat memberikan rasa nyaman ketika kamu mulai mengaplikasikannya pada daerah sekitar wajahmu. Pikiran yang tenang dan rileks akan terpancar pada rona wajahmu, menjadikanmu lebih siap untuk memulai dan menghandapi tantangan dalam beberapa jam kedepan.

6. Melindungi Kulit

Antioksidan, flavonoid, dan polifenol yang terkandung pada kopi dapat melindungi dan mencegah berbagai macam kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh dampak radikal bebas, sengatan sinar matahari serta paparan debu dan polusi.[4] Kerusakan tersebut bisa dalam bentuk jerawat, komedo, kulit terbakar, rosacea, serangan jamur, serta kelainan dan penyakit kulit lainnya. Selain itu, ketiga kandungan tersebut juga secara aktif memperbaiki berbagai macam kerusakan kulit yang telah ada.

7. Menurunkan Resiko Kanker Kulit

Selain dari kerusakan yang telah disebutkan di atas dampak radikal bebas, sengatan sinar matahari serta paparan debu dan polusi juga memberikan resiko yang tinggi bagi munculnya anomali pada sel kulit atau yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan kanker. Baik dikonsumsi dalam bentuk minuman hangat, ataupun digunakan dalam rangkaian perawatan harianmu, keduanya terbukti efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh khususnya kulit kita.

Cara Membuat Scrub Alami dari Kopi untuk Kecantikan

Jika dilihat dari ulasan di atas, maka manfaat utama yang bisa diberikan oleh kopi adalah wajah yang halus, mulus, bebas bekas jerawat, serta terlihat lebih cerah. Tapi tunggu dulu, kamu tidak boleh sembarangan mengaplikasikan kopi pada kulitmu. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, beberapa campuran bahan dibutuhkan.

Lalu apa campuran bahan tersebut, dan bagaimana cara membuat scrub kopi untuk mendapatkan semua manfaat ajaib yang telah disebutkan di atas? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah menulisnya ke dalam satu sesi pembahasan yang tak boleh kamu lewatkan. Pembahasan tentang bagaimana cara membuat scrub wajah dari kopi untuk wajah mulus bebas bekas jerawat bisa kamu lihat di sini.

External Refference   [ + ]

1. Cara dan langkah-langkah untuk membuat scrub kopi, yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan selulit
2. 3 alasan mengapa kamu wajib mengikut sertakan kopi dalam perawatan harianmu
3. Dapatkan wajah bersinar dengan scrub kopi, untuk tubuh dan wajah
4. 7 manfaat alami yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan kopi untuk perawatan kecantikan
DMCA.com Protection Status

1 Comment

  1. Francesca

    16 Juni 2017 at 12.40

    Baru tahu ada scrub dari kopi.

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *