7 Makanan Terbaik untuk Atasi Masalah Jerawat

By  |  0 Comments

Melakukan diet adalah salah satu upaya untuk mengatasi masalah jerawat atau setidaknya mengurangi jumlah jerawat pada wajahmu. Tidak hanya menghindari beberapa makanan yang mungkin menjadi penyebab jerawat menahunmu, kamu hendaknya mulai mempertimbangkan untuk mengonsumsi beberapa makanan tertentu untuk wajah yang lebih bersih dan cerah. Baca: makanan penyebab jerawat.

Sudah saatnya kamu mengetahui beberapa makanan yang benar-benar baik untuk kamu konsumsi. Adapun makanan tersebut adalah berasal dari jenis makanan secara aktif dapat membersihkan berbagai macam kotoran dan racun pada tubuh, mengoptimalkan metabolisme tubuh serta mendukung proses regenerasi sel-sel kulit.

Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas 5 jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi masalah jerawat dari dalam, kali ini kita akan membahas lebih spesifik tentang 7 makanan terbaik untuk mengatasi masalah jerawat.

7 makanan ini adalah beberapa makanan yang diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral terbaik untuk atasi masalah jerawat dengan jumlah yang bisa dikatakan lebih tinggi dari jenis makanan dengan kandungan yang sama. Penasaran bukan? Berikut daftar makanan terbaik untuk mencegah dan mengobati jerawat dari dalam.

1. Bayam

manfaat daun bayam untuk menghilangkan jerawat dari dalam

Ada banyak sayuran dengan warna hijau yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi jerawat dari dalam. Namun makanan dengan warna hijau terbaik untuk mengobati jerawat dari dalam adalah bayam. Sayuran berwarna hijau kaya akan klorofil, yang mana jika dikonsumsi dapat membantu menetralisir bakteri dan racun yang ada dalam aliran darah. Racun dan bakteria yang tidak dinetralisir dan dikeluarkan dari dalam tubuh pada akhirnya akan berakhir pada pori wajah dan menyebabkan jerawat.[1]

2. Bubuk Kakao

manfaat bubuk cokelat untuk menyembuhkan jerawat dari dalam

Cokelat sebenarnya merupakan agen anti jerawat yang bagus, namun bukan cokelat batang yang biasa di jual di pasaran. Bubuk cokelat yang dimaksud di sini adalah bahan yang 100% alami dan dihasilkan sesaat setelah bijih cokelat diolah, belum mendapatkan tambahan gula, apalagi pengawet. Bubuk cokelat yang masih alami ini sangat baik untuk kulitmu. Meskipun memiliki lebih sedikit antioksidan dibandingkan cokelat batang yang telah mengalami proses lebih lanjut, namun bubuk cokelat memiliki lebih banyak kandungan alkali yang mampu menetralisir kadar asam dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan jerawat.[2]

3. Salmon

manfaat daging salmon untuk mengobati jerawat dari dalamKamu membutuhkan asupan minyak omega-3 untuk mengurangi resiko peradangan, termasuk jerawat yang kerap diidentikan dengan tingginya kadar omega-6 dalam tubuh. Ikan laut merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan omega-3. Dari berbagai macam ikan yang ada di lautan, Salmon adalah jenis ikan terbaik jika kita berbicara mengenai kandungan omega-3. Selain mampu meredakan berbagai macam peradangan dari dalam, salmon diketahui dapat menjaga kolagen pada kulit, membuamu tetap terlihat lebih muda sepanjang tahun.[3]

4. Wortel

manfaat wortel untuk mengatasi jerawat dari dalam

Wortel merupakan salah satu makanan tinggi Vitamin A dalam bentuk beta-carotene, salah satu senjata paling ampuh untuk melawan jerawat. Wortel secara natural memiliki rasa yang manis, namun memiliki kandungan gula yang rendah. Hal ini dapat mencegah obsesimu terhadap makanan manis yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah. Mengonsumsi wortel sebagai dietmu dapat secara signifikan mengurangi jerawat dan peradangan pada jerawat yang telah ada. Kamu bisa mengonsumsi wortel mentah sebagai camilan atau salad, meminumnya dalam bentuk jus bersama dengan campuran buah lainnya, atau mengikutsertakannya dalam aneka sayuran pada sesi makan besarmu.

5. Spirulina

manfaat spirulina untuk melawan masalah jerawat dari dalam

Spirulina sangat bermanfaat untuk tubuhmu, khususnya untuk kulitmu. Adalah salah satu sumber klorofil terbaik setelah bayam, yang terbukti dapat mengurangi jerawat, peradangan, memperlancar peredaran darah, serta mengatasi masalah dan gangguan pada jantung, juga beberapa masalah kesehatan lainnya. Selain itu, spirulina juga termasuk salah satu makanan terbaik untuk otak. Mampu meningkatkan mood, melawan stress, yang dalam hal ini adalah kunci untuk melawan peradangan dan mencegah jerawat menjadi lebih parah.[4]

6. Kunyit

cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyitSecara umum, kunyit sangat baik untuk kulitmu. Kunyit berfungsi sebagai agen anti-inflamasi, memberikan rona wajah yang lebih cerah. Selain itu, kunyit berperan penting dalam melawan bakteri dan racun dalam tubuh yang meningkatkan resiko munculnya jerawat. Kunyit tidak akan memberikan perbedaan rasa pada makanan atau minuman, namun akan memberikan perbedaan warna dan aroma yang menyolok. Campurkan sekitar seperempat sendok bubuk kunyit pada masakanmu. Kamu juga bisa mencampurkannya pada teh atau wedangan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kunyit.

 

7. Teh Rooibos

manfaat teh merah untuk merawat jerawat dari dalam

Teh Roibos atau yang lebih dikenal dengan teh merah adalah bukanlah termasuk dalam jenis makanan, namun tetap menjadi salah satu yang terbaik untuk dikonsumsi jika kamu ingin masalah jerawat pada wajahmu teratasi. Berasal dari tumbuhan Red Bush di Afrika Selatan, teh merah kaya akan kandungan antioksidan dan probiotik alami, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam upaya melawan jerawat dan mencegahnya untuk datang kembali.[5] Tak hanya dapat mencegah proses pembentukan jerawat dan meringankan gejala peradangan pada jerawat, mengonsumsi teh merah secara dramatis mampu mencegah pembentukan kerutan halus pada wajah. Membuatmu terlihat lebih muda sepanjang waktu.

External Refference   [ + ]

1. Daftar makanan yang secara natural dapat mencegah dan mengobati jerawat dari dalam: bagian pertama.
2. Daftar makanan yang secara natural dapat mencegah dan mengobati jerawat dari dalam: bagian kedua.
3. 10 makanan yang dapat membersihkan wajahmu dari jerawat.
4. Pengalaman terkait bagaimana spirulina dapat menyelesaikan masalah jerawat membandel.
5. Katakan selamat tinggal pada jerawat dengan teh rooibos.
DMCA.com Protection Status

Konsultasi Masalah Jerawat Gratis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *